Bikin Takjub, 9 Suku Pedalaman di Dunia Ini Hidup Damai Bersanding dengan Alam!

www.yukepo.com

Tak terbilang banyaknya jumlah suku di dunia ini. Banyak juga di antaranya yang sulit dijangkau atau bahkan tidak diketahui karena saking terpencilnya tempat tinggal mereka. Suku-suku pedalaman yang hidup dalam wilayah terpencil tersebut biasanya unik-unik karena mereka hanya mengenal kehidupan di alam bebas, yang dengan demikian membuat naluri dan jiwa ke-alam-an mereka benar-benar luar biasa.

Di saat sekarang banyak manusia yang merusak alam entah secara langsung ataupun tidak langsung, suku-suku pedalaman ini senantiasa hidup bersahabat dengan alam. Dari sekian banyak suku pedalaman yang ada, berikut 9 di antaranya. Yuk, kepo!

1. Suku Huli, Papua Nugini

dimitrastasinopoulou.smugmug.com

Suku Huli tinggal di Distrik Komo, Koroba, Margaraima, dan Tari yang terletak di Dataran Tinggi Selatan Papua Nugini. Suku pedalaman yang terdiri dari sekitar 136.000—150.000 orang ini telah tinggal di Papua Nugini selama kurang lebih 1.000 tahun. Orang-orang Huli menanam ubi jalar, jagung, kol, dan kentang untuk kebutuhan pangan. Jiwa alam pada Suku Huli ini tampak pada penampilan mereka. Ciri khas yang paling menonjol adalah penampilan pria Suku Huli biasa mengenakan hiasan kepala yang terbuat dari bulu burung.

2. Suku Drokpa, India

hiveminer.com

Suku pedalaman yang dianggap sebagai keturunan asli Bangsa Arya ini dulu datang ke India dan kemudian menetap di Lembah Dha-Hanu, Ladakh. Sekitar 2.500 orang menjadi penduduk Suku Drokpa. Ciri khas orang-orangnya yang juga disebut sebagai Suku Dard ini adalah memakai pakaian upacara yang terbuat dari wol disertai hiasan kepala yang terbuat dari rangkaian bunga berwarna-warni dan kulit kerang.

3. Suku Kayapo, Brasil

en.wikipedia.org

Suku pedalaman yang menyebut diri mereka sebagai “orang-orang dari mata air” ini tinggal di sepanjang tepi Sungai Xingu yang berada di dalam Hutan Hujan Tropis Amazon bagian timur. Orang Suku Kayapo hidup untuk melestarikan hutan yang telah menyediakan kebutuhan sehari-hari bagi mereka. Hidup di hutan yang membentang luas membuat orang Kayapo memiliki pengetahuan yang banyak mengenai kerajaan tumbuhan. Suku pedalaman ini dapat mengenali sekitar 250 tanaman yang dapat dimakan dan 650 tanaman obat yang tumbuh di hutan. Hebat, ya!

4. Suku Aborigin, Australia
www.cairnsattractions.com.au

Berdasarkan data sensus penduduk tahun 2011, Suku Aborigin terdiri dari sekitar 670.000 orang. Orang-orang Aborigin hidup dalam kelompok kesukuan yang tersebar di seluruh Australia. Alam sangat dihormati oleh suku pedalaman yang satu ini. Bahkan ada tempat yang dianggap sakral bagi mereka, misalnya, Ayers Rock.

5. Suku Yanomami, perbatasan Venezuela dengan Brasil
amazon-travel-brazil.com

Tinggal di Hutan Hujan Amazon di sepanjang perbatasan antara Venezuela dan Brasil, alam adalah sahabat sehari-hari bagi orang-orang Yanomami. Para pria biasanya menjadi pemburu, pengumpul, atau nelayan. Para wanita menanam tanaman perkebunan, singkong, dan kapas. Bisa dibilang hidup di alam bebas adalah jiwanya.

6. Suku Chukchi, Rusia

www.rbth.com

Suku pedalaman yang tinggal di wilayah Okrug Otonom Chukotka ini kurang lebih memiliki anggota sekitar 16.000 orang. Suku yang menggunakan bahasa Chukchi dan Rusia ini terbagi menjadi dua kelompok, yaitu Reindeer Chukchi (suku Chukchi yang tinggal di wilayah tundra) dan Maritime Chukchi (suku Chukchi yang tinggal di wilayah pesisir). Kecintaan Suku Chukchi pada alam sangatlah besar. Mereka percaya setiap objek di alam ini memiliki kekuatan yang bermanfaat sekaligus berbahaya. Dengan pandangan seperti itulah orang-orang Chukchi sangat mengutamakan pentingnya bersahabat dengan alam.

7. Suku San, Afrika bagian selatan

www.krugerpark.co.za

Suku San atau juga dikenal dengan istilah Bushmen tinggal di negara-negara di Afrika bagian selatan, seperti Namibia, Lesotho, Botswana, dan Afrika Selatan. Anggota suku kurang lebih sejumlah 90.000 orang. Orang-orang San hidup dengan menjadi pemburu dan pengumpul. Mereka juga memiliki pengetahuan mendalam mengenai tumbuhan dan hewan yang ada di hutan sekitar tempat mereka tinggal.

8. Suku Baduy, Indonesia

www.nasionalisme.co

Suku yang tinggal di pedalaman Banten ini terdiri dari dua kelompok besar, yaitu Baduy Dalam dan Baduy Luar. Orang-orang Baduy ini terkenal akan kesederhanaan dan kecintaannya pada alam. Saking tidak inginnya mencemari alam, peralatan mandi orang-orang Baduy, terutama Baduy Dalam, bahkan berasal dari alam. Sikat gigi mereka adalah sabut kelapa dan sebagai ganti sabun adalah batu yang digosok-gosokkan ke badan.

9. Suku Nenets, Rusia
www.travelblog.org

Suku ini tinggal di Okrug Otonom Nenets dan Okrug Otonom Yamalo-Nenets di Semenanjung Yamal. Pekerjaan utama orang-orang Nenets adalah menggembalakan rusa kutub. Mereka menikmati damainya hidup bersanding dengan alam. Meskipun kehidupan orang-orang Nenets ini “tertinggal”, mereka tetap percaya bahwa pendidikan itu penting.

 

Meskipun hidup dengan fasilitas yang serba terbatas, nggak seperti kita, suku-suku pedalaman ini lebih pandai dalam menjaga kelestarian alam. Hidup dalam kemajuan teknologi dan berbagai kemudahan justru terkadang telah membuat kita lupa dengan pentingnya menjaga kelestarian alam. Yuk, tumbuh-kembangkan lagi rasa cinta kita pada alam sekitar!

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Jokowi Resmikan Monumen Kapsul Waktu, Tempat Menyemai Mimpi Anak-Anak Indonesia - Keepodotme

Jokowi Resmikan Monumen Kapsul Waktu, Tempat Menyemai Mimpi Anak-Anak Indonesia - Keepodotme

Dari Mana Sumber Dana Korea Utara Untuk Proyek Nuklirnya? Ternyata Office 39 Jawabannya!

Dari Mana Sumber Dana Korea Utara Untuk Proyek Nuklirnya? Ternyata Office 39 Jawabannya!

Filler Puting dan Citra Payudara Ideal - Keepodotme

Filler Puting dan Citra Payudara Ideal - Keepodotme

Dilarang Asal Posting, Inilah 9 Aturan Ketat Pemeran Putri dan Pangeran di Disneyland!

Dilarang Asal Posting, Inilah 9 Aturan Ketat Pemeran Putri dan Pangeran di Disneyland!

Ingin Memanjakan Karyawan, Perusahaan Ini Bikin Aturan Cuti Khusus  Untuk Masturbasi.  - Keepodotme

Ingin Memanjakan Karyawan, Perusahaan Ini Bikin Aturan Cuti Khusus Untuk Masturbasi.  - Keepodotme

Miris Banget, Drive Thru Ucapan Belasungkawa di Pemakaman Jepang Ini Bikin Ngelus Dada!

Miris Banget, Drive Thru Ucapan Belasungkawa di Pemakaman Jepang Ini Bikin Ngelus Dada!

loading