7 Jurusan Kuliah Aneh di India. Tertarik Kuliah Di Sana?

www.businessfirstmagazine.com.au

Memutuskan untuk mengambil jurusan kuliah memang bukan perkara mudah. Kita harus berhati-hati dalam memikirkan hal ini karena akan menentukan kemana arah langkah kaki kita di masa depan. Pengambilan jurusan bukan hanya berdampak terhadap beberapa tahun kehidupan kuliah kita mendatang, namun juga mempengaruhi pilihan karier kita saat memasuki dunia kerja. Passion atau renjana merupakan variabel utama yang harus kita pertimbangkan. Namun tidak hanya itu, kita juga harus mempertimbangkan prospek pilihan karir tersebut di masa depan.

Sebagai negara dengan budaya yang begitu unik dan karakteristik masyarakat yang sangat berbeda dengan masyarakat di negara lain, India memiliki beberapa pilihan karir yang unik namun memang dibutuhkan di negara tersebut. Pilihan-pilihan karir unik di India ini lantas didukung dengan adanya jurusan kuliah yang mengajarkan spesifik mengenai ilmu yang dibutuhkan dalam meniti karir di bidang-bidang unik tersebut. Penasaran? Ini dia jurusan-jurusan kuliah yang paling unik di India.

1. Ethical Hacking

www.nbcnews.com

Saat mendengar profesi hackers, kita pasti teringat akan berbagai aktivitas jahat yang dilakukan oleh hackers dan merugikan orang lain di dunia digital. Akan tetapi hacking hanyalah sebuah kemampuan, sebuah skill untuk mencapai suatu tujuan. Sedangkan baik atau jahat tidak terletak pada kemampuan itu sendiri melainkan tujuan akhir aktivitas hacking tersebut. Karena itu, di India terdapat jurusan Ethical Hacking. Kemampuan untuk melakukan hacking adalah kemampuan yang dibutuhkan oleh banyak perusahaan-perusahaan di India. Akan tetapi aktivitas hacking yang diajarkan haruslah sesuai dengan etika di dunia digital. Oleh karena itu, beberapa sekolah di India, seperti Institution of Information Security dan Indian School of Ethical Hacking menyediakan kelas-kelas yang mengajarkan hal-hal terkait ethical hacking.

2. Puppetry

en.wikipedia.org

Puppetry atau pedalangan adalah ilmu mengenai pertunjukan boneka. Meski terdengar ajaib, namun ilmu ini memang cukup menjadi sorotan di India. Pertunjukan boneka bukanlah semata aksi pertunjukan namun juga merupakan media edukasi yang banyak digunakan di sekolah-sekolah. Tidak terkecuali di India, aksi pertunjukan boneka dianggap sebagai kekayaan budaya yang harus dilestarikan. Jurusan yang mempelajari seluk beluk kesenian unik ini dapat kamu temui di Mumbai University dan Calcutta Puppet Theatre.

3. Tea Sommelier

www.leolab.mx

Sebagai negara penghasil teh terbesar kedua di dunia, tidak heran jika teh mendapat tempat spesial di universitas di India. Karir sebagai pencicip the atau tea sommelier memang belakangan ini cukup marak di dunia. Hotel-hotel bintang lima dan perusahaan-perusahaan teh membutuhkan jasa seorang pencicip teh untuk mengetahui kualitas produknya. Selain itu, seorang pencicip teh juga melakukan pekerjaan-pekerjaan lain seperti memberikan nasihat untuk meningkatkan kualitas teh dan melakukan branding akan produk teh. Untuk melakukan pekerjaan ini, tentu seorang pencicip teh harus mengetahui segala sesuatu mengenai teh mulai dari penanaman hingga proses pengolahan teh di pabrik. Karena itu, India memiliki beberapa instansi yang menawarkan gelar sarjana di bidang ini. Salah satunya adalah di Birla Institute of Futuristic Studies.

4. Gerontology

www.agewellfoundation.org

Gerontology adalah ilmu mengenai penuaan yang terjadi terhadap manusia ditilik dari sisi sosial, psikologis, dan biologis. Ilmu ini meneliti perubahan mental, sosial dan fisik yang terjadi pada manusia seiring terjadinya penuaan. Jenjang karir yang akan dilewati pasca menuntut ilmu gerontology adalah di dalam lingkup Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) atau pekerja sosial lainnya. Meski tidak menjanjikan kekayaan, namun lini karier ini cocok bagi kamu yang memiliki jiwa sosial. Di India, ilmu gerontology dapat dipelajari di berbagai instansi seperti Institute of Home Economics, New Delhi dan Tata Institute of Social Science.

5. Food Flavorist

archive.homegrown.co.in

Berbeda dengan ahli pangan biasanya, food flavorist bekerja untuk menambahkan rasa pada makanan. Mereka meneliti berbagai spektrum rasa dan mengkombinasinya untuk menciptakan rasa yang tepat bagi setiap produk makanan yang mereka tangani. Meski terdengar seperti pencicip makanan, namun pekerjaan seorang food flavorist sebenarnya lebih menyerupai seorang ahli kimia yang banyak berkutat di laboratorium bermain dengan berbagai zat kimia. Gelar sebagai food flavorist bisa didapatkan di berbagai universitas di India seperti di Indian Institute of Hospitality and Management, Mumbai dan SRM University.

6. Pet Grooming

kolkata.locanto.net

Bagi kamu yang pecinta hewan, pilihan kariermu bukan hanya sebagai dokter hewan, kamu juga dapat menjadi seorang pet groomer yang bersertifikasi di India. Ya, pet groomer atau perawat hewan bertugas untuk meningkatkan higienitas dan penampilan hewan peliharaan. Tapi bukan hanya tahu cara merawat hewan, seorang pet groomer juga harus mengetahui cara-cara memeriksa kesehatan hewan. Karena itu, Whiskers and Tails Franchise and Pet Grooming Academy, Mumbai menyediakan jasa edukasi terkait seluk beluk ilmu dalam merawat hewan peliharaan.

7. Carpet Technology

experts.diamondcertified.org

Karpet memang merupakan salah satu produk unggulan India. Industri karpet di negara ini yang sangat besar dan marak menjadi salah satu tujuan karir bagi para pelajar-pelajar India. Karena itu, Indian Institute of Carpet Technology, Bhadohi, Uttar Pradesh menawarkan gelar sarjana dan diploma di bidang ini. Mereka yang menuntut ilmu di bidang teknologi karpet diharapkan dapat membantu India mengembangkan industri karpetnya.

Itulah dia jurusan-jurusan kuliah unik yang ada di India. India sudah menjadi negara yang baik dengan berusaha mengakomodasi berbagai passion masyarakatnya dengan menyediakan jurusan-jurusan unik ini. Meski terdengar aneh, namun semua ilmu yang ada di dunia ini pasti berguna. Karena itu, bagi kamu yang merasa salah jurusan, jangan khawatir, meski kamu mungkin tidak melihat relevansi ilmu yang sedang kamu tuntut kini, bisa jadi beberapa tahun kemudian ilmu mu akan menjadi dasar bagi profesi yang keren di kemudian hari. Yang paling penting kini adalah untuk mengejar apapun ilmu yang sedang kamu pelajari, dengan passion dan semangat.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
9 Jajanan Tradisional Khas India yang Wajib Dicicipi Saat Berkunjung Ke Sana

9 Jajanan Tradisional Khas India yang Wajib Dicicipi Saat Berkunjung Ke Sana

Kamu Sudah Tau Belum tentang Rangoli Art, Seni Melukis Lantai dari India Ini?

Kamu Sudah Tau Belum tentang Rangoli Art, Seni Melukis Lantai dari India Ini?

7 Alasan Asia Tenggara Jadi Tempat Backpacker-an yang Asyik

7 Alasan Asia Tenggara Jadi Tempat Backpacker-an yang Asyik

7 Street Food Korea yang Sering Kamu Lihat di Drama-drama Korea

7 Street Food Korea yang Sering Kamu Lihat di Drama-drama Korea

7 Tempat di India Dengan Pemandangan Menakjubkan. Kamu Akan Dibuat Terpana

7 Tempat di India Dengan Pemandangan Menakjubkan. Kamu Akan Dibuat Terpana

7 Artis Korea Ini Terlihat Sangat Macho Saat Menjalani Wajib Militer

7 Artis Korea Ini Terlihat Sangat Macho Saat Menjalani Wajib Militer

loading