7 Ramuan Lulur Tradisional India, Rahasia Kecantikan Wanita India

09 Juni 2017
|Faizah Pratama
0SHARES

India dikenal sebagai negara yang memiliki kekayaan budaya. Lewat film-film Bollywoodnya, India dikenal oleh dunia. Dalam film-film tersebut, selalu digambarkan bahwa masyarakat India memiliki banyak ritual dalam kehidupannya. Hal yang paling menjadi perhatian adalah wanita-wanita India yang selalu tampak cantik. Kecantikan wanita India memang selalu dikagumi, mungkin mereka sering melakukan perawatan badan.

Dalam ritual pernikahan India terdapat suatu tahapan melumuri calon pengantin dengan lulur kunyit dan susu. Mungkin tradisi luluran yang masih dipegang itulah yang membuat wanita India selalu tampil mengagumkan. Untuk kamu yang penasaran, inilah ramuan lulur khas India yang menjadi rahasia kecantikan mereka.

1. Lulur Kunyit

Ternyata bukan hanya di Indonesia, kunyit juga dikenal sebagai bumbu penting masakan India. Selain sebagai bumbu masak, kunyit juga digunakan sebagai perawatan kecantikan. Melumuri kulit pengantin dengan kunyit merupakan ritual yang tidak boleh terlewatkan di India. Kunyit dipercaya dapat menghilangkan keriput.

2. Lulur dan Masker Tanah Liat (Multani Mitti)

Lulur tanah liat dikenal sebagai lulur alami dan pembersih alami. Tanah liat dapat mengurangi minyak yang berlebih pada kulit. Selain itu kandungan magnesium klorida dapat mengobati jerawat.

3. Lulur Kayu Cendana (Chandan)

Lulur kayu cendana dapat menghilangkan sel kulit mati dan kotoran. Bubuk cendana juga dapat mengurangi minyak di wajah. Bubuk cendana dapat dicampur dengan beras bubuk, susu, dan air mawar. Campuran tersebut dapat digunakan di tubuh dan wajah.

4. Lulur Dadih (Curd)

Dadih atau Curd merupakan salah satu jenis olahan susu khas India. Kandungan Zinc di dalamnya mampu menghilangkan noda pada kulit. Asam laktat dalam dadih juga dapat menghaluskan kulit. Dadih juga dapat digunakan untuk mengurangi kemerahan akibat sengatan matahari. Dadih dipercaya sebagai produk anti penuaan terbaik.

5. Lulur Madu

Madu merupakan cairan manis yang sudah cukup dikenal luas. Madu dipercaya dapat mempertahankan kelembaban kulit secara alami. Campuran madu, kunyit, dan susu akan membuat kulit terasa lebih bercahaya. Madu juga dapat membersihkan kulit dari kotoran.

6. Lulur Tepung Kacang (Besan)

Besan merupakan tepung khas India yang terbuat dari sejenis kacang. Besan dicampur dengan susu dan krim sebagai pengganti sabun. Ramuan tersebut dapat menjadikan kulit lebih lentur. Kabarnya Aishwarya Rai juga menggunakan besan untuk perawatan kecantikannya.

7. Lulur Neem

Neem merupakan jenis tanaman yang berasal dari daerah tropis. Dalam bahasa Indonesia Neem dikenal sebagai Nimba. Neem biasanya dijual dalam bentuk minyak. Minyak Neem dikenal sebagai ratunya bahan kecantikan karena semua bagian pohonnya bermanfaat. Neem digunakan untuk menghilangkan jerawat dan sebagai pelembab.

Itulah ramuan lulur khas India. Ramuan tersebut terbuat dari bahan-bahan alami sehingga aman digunakan. Apakah kamu tertarik menggunakannya? Mungkin kamu akan secantik Aishwara Rai.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Faizah Pratama
"Di mana-mana hatiku senang!"
0SHARES