Bersyukur Tinggal di Indonesia, 6 Negara Ini Sulit Banget untuk Dapat Air Bersih!

28 Oktober 2017
|Muhammad Multazam
338SHARES

Mungkin tidak banyak orang yang peduli untuk mematikan air ketika air penuh. Mungkin tidak banyak yang peduli untuk menggunakan air secukupnya saat mandi. Mungkin juga tidak banyak peduli untuk tidak membuang-buang air tanpa manfaat. Hal ini semua terjadi karena kita belum merasa betapa susahnya hidup tanpa air.

Di bawah ini merupakan potret masyarakat di beberapa yang penuh perjuangan untuk mendapatkan satu ember air. Ada beberapa negara di dunia yang memang susah mendapatkan akses air. Hal ini disebabkan oleh berbagai macam faktor. Mulai dari infrasuktur yang kurang mamadai hingga kawasan yang memang minim air bersih.

Langsung saja ini dia enam potret masyakat dunia yang penuh perjuangan untuk mendaptkan air bersih. Yuk, kepo!

1. Afrika Selatan

Potret pertama ada di Afrika Selatan. Bukan rahasia umum lagi kalo negara-negara yang terletak di bagian Afrika umumnya memiki kehidupan yang kurang layak. Mulai dari lingkungan yang tercemar hingga kekurangan air bersih.

2. Baghdad, Irak

Baghdad merupakan sebuah kota yang terlatak di Irak. Baghdad juga menjadi ibu kota dari Negara Irak. Berbeda dengan kondisi ibu kota negara lain, kesejahteraan di Baghdad masih sangat minim sampai-sampai untuk mendapatkan air bersih saja susah.

3. Ethiopia

Sama halnya dengan Afrika Selatan, Ethiopia juga merupakan salah satu negara yang terletak di Benua Afrika. Ethiopia juga minim air bersih sehingga sering kali mereka harus minum air yang tidak higienis.

4. India

Walaupun industri film di India sangat maju, tapi tidak terlalu berdampak pada pasokan air bersih. Ada beberapa daerah di India yang sangat minim air bersih sehingga mereka harus berjuang puluhan kilometer hanya untuk mendapatkan satu ember air.

5. Rohingya, Myanmar

Rohingya mulai dikenal ketika pemberitaan pembantaian yang terjadi pada salah satu umat beragama. Selain pembantaian umat beragama, kaum Rohingya pun diusir dari Myanmar oleh pihak pemerintah. Di balik itu semua, sebenarnya penderitaan Rohingya juga terjadi pada krisis air bersih yang dialaminya.

6. Syiria

Mungkin tidak banyak yang mengetahui kalo Syiria menjadi salah satu negara dengan porsi air yang sangat minim. Potret krisis air yang terjadi di Syiria semoga mampu menyadarkan kita untuk tidak membuang buang air dengan percuma.

Itulah potret dari beberapa negara yang pernah mengami ataupun masih mengalami krisis air. Kita, Indonesia dengan sumber daya air yang melimpah tentunya harus bersyukur dan harus mampu menggunakan air dengan bijak.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Muhammad Multazam
"personal blog mltazam.com"
338SHARES