7 Fakta Unik tentang Laut Mati di Timur Tengah

01 Oktober 2017
|Pandu Rijal Pasa
0SHARES

Laut Mati atau yang dikenal dengan nama The Dead Sea ini merupakan sebuah danau besar yang terletak di salah satu negara yang berada di kawasan Timur Tengah, Yordania. Jangan dibayangkan bahwa Laut Mati ini merupakan laut yang menyeramkan di mana banyak makhluk-makhluk hidup yang sudah mati bergelatakan di sana. Justru, Laut Mati ini sebenarnya begitu indah dan merupakan salah satu destinasi wisata yang cukup favorit untuk orang yang berkunjung ke Yordania. Nah, berikut ini adalah fakta-fakta menarik tentang Laut Mati. Yuk, kepo!

1. Masalah penamaan

Nama dari laut ini sebenarnya diambil dari bahasa Ibrani "Yam ha Maved" yang artinya 'Laut Pembunuh' di mana di dalam bahasa Arab dikatakan sebagai "Bahrul Mayyit" yang berarti 'Laut Mati'. Namun sebenarnya, secara teori Laut Mati ini merupakan sebuah danau. Tidak disebut sebagai danau mati adalah karena wilayah perairan ini begitu luas. Dengan panjang yang mencapai 67 km serta lebar 18 km membuat danau ini terlihat seperti laut.

2. Titik terendah di bumi

Jika titik tertinggi di bumi adalah Puncak Himalaya dengan ketinggian sekitar 7500 m di atas permukaan air laut, maka Laut Mati adalah sebaliknya. Wilayah Laut Mati ini merupakan titik terendah di bumi. Laut yang terletak di antara Israel dengan Yordania ini berada pada sebuah lembah dengan ketinggian 425 meter atau 1300 kaki di bawah permukaan air laut.

3. Kadar garam yang sangat tinggi

Laut Mati dikenal sebagai laut yang paling asin di dunia. Jika kandungan air laut pada umumnya memiliki kadar garam sekitar 3,5% saja, maka di Laut Mati ini kadar garamnya bisa mencapai lima hingga sepuluh kali lipatnya. Maka, tidak heran jika pada kedalaman 100 meter, air yang ada di Laut Mati ini sedemikian pekatnya dengan kandungan garam yang sangat tinggi tersebut. Selain itu, garamnya pun banyak yang mengendap di dasar maupun pinggiran dari wilayah ini.

4. Lumpur berkhasiat tinggi

Menurut legenda, Ratu Cleopatra menggunakan kandungan yang ada di dalam lumpur Laut Mati sebagai masker wajah. Ternyata, memang lumpur yang ada di dalam Laut Mati memiliki kandungan mineral yang sangat tinggi serta komponen penyusunnya lebih baik daripada serum yang kaya antioksidan sekalipun sehingga lumpur ini berguna untuk membuat kulit awet muda, meghilangkan jerawat, dan juga menghidrasi kulit.

5. Kita bisa mengapung di atasnya

Salah satu hal yang cukup familiar di kalangan masyarakat terkait Laut Mati adalah kabar bahwa kita dapat terapung di atasnya. Ya, hal itu memang benar adanya. Tingginya kandungan garam yang terdapat pada air di Laut Mati ini membuat benda-benda dan bahkan tubuh manusia bisa terapung dengan mudah.

6. Hanya bakteri yang hidup di dalamnya

Tingginya kadar garam yang ada pada Laut Mati, selain menyebabkan beberapa hal unik di atas, ternyata juga membuat Laut Mati ini memiliki kehidupan yang begitu keras. Salinitas yang tinggi di dalam Laut Mati memiliki dampak bahwa binatang tidak bisa berkembang biak di dalamnya. Hanya mikroba dan bakteri saja yang hidup di dalamnya meski itupun jumlahnya sangat sedikit.

7. Dahulu menjadi bahan utama mumifikasi

Aspal yang dihasilkan dari Laut Mati ini merupakan komoditi perdagangan yang cukup penting pada masanya. Saking pentingnya, aspal ini banyak di ekspor. Banyak sekali kegunaannya, salah satu yang paling unik adalah di ekspor ke Mesir dan biasa digunakan masyarakat pada masa itu untuk melakukan pengawetan mumi atau mumifikasi. Hal ini disebabkan mumi akan terhindar dari segala jenis makhluk hidup, seperti bakteri, jamur, dan sebagainya serta mencegah pembusukan.

Itu tadi tujuh fakta menarik terkait dengan Laut Mati yang terletak di perbatasan Yordania dan Israel. Kandungan garam yang sangat tinggi di dalam Laut Mati ini ternyata memberi dampak yang unik terhadap ekosistem serta lingkungan di dalam dan juga di sekitarnya. Jika kamu tertarik untuk mengunjungi titik terendah di bumi ini, ada baiknya disiapkan banyak hal berdasar kondisi nyata yang ada di sana, setidaknya seperti yang sudah ada di atas supaya liburanmu bisa maksimal.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Pandu Rijal Pasa
"Be The Best Version of You"
0SHARES