9 Jajanan Tradisional Khas India yang Wajib Dicicipi Saat Berkunjung Ke Sana

14 Juni 2017
|Faizah Pratama
23SHARES

India memang memiliki daya tarik tersendiri. Selain film-filmnya, pria dan wanitanya. Kuliner India menjadi daya tarik yang tidak bisa diabaikan begitu saja. India terkenal dengan masakannya yang berempah dan dengan bumbu khas pula. Selain banyak mempertahankan banyak tradisinya dalam berbagai acara adat, India juga memiliki makanan tradisional yang masih dipertahankan sampai saat ini. New Delhi merupakan Ibu Kota Negara India. Delhi dikenal sebagai pusat street food terbaik di India. Jika kamu mengunjungi India dan ingin wisata kuliner, maka kota Delhi wajib kamu kunjungi. Lalu apa saja jajanan tradisional India apa saja yang wajib kamu cicipi saat berkunjung ke sana? Inilah ulasannya.

1. Chole Bhatura

Chole Bhature merupakan hidangan khas orang Punjabi tetapi sudah sangat populer di India. Jajanan tersebut terdiri dari Chole dan Bhatura. Chole adalah kari pedas yang dibuat dari buncis putih, sedangkan Bhatura adalah roti ragi yang digoreng. Biasanya jajanan ini dimakan sebagai sarapan. Makanan ini disajikan dengan bawang bombay, acar wortel, dan acar.

2. Paratha

Paratha merupakan sejenis roti yang bentuknya pipih tidak beraturan. Roti ini terbuat dari gandum yang dipanggang di atas penggorengan yang pipih. Paratha merupakan roti yang bisa dimakan dengan berbagai makanan, seperti kari, sayuran, atau kentang. Cara memakannya bermacam-macam: ada yang mencocolnya langsung ke dalam kari. Namun, ada juga yang membuatnya seperti roti isi yang diisi sayur-sayuran lalu digulung. Ada pula yang mencampurkan kentang serta sayuran dalam adonan lalu dipanggang bersamaan.

3. Jalebi

Jalebi merupakan jajanan populer India yang rasanya manis. Makanan ini terbuat dari adonan tepung terigu encer lalu digoreng berbentuk melingkar. Setelah digoreng, jalebi direndam sirup gula. Jalebi memiliki tekstur yang kenyal dengan lapisan gula yang mengkristal seperti permen. Biasanya Jalebi dimakan dengan dadih (olahan susu) atau Kewra (seperti sirup yang baunya harum).

4. Pani Puri

Pani Puri atau dikenal juga dengan Gol Gappa merupakan jajanan favorit di India. Gol Gappa adalah bola renyah seperti kerupuk yang bentuknya bulat tetapi kosong di tengah. Cara memakannya adalah dengan memasukkan satu Gol Gappa ke mulut lalu langsung mengunyahnya. Gol Gappa atau Puri terbuat dari tepung terigu. Puri bentuknya mirip dengan Bhatura, tetapi memiliki ukuran yang lebih kecil dan memiliki ruang kosong di tengahnya.

5. Litti Chokka

Litti adalah bola-bola yang terbuat dari adonan tepung terigu yang diisi dengan Sattu (tepung kacang hijau). Adonan tersebut dicampur dengan rempah-rempah seperti bawang merah, bawang putih, jahe, daun ketumbar, air jeruk nipis, dan garam. Di Bihar, sebuah wilayah di India Litti disajikan dengan Chokka, yaitu terung panggang yang dimasak dengan tomat dan kentang tumbuk. Selain itu Litti juga dapat dimakan dengan krim kari.

6. Mirchi Bajji

Mirchi Bajji adalah camilan yang sangat mudah ditemui di jalan-jalan di wilayah India. Makanan ini dianggap sebagai camilan favorit sepanjang masa. Mirchi Bajji bentuknya seperti cabai goreng. Cabai yang digunakan adalah cabai besar dan tebal yang digunakan untuk membuat kari. Cabai tersebut diisi dengan bubur asam, garam, dan rempah-rempah, seperti biji jinten. Mirchi Bajji dapat disajikan dengan sambal cabai hijau, sambal dari kelapa, ataupun bumbu kacang.

7. Akki Rott

Akki Rott atau dapat disebut roti Akki adalah roti pedas yang terbuat dari tepung beras dan kelapa. Akki Rott dikenal sebagai pancake ala India. Kalau di Indonesia mungkin mirip serabi. Selain itu, Bawang cincang halus, wortel parut, ketumbar cincang, biji jintan, biji wijen dan bahkan kacang  juga bisa ditambahkan ke adonan roti akki. Makanan ini merupakan salah satu kudapan favorit orang India.

 

8. Aloo Tikki

Allo Tikki merupakan jajanan populer India yang biasanya dijajakan di kios-kios di sepanjang jalan di India. Camilan ini berasal dari India Utara. Aloo Tikki terbuat dari kentang rebus dengan campuran berbagai bumbu yang disajikan panas dengan saus.

9. Vada Pav

Vada Pav adalah makanan populer dari kota Maharashtra. Makanan ini dikenal sebagai burgernya India. Makanan ini terbuat dari roti yang diisi kentang tumbuk yang digoreng dibumbui dengan rempah-rempah. Makanan ini juga dapat disajikan dengan cabai hijau goreng. Jika Burger diisi dengan daging, maka Vada Pav adalah makanan vegetarian yang terkenal di kota Maharashtra.

Itulah jajanan khas India yang wajib kamu coba saat ke sana. Sebagian jajanannya non daging sehingga cocok untuk kamu yang vegetarian. Sebagian masyarakat India memang kaum vegetarian karena kepercayaan dalam agama mereka.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Faizah Pratama
"Di mana-mana hatiku senang!"
23SHARES