9 Negara dengan Utang Terbesar di Dunia. Indonesia Nomor Berapa Ya?

07 Oktober 2017
|Galih Wisnu Brata
Asia
0SHARES

Tidak sedikit orang yang mengalami masalah keuangan memutuskan untuk berutang kepada orang lain. Tak hanya antara orang dan orang saja utang berlaku, negara pun yang notabene-nya organisasi besar bisa juga terlilit utang. Negara berutang tentu untuk memenuhi kebutuhan rumah tangganya.

Negara kita, Indonesia, juga tak luput dari utang. Utang negara Indonesia pun oleh masyarakatnya dianggap sangat besar. Benarkah demikian? Besar utang negara dapat dilihat dari rasio utang terhadap PDB (Produk Domestik Bruto). Berikut ini adalah deretan sembilan negara yang memiliki utang terbesar di dunia. Lalu, berada di posisi berapakah Indonesia? Mari, kita simak bersama-sama secara mundur dari urutan kesembilan hingga pertama. Yuk, kepo!

 

1. Siprus

Di posisi kesembilan, negara dengan utang terbesar adalah Negara Siprus. Mungkin tak banyak yang tahu jika ada negara bernama Siprus. Siprus merupakan negara kepulauan yang terletak di Laut Tengah. Siprus dijuluki sebagai “daratan cinta” karena dipercayai sebagai tempat lahirnya Dewa Cinta, Aphrodite. Rasio utang negara Siprus terhadap PDB sebesar 108,7%.

 

 

 

2. Bhutan

Negara yang dipimpin oleh salah satu raja tertampan di dunia ini memiliki rasio utang terhadap PDB sebesar 110, 7%.

3. Tanjung Verde

Di peringkat ketujuh, kita akan menemui Tanjung Verde. Sama halnya dengan Siprus, mungkin nama Tanjung Verde sebagai negara belum banyak dikenal. Negara yang terletak di Samudera Atlantik ini mempunyai rasio utang terhadap PDB sebesar 123%.

 

4. Jamaika

Tahukah kamu siapa itu Bob Marley? Ya, dia adalah penyanyi internasional yang mengusung musik reggae. Negara asal Bob Marley, Jamaika, menempati peringkat keenam negara dengan utang terbesar di dunia. Rasio utang Negara Jamaika sebesar 128,4%.

 

 

 

5. Portugal

Posisi lima ditempati oleh negara kelahiran pesepak bola dunia, Cristiano Ronaldo. Ya, tepat sekali, Negara Portugal. Portugal memiliki rasio utang sebesar 130,4% sehingga menduduki posisi kelima.

 

6. Italia

Italia menjadi salah satu negara yang melahirkan banyak legenda pesepak bola. Sebut saja Alessandro Del Piero, Andrea Pirlo, Francesco Totti, Gianluigi Buffon, dan masih banyak lagi. Namun, hal tersebut tak menjadikan Italia lepas dari jeratan utang. Italia menempati posisi keempat negara dengan utang terbesar di dunia. Rasio utang terhadap PDB yang dimiliki Italia sebesar 132,7%.

 

7. Lebanon

Lebanon adalah salah satu negara di Timur Tengah. Negara yang terkenal dengan kulinernya, Chicken Tajine, menduduki posisi tiga besar sebagai negara dengan utang terbesar. Rasio utang Negara Lebanon sebesar 139%.

 

 

 

8. Yunani

Yunani adalah salah satu negara yang terkenal dengan mitologinya. Dewa Zeus, Dewa Poseidon, dan Dewa Hades, ketiga dewa itu pasti sudah sering kamu dengar. Negeri para dewa tersebut berada di posisi runner up negara dengan utang terbesar. Rasio utang yang dimiliki oleh Negara Yunani terhadap PDB adalah sebesar 176,9%.

9. Jepang

Tiba saatnya untuk mengetahui posisi jawara. Tak diduga dan tak dinyana, Jepang menjadi jawara sebagai negara dengan utang terbesar. Pasti banyak yang kaget jika Jepang di posisi pertama karena Negara Jepang merupakan salah satu negara maju. Negara yang dijuluki sebagai Negeri Sakura tersebut memiliki rasio utang terhadap PDB sebesar 250%.

 

Nah, itu tadi sembilan negara dengan utang terbesar di dunia. Kabar gembiranya, Indonesia tidak termasuk di dalamnya. Lalu, bagaimana posisi Indonesia yang katanya punya segudang utang? Rasio utang Indonesia terhadap PDB belum menyentuh angka 30%. Hal itu tentu sedikit menenangkan kita sebagai Warga Negara Indonesia. Jadi, mulai sekarang jangan terlalu percaya jika Indonesia punya utang yang sangat banyak karena masih banyak negara yang utangnya lebih banyak.

 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Galih Wisnu Brata
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES