Calon Raja Thailand Berulang Tahun, Warga Lepaskan 1066 Penyu untuk Menyambutnya

29 Juli 2017
|Faizah Pratama
1.2 KSHARES

Pada 13 Oktober 2016 kemarin, Raja Thailand yang sedang berkuasa, Raja Bhumibol Adulyadej wafat karena kondisi kesehatan yang sedang memburuk. Calon Raja Thailand, Maha Raja Vajiralongkorn pun mewarisi tahta kerajaan dari sang ayah. Masa pengangkatan raja dilakukan pada Desember 2016 untuk melanjutkan pemerintahan. Namun, ia meminta masa berkabung selama setahun sehingga ia akan resmi menjadi raja pada Oktober 2017 mendatang.

Beralih dari hal tersebut, bulan ini masyarakat Thailand dipenuhi kegembiraan karena Raja Vajiralongkorn berulang tahun ke-65 pada 28 Juli 2017. Sejumlah perayaan pun digelar untuk memperingati ulang tahun sang calon Raja Thailand tersebut. Di Bangkok, diadakan aksi sedekah massal untuk 600 orang biksu. Acara tersebut dipusatkan di alun-alun utama ibu kota. Kuil-kuil Buddha di seluruh Thailand juga dijadwalkan menggelar upacara bagi sang calon raja. Hari ulang tahun tersebut juga ditetapkan sebagai hari libur nasional oleh pemerintah.

Dilansir dari news.detik.com, warga Thailand menggelar aksi membebaskan 1066 ekor penyu ke lautan untuk menyambut ulang tahun sang calon raja. Angka tersebut dipilih bukan tanpa makna. Angka 10 menyimbolkan gelar sang calon raja, yaitu Raja Rama X, sedangkan angka 66 melambangkan usia sang raja yang akan bertambah satu tahun sebagai doa agar ia berumur panjang.

Aksi tersebut diikuti masyarakat Thailand dari berbagai kalangan dari tentara, pelajar, hingga selebritis. Mereka memenuhi Pusat Konservasi Penyu di Laut Chonburi untuk merilis ribuan bayi penyu. Bahkan ada beberapa penyu yang masih berusia sepekan. Ribuan penyu tersebut memang telah dirawat sejak masih dalam bentuk telur. Telur tersebut diambil oleh Angkatan Laut Thailand dari Pulau Koh Kram untuk dititipkan di pusat konservasi. Para penganut Budha di Thailand meyakini bahwa membebaskan hewan adalah salah satu cara meraih kebajikan.

Cara warga Thailand merayakan ulang tahun sang calon Raja Thailand menunjukkan bahwa mereka adalah bangsa yang sangat menghormati pemimpinnya. Perayaan pun dilakukan dengan cara-cara yang positif.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Faizah Pratama
"Di mana-mana hatiku senang!"
1.2 KSHARES