7 Deretan Fakta Mengenai Wajib Militer di Korea Selatan, Gak Wamil Gak Macho!

19 Oktober 2017
|Atik Kencana S.
0SHARES

Para penggila K-Drama dan K-Pop pastinya udah familiar banget dengan kebijakan pemerintah Korea Selatan yang mewajibkan setiap laki-laki untuk ikut Wajib Militer (wamil). Pasalnya, beberapa artis dan aktor Korea Selatan ini banyak yang cuti dari dunia entertainment untuk mengikuti program militer ini. Ada yang sedih ada juga yang bangga dong pastinya?

Nah, kali ini YuKepo mau bahas mengenai beberapa fakta mengenai wamil yang berlaku di Korea Selatan sejak beberapa dekade belakangan hingga kini. Kira-kira bagaimana sih faktanya? Yuk langsung kepoin bareng YuKepo!

1. Wamil di Korea Selatan dilakukan karena kondisi negara ini masih bersitegang dengan Korea Utara. Pasalnya, setelah adanya perang Korea di tahun 1950-1953, mereka tak pernah melakukan perjanjian damai

2. Wamil diwajibkan mulai dari tahun 1948, bertepatan dengan berdirinya Republik Korea

3. Wamil diwajibkan untuk para pria di Korea Selatan setelah berusia 20 tahun, cewek juga bisa ikut wamil dengan mendaftar langsung menjadi perwira non-komisioner

4. Kewajiban wamil pada pria berusia 20 tahun atau lebih bisa ditunda dengan alasan sakit, kelulusan sekolah, punya anak, kematian anggota keluarga, dan lain-lain
5. Para peserta wamil biasanya bertugas antara 21-24 bulan tergantung penempatannya. Marinir membutuhkan waktu 21 bulan, Angkatan Udara 24 bulan, dan lain sebagainya

6. Ternyata, para anggota wamil mendapatkan gaji per bulannya. Gaji tersebut mulai dari Rp 1,8 juta per bulan untuk prajurit hingga Rp 2,4 juta per bulan untuk pangkat sersan

7. Wamil menjadi isu paling sensitif di Korea Selatan. Pasalnya, banyak anak orang kaya atau artis yang menghindari kegiatan ini dengan berpindah warga negara

Nah, itulah tadi beberapa fakta mengenai kegiatan Wajib Militer yang berlaku di Korea Selatan. Namun, nyatanya wamil bukan sesuatu yang buruk kok. Bahkan, kegiatan ini menjadi salah satu barometer tingkat ke-macho-an laki-laki di Korea Selatan. Menjadi suatu kebanggan kalau bisa mengabdi pada negara, kan? Kalau belum ikut wamil berarti belum jadi cowok, gitu aja.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Atik Kencana S.
"Semper Fi"
0SHARES