Dari Barang KW Sampai Polisi Angsa, Inilah 9 Fakta Unik Negara Cina!

19 November 2017
|Robertus Jeje
0SHARES

Negara Cina atau yang juga dikenal sebagai Republik Rakyat Cina (RRC) adalah sebuah negara yang berlokasi di kawasan Asia Timur. Negara yang beribukota di Beijing ini memiliki jumlah penduduk panling banyak di dunia. Selain itu, Cina juga memiliki wilayah yang luas, itulah mengapa negara ini berada di urutan ke empat sebagai negara terbesar di dunia.

Tak berhenti sampai di situ saja, negara yang mayoritas penduduknya diisi oleh bangsa Tionghoa ini ternyata memiliki sejumlah fakta unik yang hanya bisa kamu temukan di sana. Lalu, fakta unik negara Cina yang seperti apa? Penasaran? Berikut ulasannya seperti yang sudah dilansir dari berbagai sumber.

1. Kuliner ekstrem bernama Virgin Boy Egg

Fakta unik yang pertama terkait dengan reputasi Cina sebagai negara dengan kuliner ekstrem seperti Virgin Boy Egg. Bagaimana tidak ekstrem, telur ini direbus dengan air kencing anak laki-laki usia di bawah 10 tahun yang masih perjaka. Memasaknya  dengan direbus selama satu hari penuh. Kuliner ini dianggap sebagai warisan dari budaya leluhur mereka. Uniknya lagi, virgin boy egg ini harganya lebih mahal dari telur rebus biasa lho. Berani coba?

2. Orang Cina suka berlibur ramai-ramai

Kebanyakan orang Cina memilih waktu liburan yang sama. Maka tak heran jika di berbagai objek wisata di Cina bakal dipenuhi orang. Hari libur yang biasa mereka pilih adalah Imlek atau Tahun Baru Cina. Melansir laman CNN, pada tahun 2015 silam, saat Imlek jumlah perjalanan transportasi umum mencapai 2,8 miliar. Jadi nggak heran kalau disebut sebagai jumlah migrasi terbesar yang pernah ada di dunia.

3. Ternyata Cina sebagai salah satu negara yang paling macet di dunia

Sebuah data menunjukkan Cina sebagai negara yang memiliki tingkat kemacetan paling parah. Kemacetan yang paling buruk terjadi di sana dan mencapai 62 mil di jalur Beijing-Tibet pada bulan Agustus tahun 2010 lalu. Bahkan saking parahnya, kendaran ini harus mengantre sampai 2 minggu untuk bisa jalan. Hal ini disebabkan jalur yang digunakan melebihi daya tampung.

4. Cina sangat tegas dengan para pelaku koruptor

Jika di Indonesia narapidana korupsi dikurangi masa tahanannya, kalau di Cina para koruptor benar-benar ditindak tegas. Jangan harap deh mereka bisa hidup tenang. Soalnya pemerintah Cina nggak segan memberi hukuman mati kepada koruptor. Bahkan dalam satu bulan, Cina bisa mengeksekusi beberapa narapidana koruptor. Saat ini Indonesia memberikan hukuman mati hanya untuk narapidana narkoba saja, apakah koruptor selanjutnya?

5. Jarum terpasang di kerah baju untuk menjaga kepala tentara tetap tegap

Tentara Cina dikenal dengan ketegasan dan komitmennya untuk membela negara. Mereka sangat loyal untuk negaranya dan siap perang. Salah satu cara untuk menunjukkan hal ini, mereka selalu tampil sesempurna mungkin, tak terkecuali dalam baris-berbaris. Mereka harus berdiri dengan kepala tegap. Bahkan agar kepala tetap tegak lurus, kerah baju tentara ini dipasang jarum agar kepala tidak bisa menunduk.

6. Semua barang tiruan bisa ditemukan di Cina

Mungkin ini sudah menjadi rahasia umum. Di Cina, kamu bisa dengan mudah menemukan barang tiruan dengan harga yang jauh lebih murah, mulai dari elektronik, pakaian, aksesori, dan lainnya. Tapi kalau soal kualitas, barang-barang tiruan Cina ini tidak direkomendasikan.

7. Anak muda di Cina sangat suka main game, malah ada yang kayak ‘kecanduan’

Kebanyakan remaja di Cina sangat hobi bermain game. Bahkan banyak dari mereka yang suka menghabiskan waktunya setiap hari hanya untuk bermain game saja. Namun pernah ada kasus gamer yang tewas dikarenakan kecapekan, karena selama berhari-hari tak berhenti bermain game. Mereka berhenti hanya untuk ke toilet atau makan.

8. Di Cina, polisi gunakan angsa bukan anjing

Anjing biasa dipakai kepolisian sebagai membantu pelacakan. Namun polisi Cina justru menggunakan angsa. Hal ini dianggap angsa memiliki sensitivitas terhadap suara yang lebih tajam daripada anjing. Bahkan, angsa-angsa ini sering di tempatkan di pos-pos tertentu, agar saat ada suara mencurigakan seperti pencurian, mereka dapat dengan cepat mengetahuinya.

Nah, itulah tadi 8 fakta unik negara Cina yang akan kamu temukan ketika berkunjung ke sana. Apakah kamu memiliki fakta-fakta unik lain tentang Cina yang belum disebut di atas? Kamu bisa tambahkan ke kolom komentar di bawah ya!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Robertus Jeje
"be kind to each other"
0SHARES