Bukan Hanya di Indonesia, Kita Juga Dapat Menemukan Bahasa Jawa di 6 Negara Ini

01 Agustus 2017
|Romlah Sundari
3SHARES

Bahasa Jawa merupakan salah satu kekayaan bahasa di Indonesia yang memiliki berbagai keindahan dan makna filosofis yang dalam. Jumlah penutur Bahasa Jawa, yaitu Suku Jawa yang sangat banyak di Indonesia, membuat bahasa yang satu ini berhasil bertahan meski telah tergempur modernisasi dan bahasa Indonesia.

Namun, meski bahasa Jawa berasal dari Indonesia dan digunakan di Indonesia, Bahasa Jawa juga dapat ditemukan di negara-negara lain, lho.  Penasaran? Inilah enam negara dimana kamu bisa menemukan Bahasa Jawa.

1. Belanda

Negara kincir angin ini memang memiliki kaitan sejarah yang erat dengan Indonesia. Pendudukan Belanda di Indonesia selama lebih dari tiga abad membuat banyak aspek kebudayaan yang tercampur di antara kedua bangsa ini. Salah satu aspek kebudayaan Indonesia yang terbawa ke Belanda adalah Bahasa Jawa. Meski mungkin Bahasa Jawa di sana tidak dituturkan dalam kehidupan sehari-hari, namun kita dapat menemukan banyak literatur berbahasa Jawa dan pakar Bahasa Jawa di Belanda.

Terlebih, karena Belanda menjadi salah satu negara tujuan studi yang favorit di kalangan para penimba ilmu Indonesia dan memiliki sejumlah besar mahasiswa Indonesia di sana, maka tidak heran jika kita dapat menemukan Bahasa Jawa terdengar di Belanda.

2. Suriname

Kita pasti sudah dengar sebelumnya bahwa terdapat negara di timur Benua Amerika yang ribuan penduduknya merupakan orang Suku Jawa. Ya, negara tersebut bernama Suriname. Awalnya, Suriname seperti halnya Indonesia merupakan wilayah jajahan Belanda. Karena sama-sama wilayah teritori kolonial Belanda, maka terdapat banyak warga Suku Jawa yang dibawa ke Suriname untuk melakukan berbagai pekerjaan untuk Belanda. Saat Suriname akhirnya bebas dari jajahan Belanda, para penduduk etnis Jawa Suriname pun menetap dan berkembang di sana. Dan Bahasa Jawa pun jadi banyak digunakan di antara orang-orang Suku Jawa dan keturunannya yang tinggal di Suriname.

3. Malaysia

Malaysia masih berasal dari satu rumpun yang sama dengan Indonesia, yaitu rumpun Melayu. Dan di negara jiran ini, terdapat banyak penduduk yang bersuku Jawa dan berbahasa Jawa. Bahkan di Selangor dan Johor, dua negara bagian yang terdapat di Malaysia, suku Jawa mencapai angka 20 persen dari total populasi. Sehingga terdapat beberapa tempat di Malaysia, dimana kita bisa menemukan para penutur Bahasa Jawa, seperti di Johor dimana kita dapat menemukan tempat-tempat yang disebut dengan Parit Jawa. 

4. Singapura

Di Singapura, Suku Jawa diperkirakan sudah ada sejak tahun 1825. Kedekatan negara ini dengan Indonesia mungkin menjadi salah satu faktor mengapa terdapat banyak Suku Jawa di negara ini. Bahkan kita dapat menemukan wilayah-wilayah di Singapura dimana budaya Jawa terasa sangat kental dan Bahasa Jawa banyak dituturkan seperti di Kampong Jawa yang terletak di tepi Sungai Rochor. 

5. Kaledonia Baru

Seperti halnya di Suriname, Suku Jawa yang berada di Kaledonia Baru merupakan hasil dari proses migrasi yang dilakukan di zaman dahulu kala, tepatnya pada tahun 1896. Di Negara yang merupakan negara Persemakmuran Perancis dan terletak di Samudera Pasifik bagian selatan ini, terdapat sekitar 7000 hingga 11.000 orang keturunan berbagai etnis Indonesia termasuk etnis Jawa. Dan Bahasa Jawa hingga saat ini masih digunakan sebagai bahasa sehari-hari di antara mereka yang berketurunan Jawa di Kaledonia Baru.

6. Kepulauan Cocos

Kepulauan Cocos yang terletak di wilayah territorial Australia, memiliki penduduk yang mayoritas merupakan orang Melayu dan menggunakan bahasa Melayu. Bahkan, dalam logo Kepulauan Cocos, terdapat slogan dengan bahasa Jawa yang berbunyi “Maju Pulau Kita”. Dan tidak sedikit di antara masyarakat Melayu Pulau Cocos yang berasal dari Suku Jawa dan merupakan penutur Bahasa Jawa. Maka kita dapat menemukan Bahasa Jawa terdengar di Pulau Cocos, terutama di kalangan orang-orang tua.

Nah, jika di enam wilayah di negara lain ini saja kita bisa mendengar Bahasa Jawa, harusnya di Indonesia kita pun mampu melestarikan bahasa yang indah ini dengan cara mempelajari dan menuturkannya dengan bangga. Percayalah, Bahasa Jawa merupakan bahasa yang keren dan sarat makna, kok!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Romlah Sundari
Gak Punya Quote Nih!
3SHARES