Beragam Kebiasaan Unik Orang India Ini Menjadikan India Berbeda dengan Negara Lainnya

darkroom.baltimoresun.com

Hal-hal yang berhubungan dengan India tentunya sangat menarik untuk diketahui. Sedari kecil mungkin sedikit demi sedikit kita sudah dirasuki oleh hal-hal yang berhubungan dengan industri Bollywood. Sebut saja kehadiran film “Kuch-kuch Hota Hai” hingga serial “Shaka Laka Boom Boom” yang menceritakan petualangan seorang anak dengan pensil ajaib raksasanya. Bahkan, pensil tersebut sempat nge-hype pada zamannya di Indonesia.

Udah deh gak bisa dipungkiri lagi dengan maraknya invasi budaya India ke Indonesia. Apalagi zaman sekarang mulai bermunculan sinetron-sinetron India hingga perang “meet and greet” para pemainnya di berbagai stasiun televisi Indonesia. Setuju kan kalau hal-hal mengenai India memang menjadi salah satu hal yang menarik bagi orang Indonesia?

Maka dari itu, kali ini YuKepo mau bahas mengenai beberapa hal yang berkaitan dengan India. Bukan tentang artis maupun sinetronnya yang semakin merajai pertelevisian Indonesia, melainkan tentang beberapa kebiasaan orang India yang kadang suka bikin para turis mengalami “shock culture” saat berkunjung ke sana. Apa aja sih kebiasaan uniknya?

1. Buang air sembarangan

anekainfounik.net

Kesadaran penduduk India untuk menjaga kebersihan memang masih bisa dibilang minim. Potret sebenarnya negara ini mungkin berbeda jauh dengan banyaknya film dan sinetron India yang menonjolkan kemewahan dan kemeriahan pesta. Sejatinya, di negara ini bisa ditemukan banyak orang yang masih suka buang hajat sembarangan. Entahlah apakah fasilitas MCK di sini masih minim terutama di daerah pinggiran atau memang tipikal orang India yang cuek akan kebersihannya. Bahkan, di jalanan akan sulit sekali membedakan mana kotoran manusia, kotoran sapi, dan kotoran monyet. 

2. Antre hanyalah mitos

www.boombastis.com

Budaya antre di Indonesia juga sebenarnya masih belum bisa dikatakan baik. Masih banyak masyarakatnya yang enggan untuk antre dengan tertib. Mungkin di Indonesia belum seberapa. Budaya antre di India jauh lebih parah. Bahkan, antre di negara ini bisa juga dikatakan mitos. Orang India memang memiliki kebiasaan buruk yang ingin serba cepat. Alhasil jalur serobot antreanlah yang dipilihnya. Makanya, gak jarang banyak sekali antre yang berujung pada adu jotos di negara ini.

3. Khat

www.bbc.com

Seperti tradisi mengunyah sirih yang dilakukan oleh nenek-nenek di Indonesia, orang India juga melakukan hal serupa yang diberi nama khat. Hampir di setiap tempat bisa ditemukan para penduduk usia dewasa yang mayoritas pria mengunyah khat ini. Khasiatnya bukan hanya untuk memperkuat gigi, namun juga sebagai pengganti rokok. Konon katanya, khat ini bisa memberikan sensasi “fly” seperti yang bisa didapatkan dari merokok.

4. Chai
www.chaisafari.com

Negara India menjadi negara penghasil teh peringkat dua di dunia setelah Negara Tiongkok. Makanya, gak heran apabila aktivitas minum teh sudah menjadi budaya di negara ini. Teh di negara ini lebih dikenal dengan nama “Chai”. Bisa jadi tradisi minum teh ini diwariskan oleh mantan penjajahnya, Inggris. Cara penyajiannya juga serupa, seperti dicampur susu dan gula. Namun, chai diberi resep tambahan yang bernama masala, yakni campuran rempah, seperti kayu manis, pala, dan cengkeh.

5. Sajikan makanan dengan tangan kosong
www.dailymotion.com

Balik lagi ke masalah kebersihan, masyarakat India sudah terbiasa melakukan segala hal dengan menggunakan tangan kosong, baik untuk pekerjaan berat hingga menyajikan makanan. Tentu kita tau dong banyak sekali kuman yang terdapat pada telapak tangan. Apalagi setelah melakukan serangkaian pekerjaan. Nah, di negara ini bisa ditemukan hampir semua penjual makanan yang menyajikan makanannya dengan tangan kosong. Bahkan, adegan mengaduk makanan atau adonan juga menggunakan tangan kosong. Tapi, kini sudah banyak juga kok restoran yang mengedepankan higienitas untuk para pembelinya.

6. Suka memelototi orang

www.boombastis.com

Diperhatikan oleh orang lain memang menyenangkan, tapi kalau diperhatikan dari ujung kepala sampai ujung kaki pasti bakal merasa risih juga sih. Nah, kalau gak siap diperlakukan seperti ini mending jangan ketemu orang India deh. Pasalnya, hal tersebut memang sudah jadi kebiasaan mereka. Mereka sudah terbiasa memperhatikan seseorang hingga sampai ke detilnya. Apalagi kalau bertemu dengan seseorang yang agak “berbeda”. Siap-siap bakal dipelototin deh.

7. Kebiasaan menggoyang kepala

www.reddit.com

Nah, kebiasaan yang terakhir ini sudah menjadi kebiasaan yang umum dan khas bagi masyarakat India. Pasti kalau menonton film atau sinetron India bakal ada banyak banget orang India yang melakukan kebiasaannya ini. Kebanyakan sih saat lagi berbicara. Gestur ini memang digunakan untuk menunjukkan hampir setiap ekspresi mereka. Kadang suka bingung di saat mereka bilang “iya”, tapi sambil menggoyangkan kepala. Bingung antara “iya” dan “tidak” kan jadinya?

Nah, beberapa kebiasaan orang India di atas memang sudah pernah kita saksikan di beberapa film maupun sinetron India. Memang benar adanya sih, ya. Apalagi soal “geleng-geleng” kepala, pasti kita sudah pernah menyaksikannya secara langsung maupun di layar kaca. Menurutmu ada lagi gak kebiasaan orang India selain di atas?

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Tinggal di Tengah Jalan Selama 14 Tahun, Keluarga Ini Bikin Pusing Pemerintah Cina!

Tinggal di Tengah Jalan Selama 14 Tahun, Keluarga Ini Bikin Pusing Pemerintah Cina!

Lupakan Poligami, Pria Asal Thailand Ini Punya 120 Istri di Seluruh Penjuru Negeri!

Lupakan Poligami, Pria Asal Thailand Ini Punya 120 Istri di Seluruh Penjuru Negeri!

Walaupun Kelihatan Nggak Menarik, 9 Makanan Unik Asli India Ini Enak Banget!

Walaupun Kelihatan Nggak Menarik, 9 Makanan Unik Asli India Ini Enak Banget!

Menilik Sisi Lain Dari Kota Seoul, Desa Guryong sebagai Bukti Kesenjangan Sosial Kaum Papa

Menilik Sisi Lain Dari Kota Seoul, Desa Guryong sebagai Bukti Kesenjangan Sosial Kaum Papa

Setiap 3 Meter Ada Polisi Tidur, Jalanan di Cina Ini Bikin Mabuk Jalan!

Setiap 3 Meter Ada Polisi Tidur, Jalanan di Cina Ini Bikin Mabuk Jalan!

19 Juta Kucing Jadi Santapan Tiap Tahun, Inilah Fakta Absurd tentang Negara Tiongkok

19 Juta Kucing Jadi Santapan Tiap Tahun, Inilah Fakta Absurd tentang Negara Tiongkok

loading