Dari Mana Sumber Dana Korea Utara Untuk Proyek Nuklirnya? Ternyata Office 39 Jawabannya!

07 Maret 2018
|Pandu Rijal Pasa
0SHARES

Sebagai negara yang sangat tertutup dari dunia global, seringkali mungkin kita bertanya-tanya bagaimana Korea Utara bisa mendapatkan uang untuk mengelola negaranya? Belum lama ini, ada seorang mata-mata Korea Utara yang membelot ke pihak Korea Selatan dan memberikan jawaban atas pertanyaan masyarakat dunia tentang bagaimana cara mereka tetap bisa mendulang pemasukan untuk negaranya. Ternyata, jawabannya adalah bahwa mereka mendapatkannya dari Office 39. Namun kemudian pertanyaan berikutnya muncul: apa itu Office 39?

Office 39 ternyata adalah sebuah organisasi yang memang bertujuan untuk mendapatkan mata uang asing bagi sang pemimpin. Uang yang mereka sebut sebagai ‘dana revolusioner’ ini diperoleh dari hasil ekspor berupa emas, hasil tani atau apapun yang bisa di ekspor. Selain itu, mereka juga mengendalikan banyak perusahaan di dunia, baik itu perusahaan legal hingga perusahaan yang ilegal. Diperkirakan, Office 39 ini mampu meraup keuntungan $500 juta hingga $2 Milyar setiap tahunnya.

Organisasi ini didirikan langsung oleh pendiri Korea Utara, yaitu Kim Il-Sung pada 1970 dan memang didaulat sebagai pencari ‘uang tunai bagi kerajaan’. Nama Office 39 sendiri diambil dari kantor gedung Partai Pekerja yang berada di ibu kota Pyongyang, yang sangat dekat dengan kediaman resmi sang pemimpin.

Sejak saat itu, Office 39 mulai bekerja dan banyak melakukan praktik-praktik yang tidak disukai negara lain seperti memalsukan mata uang Amerika yang memang hasilnya sangat dekat dengan bentuk aslinya, menjual amfetamin & opioid serta heroin ke berbagai negara di dunia. Mereka juga menggunakan akses teknologi untuk meretas banyak bank di seluruh dunia.

Semakin kesini, bangsa-bangsa dunia semakin sadar tentang praktik ilegal yang dilakoni oleh Office 39. Sehingga, operasi yang dilakukan Office 39 menjadi semakin terhambat. Disamping itu, uang yang didapatkan dari organisasi rahasia ini sekitar 30 hingga 40 persennya dihabiskan sendiri oleh Kim Jong-Un beserta elit negaranya.

Dana tersebut dihamburkan dengan kehidupan yang mewah serta untuk membangun proyek nuklir. Sedangkan masyarakatnya ditinggalkan dalam keadaan serba kekurangan. Pantas saja rasanya jika kemudian orang-orang yang bekerja di Office 39 semakin putus asa dengan apa yang mereka lakoni.

Antara kagum dan kesal ya dengan Office 39 ini. Pasalnya, organisasi rahasia ini mampu menghasilkan begitu banyak uang dan menjalankan operasinya secara diam-diam. Akan tetapi di sisi lain organisasi ini juga tidak lantas memakmurkan rakyat Korea Utara sebagaimana mestinya, melainkan segelintir elit di negara tersebut. Hmm, semoga keadaan di Korea Utara segera membaik, ya!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Pandu Rijal Pasa
"Be The Best Version of You"
0SHARES