Dari Ditampar Hingga Minum Air Toilet, Begini Kekerasan Terhadap Karyawan di Perusahaan Cina!

23 Desember 2017
|Romlah Sundari
135SHARES

Mencari pekerjaan memang bukanlah hal yang mudah. Apalagi bagi kita yang tinggal di negara dengan jumlah penduduk yang banyak dan padat, mencari pekerjaan menjadi begitu sulit karena ketatnya persaingan dan minimnya lapangan pekerjaan yang tersedia. Hal itu pula yang dirasakan oleh para tenaga kerja di Cina yang kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan.

Karena itu, para pekerja di Cina akan mati-matian mempertahankan pekerjaan yang mereka miliki. Namun keadaan tersebut justru terkadang dimanfaatkan oleh para petinggi perusahaan. Mereka lantas memperlakukan pekerja mereka dengan semena-mena meski menggunakan dalih sebagai cara memotivasi atau mendorong kinerja karyawan. Berbagai jenis kekerasan diterima oleh para pekerja tersebut. Nah, berikut 5 skandal kekerasan yang dilakukan perusahaan di Cina terhadap karyawannya yang sempat menghebohkan. Yuk, kepo!

1. Karyawati yang dipaksa saling tampar di panggung

Beberapa waktu lalu, beredar sebuah video yang menampakkan perempuan dengan seragam berwarna putih dan celana hitam berlutut di atas panggung dan saling menampar satu sama lain. Rekaman tersebut ternyata berasal dari acara peringatan ulang tahun sebuah perusahaan kecantikan di Cina. Dilansir dari media Cina, Caijing, perempuan tersebut merupakan karyawan yang bekerja di perusahaan tersebut dan aksi saling tampar itu merupakan bentuk tes yang dilakukan perusahaan kepada karyawannya.

2. Memakan cacing hidup karena gagal mencapai target

Pada 8 November 2016 lalu di Hanzhong, Cina, beredar berita mengenai perusahaan yang memaksa karyawannya yang tidak mencapai target untuk mengonsumsi cacing hidup. Hukuman tersebut dilakukan di alun-alun Hanzhong sehingga masyarakat umum pun dapat melihatnya. Bos perusahaan tersebut tampak membawa seplastik besar cacing hidup dan dua botol minuman keras. Ia mencampur minuman keras dengan beberapa ekor cacing untuk tiap karyawannya yang mendapatkan hukuman dan memaksa mereka meminumnya. Bahkan hukuman tersebut pun diberlakukan untuk seorang karyawati yang sedang hamil, meskipun akhirnya teman perempuan tersebut bersedia menggantikan posisinya untuk menerima hukuman.

3. Dipaksa jalan jongkok di tempat umum

Ini merupakan metode hukuman yang paling sering tampak dilakukan di Cina. Biasanya, para karyawan atau sales yang tidak menembus target harian mereka akan dihukum dengan berjalan jongkok mengelilingi pusat pertokoan atau tempat umum lainnya. Tidak jarang pula ada atasan mereka yang mengikuti dan meneriaki mereka sembari mereka melakukan aksi jalan jongkok. Menurut perusahaan-perusahaan di Cina tersebut, hukuman ini dapat memberi efek jera karena malu.

4. Minum air toilet karena hasil penjualan kurang baik

Sebuah video sempat viral di Weibo, sosial media milik Cina, yang menampakkan dua orang karyawan dipaksa meminum air yang diambil langsung dari kloset. Dilansir dari media Cina, karyawan laki-laki dan perempuan itu disuruh meminum air toilet karena tidak mencapai target penjualan mereka. Karyawan perempuan yang mendapat hukuman tersebut mengaku bahwa ia terkena diare dan kehilangan nafsu makan selama beberapa hari setelahnya. Duh, sedih banget!

5. Karyawati diminta mengoper pena dengan menggunakan mulut kepada bos laki-laki

Tahun lalu, beredar video viral di media sosial Cina, Weibo, yang menunjukkan beberapa karyawan perempuan mencium atasan laki-laki mereka secara bergiliran. Sontak saja video tersebut menuai kontroversi. Namun dilansir dari media Cina, mereka tidak saling berciuman akan tetapi karyawati tersebut sedang melakukan permainan untuk membangun tim dengan cara mengoper pena dengan mulut mereka ke mulut bos mereka. Meski begitu, video ini tetap mengundang keresahan warganet Cina yang menganggap permainan seperti itu merupakan bentuk kekerasan dan tidak boleh dilakukan oleh perusahaan manapun.

Ngeri banget ya kayaknya kalau sampai jadi karyawan di perusahaan-perusahaan tersebut. Meski kelima skandal di atas terjadi di Cina, akan tetapi bukan berarti semua perusahaan Cina memperlakukan karyawan dengan kejam seperti itu kok. Beberapa perusahaan malah berupaya memotivasi karyawannya dengan membuat mereka nyaman di kantor. Bahkan ada sebuah perusahaan teknologi di Cina yang mempekerjakan perempuan-perempuan cantik untuk ‘menghidupkan’ suasana kantor dan memotivasi para programmer yang mayoritas merupakan laki-laki. Jadi, jangan langsung pukul rata ya, guys. Ada juga kok perusahaan Cina yang ramah dan peduli kesejahteraan karyawannya.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Romlah Sundari
Gak Punya Quote Nih!
135SHARES