Begini Indahnya Pulau Socotra yang Terisolir, Bikin Kita Serasa Berada di Planet Lain!

19 Januari 2018
|Anggar Shandy
741SHARES

Di jaman semaju seperti sekarang ini, tak banyak lagi tempat yang bisa dibilang terisolir. Namun tidak begitu dengan kepulauan Socotra. Terletak di laut Arab, secara administratif, kepulauan Socotra masuk ke dalam wilayah Yaman. Kepulauan Socotra terletak 250 km dari Somalia dan 340 km dari Yaman. Karena lokasinya yang terisolir secara geografis selama ribuan tahun, kemudian menyebabkan banyak spesies tanaman dan hewan  berevolusi dan menjadi endemik di Pulau tersebut.

Socotra merupakan rumah bagi 800 spesies langka dan 300 di antaranya hanya dapat kita temui di kepulauan tersebut. Pada Juli tahun 2008 lalu, bahkan UNESCO menobatkan Pulau Socotra sebagai situs warisan dunia. Karena kekayaan hayatinya, pulau ini juga kerap kali disebut sebagai Galapagosnya Samudra Hindia. Galapagos sendiri merupakan tempat dimana Charles Darwin melakukan penelitiannya dan kemudian melahirkan teori yang sangat terkenal sekaligus kontroversial, yakni teori evolusi. Penasaran dengan keunikan bentang alam “dunia yang hilang" tersebut? Berikut 10 foto bentang alam Pulau Socotra yang akan membuatmu berpikir bahwa foto-foto berikut diambil dari scene film-film fiksi ilmiah.

1. Bentang alam Socotra didominasi oleh pantai yang berpasir dan tanaman-tanaman aneh

2. Pohon Anandonia yang hanya dapat di temui di beberapa tempat saja di bumi

3. Pohon darah naga yang hanya bisa ditemui di Pulau tersebut

5. Pemandangan Socotra pada malam hari. Ditambah dengan rona aurora di angkasa, duh makin ciamik!

6. Lidah buaya yang hanya dapat dijumpai di pulau tersebut. Terlihat beda ya dengan yang ada di sini!

7. Salah satu sungai yang mengalir di pulau Socotra. Berasa di planet lain!

8. Anak-anak penduduk asli Socotra

10. Pemandangan bawah laut Socotra pun nggak kalah 'alien'!

Selain kekayaan hayatinya, pulau yang hanya dihuni oleh kurang lebih 40.000 penduduk ini juga merupakan pulau yang bersejarah. Lokasinya yang terisolir, selain membuat hewan dan tumbuhan yang hidup di kepulauan tersebut sangat unik, juga berpengaruh ke bentang alam kepulauan Socotra. Melihat bentang alam kepulauan Socotra membuat kita sulit untuk mempercayai bahwa pulau tersebut berada di bumi. Sebab pemandangan di kepulauan tersebut terlihat seperti bentang alam suatu planet dalam film-film fiksi ilmiah. Dan nggak hanya Socotra, pasti ada tempat-tempat lain di dunia yang tampak super ajaib. Tertarik menjelajah?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Anggar Shandy
"Ini quote, ojo ngeyel!"
741SHARES