8 Peraturan Ini Cuma Berlaku di Korea Utara. Kok Gagal Paham, Ya?

04 September 2017
|Fatimah Artayu Fitrazana
36SHARES

Republik Demokratik Rakyat Korea (DPRK) atau yang lebih kita kenal dengan negara Korea Utara adalah negara paling “introvert” sejagad raya. Mereka mengisolasi diri dari globalisasi dan meminimalisir interaksi dengan dunia luar. Bertolak belakang dengan tetangganya, Korea Selatan yang tampak sangat memberi pengaruh internasional dengan K-POP dan Korean Wave.

Namun, sikap tertutup Korea Utara ini justru mengundang rasa penasaran untuk tahu seperti apa kehidupan di dalam negara itu. Selain presidennya yang nyentrik dan disebut-sebut sebagai seorang diktator, yakni Kim Jong-Un, serta berbagai percobaan rudalnya, tampaknya tak banyak lagi yang kita tahu dari negara ini. Untuk itu, artikel kali ini akan membahas tentang delapan peraturan yang cuma ada di Korea Utara supaya kita bertambah wawasan.

1. Nggak boleh pakai celana jeans, lah kok gitu?

Kalau negara sebelah alias Korea Selatan jadi salah satu kiblat fashion Asia, beda cerita sama di Korea Utara. Jangankan tampil modis, kita bahkan nggak boleh pakai celana jeans di sini. Landasan pembuatan aturan ini juga tak begitu jelas. Pemerintah Korea Utara hanya semata-mata ingin warganya tampil rapi dengan baju dan celana kain.

2. Perempuan dilarang naik sepeda

For your information, di Korut warga sipil tidak boleh mengendarai mobil. Mereka yang boleh mengendarai mobil hanyalah para pejabat pemerintahan dan militer. Alat transportasi yang memungkinkan untuk digunakan masyarakat hanya sepeda dan bus. Tapi, wanita di Korea Utara dilarang mengendarai sepeda. Alasannya? Tahun 90-an putri seorang pejabat meninggal dunia karena kecelakaan sepeda. Jadi, mantan presiden Kim Jong-Il melarang wanita menaiki sepeda.

3. Boro-boro punya media sosial, akses internet saja tak ada

Korea Utara memang terhitung sangat total mengunci pintu dari perkembangan global. Di saat kita sangat menikmati akses internet dengan leluasa dan bebas berinteraksi melalui media sosial, warga di sana tidak dapat mengakses koneksi internet. Hanya pejabat negara yang boleh melakukannya. Wah, nggak bisa nge-vlog dong, ya, di Korea Utara.

4. Hairstylist jadi pengangguran di Korut

Pernah dengar berita kalau laki-laki di Korea Utara harus punya potongan rambut seperti sang presiden, Kim Jong-Un? Nah, hubungannya dengan hairstylist adalah karena di Korut tidak boleh potong rambut yang macam-macam. Bahkan, pemerintah hanya mengijinkan warganya (laki-laki dan perempuan) untuk potong dengan 28 model rambut sesuai aturan negara. Modelnya sudah diatur pemerintah, jadi kita kalau mau ombre nggak bisa di sini.

5. Hukuman untuk pelanggar berlaku turun temurun

Ambil contoh kasus korupsi di Indonesia deh, kalau yang korupsi si bapak, maka yang dihukum penjara ya si bapak yang korupsi. Tapi, kalau di Korea Utara, hukuman bagi pelanggar berlaku untuk tiga generasi atau dikenal dengan “Hukuman tiga generasi.” Jadi, kalau si bapak masuk penjara, anak-anak dan cucunya juga masuk penjara. Kok serem, ya.

6. Walau sudah meninggal, masih jadi presiden. Awesome!

Ini unik dan cuma ada di Korea Utara. Kim Il-Sung adalah mantan presiden Korea Utara yang telah meninggal di tahun 1994. Tapi, sampai sekarang warganya masih menaati peraturan yang dia buat. Jika di negara lain pemerintah merevisi undang-undang karena sudah tidak relevan, maka tidak di Korea Utara. Tak heran jika seorang Kim Il-Sung dijuluki “Presiden Abadi Korea Utara.”

7. Punya kitab agama itu HARAM!

Sebagai umat yang beriman, kita tentu akan mendapat kebaikan jika membaca kitab agama kita. Tapi, kalau di Korea Utara justru dapat hukuman. Kalau kedapatan membawa kitab, pihak yang berwenang akan menangkap, menahan, dan dihukum. Negara ini adalah ateis, jadi kita tidak boleh menganut agama atau beribadah. Wisatawan bahkan bisa ditahan atau bahkan diusir jika tidak menyangkal keimanannya. 

8. Dilarang keras nonton drakor (drama Korea Selatan)

Selain tidak boleh mengakses internet, warga Korea Utara juga tidak boleh nonton TV. Apalagi kedapatan nonton drama dan semua jenis acara yang disiarkan negara sebelah, Korea Selatan, bisa-bisa kena hukuman. Konon, sudah ada puluhan orang yang tewas dibunuh pemerintah cuma karena nonton drakor alias drama Korea. Sayang ya, padahal aktornya ganteng-ganteng dan aktrisnya cantik-cantik. 

Itulah sedikit peraturan di Korea Utara yang bikin nggak habis pikir dan jadi geleng-geleng kepala sendiri. Beruntung ‘kan kita tinggal di Indonesia? Paling tidak, ya, masih bisa copy drakor di warnet.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Fatimah Artayu Fitrazana
Gak Punya Quote Nih!
36SHARES