Berbagai Kreasi Ladoo India yang Bakal Bikin Kamu Ingin Cepat Buka Puasa

04 Juni 2017
|Faizah Pratama
2.7 KSHARES

Kalian yang sering menonton film India pasti tidak asing dengan Ladoo bukan? Ladoo merupakan salah satu jenis manisan khas India. Manisan India berbeda dengan manisan yang ada di Indonesia. Di Indonesia manisan itu selalu terbuat dari buah. Manisan India, misalnya Ladoo terbuat dari campuran tepung, minyak, mentega, dan kacang mete. Yang istimewa Ladoo juga ditambahkan bunga safron, yaitu salah satu bumbu masak termahal di dunia. Safron ini akan menimbulkan aroma sedap pada setiap masakannya. 

Ladoo merupakan manisan yang selalu ada dalam perayaan penting masyarakat India. Selain untuk camilan, Ladoo juga digunakan untuk persembahan pada para dewa mereka. Selain terbuat dari campuran tepung, mentega dan kacang almond, banyak kreasi Ladoo yang bisa bikin kamu pengen cepet buka puasa. 

 

1. Ladoo Kelapa

Ladoo Kelapa dibuat dengan campuran daging kelapa muda yang tidak terlalu tua. Daging kelapa tersebut akan menimbulkan rasa kenyal dan gurih di mulut. Selain itu, Ladoo kelapa juga dapat  diberi tambahan kismis yang menambah cita rasa segar.


PILIHAN EDITOR

2. Ladoo Buah Kering

Ladoo ini cocok untuk kamu yang mengurangi konsumsi gula. Rasa manis dalam Ladoo ini berasal dari buah kurma yang ditambahkan di dalamnya. Kemudian ditambahkan kacang hazel, kacang mete, dan kacang almond sehingga akan terbentuk kombinasi rasa manis dan gurih yang sedap. 

3. Ladoo Halwa Wortel

Ladoo Halwa Wortel merupakan Ladoo yang terbuat dari campuran susu dan serutan wortel. Kemudian ditambah buah cranberry kering. Lalu dibentuk bulat kecil-kecil dan digulingkan ke parutan kelapa. 

4. Ladoo Mangga

Ladoo mangga terbuat dari daging mangga yang dicincang, kemudian dicampur kacang almond bubuk, irisan kacang pistachio, dan susu. Buah mangga yang segar dipadu gurihnya kacang menciptakan sensasi meleleh di mulut. 

5. Oats Dry Fruits Ladoo

Untuk kamu yang lagi diet, jenis Ladoo ini mungkin cocok. Ladoo ini terbuat dari campuran oats dan corn flakes sehingga rendah lemak. Selain itu ditambahkan juga buah kering untuk menambah rasa manis. 

6. Ladoo Wijen

Sekilas Ladoo ini mirip jajanan khas Indonesia onde-onde. Ladoo wijen terbuat dari kapulaga bubuk, tepung, dan susu. Campuran bahan tersebut dibuat adonan bulat-bulat kecil lalu digulingkan ke biji wijen hingga rata. 

7. Ladoo Rice Puffded (Brondong Beras)

Yang dimaksud rice puffed mungkin adalah brondong beras. Ladoo ini terdiri dari campuran tepung kapulaga, mentega, dan air. Lalu dibentuk menjadi bola-bola dan digulingkan ke brondong nasi.

Itulah sederet kreasi Ladoo India dengan berbagai bahan yang menarik. Seperti halnya makanan tradisional lain yang perlu dilestarikan. Masyarakat India juga mempertahankan Ladoo sebagai kekayaan kuliner mereka. 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Faizah Pratama
"Di mana-mana hatiku senang!"
2.7 KSHARES