Bukan Sekadar Sapaan, "Moshi Moshi" di Jepang Ternyata Punya Mitos Menyeramkan di Baliknya!

08 Desember 2017
|Median
10SHARES

Pernah nggak kamu mendengar orang Jepang mengangkat telepon? Di film deh misalnya? Kalau pernah, kamu pasti mendengar mereka mengucapkan moshi moshi, sapaan halo kalau di kita. Kamu pernah terpikir nggak, kenapa sih kok harus dua kali, nggak moshi aja gitu? Tau nggak, ternyata dibalik kata sapaan moshi moshi itu ada mitos yang populer banget lho, bagi masyarakat Jepang. Biar nggak penasaran, baca deh ya ulasannya berikut ini.

Bagi kita, menelepon atau mengangkat telepon sih cukup bilang "halo" sekali aja, nggak usah dua kali, "halo-halo". Ya paling dua kali kalau suasananya berisik atau sinyalnya pas lagi nggak beres aja. Nah, kalau di Jepang, mau suasananya lagi berisik nggak berisik, sinyalnya lancar nggak lancar, orang sana selalu bilang moshi moshi begitu mengangkat atau menjawab telepon. Kata moshi yang diulang dua kali menjadi moshi moshi itu ternyata bukan tanpa alasan, lho. Menurut mitosnya, mengucapkan moshi moshi adalah cara untuk membuktikan bahwa lawan bicara di telepon itu manusia beneran, bukan hantu.

Konon, diceritakan bahwa di Jepang dulu ada hantu siluman atau manusia jadi-jadian yang disebut youkai. Nah, youkai ini merupakan hantu yang suka memangsa manusia, ada yang makan tubuh manusia, ada juga yang makan jiwa manusia. Biasanya, youkai menggunakan tipu muslihat untuk menjebak manusia agar dapat masuk perangkapnya. Salah satu caranya adalah dengan menyapa calon korbannya dengan ucapan moshi. Kalau orang yang disapa youkai tersebut membalasnya, youkai akan langsung mengambil jiwa dan memakan tubuh orang tersebut. Ngeri! Oleh karena itu, orang Jepang pun jadi tidak berani lagi menyapa orang dengan moshi saja. Mereka kemudian menyiasatinya dengan mengulang kata moshi menjadi moshi moshi agar aman. Karena konon, youkai tidak bisa mengucapkan satu kata yang sama secara berurutan.

Jadi gitu mitos di balik kata sapaan moshi moshi di Jepang yang masih dipercaya masyarakat Jepang sampai sekarang. Nah, jadi kalau kamu menelepon orang Jepang, jangan sampai mengucap moshi saja ya karena pasti nggak akan dijawab, dikira kamu hantu. Nggak percaya? Silakan saja dicoba!

           

 

 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Median
"Nata polah."
10SHARES