Bukan Hanya Hiasan, Ada Makna di Balik Kalung Bunga India

16 Juni 2017
|Faizah Pratama
2SHARES

India memang banyak memiliki budaya yang apabila dikupas satu persatu seolah tidak ada habisnya. Jika kamu nonton film India kamu pasti sering melihat masyarakat India yang sedang merangkai bunga. Ada juga orang India yang memakaikan kalung bunga kepada orang lain pada suatu acara. Sering pula wanita India memakai rangkaian melati di rambutnya. Bahkan patung-patung dewa pun diberi rangkaian bunga.

Kalung bunga serta mengalungkan kalung bunga menjadi tradisi yang mengakar kuat di India. Wanita India juga memiliki keahlian untuk membuat kalung bunga tersebut. Kalung tersebut terbuat dari berbagai macam bunga yang berwarna-warni, misalnya bunga melati, mawar, marigold, dann teratai.

 

Tradisi mengalungkan bunga tersebut bukan hanya sebagai hiasan atau hanya kebiasaan tak bermakna. Kalung bunga tersebut dibuat untuk menghormati para dewa jilka dikalungkan pada dewa dan memberi penghormatan pada orang lain jika mengalungkannya pada orang lain.

Dalam tradisi Varmala, karangan bunga merupakan simbol lamaran pernikahan. Seorang gadis yang telah mencapai usia menikah dia akan mengikuti upacara Swayamvar. Dalam upacara tersebut akan ada pria yang melamarnnya. Jika gadis itu menerima maka ia akan mengalungkan kalung bunga ke pria pilihannya. Proses pengalungan bunga tersebut menjadi tanda bahwa sang gadis telah menentukan pilihannya dan akan segera melaksanakan pernikahan.

Dalam pernikahan pun akan ada ritual dimana mempelai pria mengalungkan kalung bunga kepada mempelai wanita begitupun sebaliknya. Hal tersebut bermakna bahwa ketika suami mengalungkan bunga kepada istrinya maka sang suami telah menganugerahkan energi spiritual kepada istrinya. Begitu juga ketika sang istri mengalungkan bunga kepada suaminya hal tersebut menandakan dia juga berbagi energi spiritual dengan suaminya. Pertukaran kalung bunga tersebut menjadi simbol bahwa pasangan suami istri akan menjunjung tinggi pernikahan mereka karena dewa dan saling menghormati satu sama lain.

Selain kalung bunga, ternyata ada juga kalung yang terbuat dari rangkaian uang. Rangkaian uang tersebut dipakaikan kepada pengantin pria dengan makna bahwa uang tidak berharga jika dibandingkan dengan sang pria.

Itulah rahasia di balik kalung bunga India yang sering kamu lihat dalam film-filmnya. Setiap tradisi bukanlah sebuah kegiatan yang dilakukan hanya karena iseng saja. Namun, ada makna yang tersimpan di balik tradisi tersebut. 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Faizah Pratama
"Di mana-mana hatiku senang!"
2SHARES