7 Alasan Asia Tenggara Jadi Tempat Backpacker-an yang Asyik

13 Juni 2017
|Romlah Sundari
0SHARES

Bagi kita orang Indonesia, tempat berlibur yang ideal adalah negara-negara dengan empat musim. Dimana kita bisa melihat dan menyentuh salju, mengenakan baju tebal yang modis, dan berfoto di tempat-tempat yang ikonik. Ya, negara-negara empat musim tersebut memang menggiurkan untuk kita datangi, tapi tahukah kamu bahwa negara-negara tetangga kita juga merupakan destinasi wisata yang tidak kalah kerennya?

Apalagi buat kamu yang suka backpacker-an, Asia Tenggara adalah tempat yang sempurna untukmu dan jiwa petualangmu. Berikut alasan-alasan kenapa Asia Tenggara harus masuk kedalam daftar destinasi wisatamu.

1. Murah!

Bagi kamu yang suka backpacker-an, ini adalah satu hal yang penting. Dan negara-negara di Asia Tenggara memiliki rentang harga yang tidak jauh berbeda dengan Indonesia. Bahkan kalau kamu melakukan riset dengan cermat sebelumnya, kamu dapat menekan biaya liburanmu hingga lebih murah daripada berlibur di dalam negeri. Hanya saja memang kamu harus pintar-pintar melakukan riset dan waspada akan berbagai skema penipuan yang ada disana. Jangan sampai kamu melakukan booking hotel yang ternyata tidak benar-benar ada, atau mengikuti agen perjalanan namun kamu tidak benar-benar dipandu selama berada disana.

2. Makanan enak di setiap sudut

Karena akar budaya kita sama dengan negara-negara lainnya di Asia Tenggara, makanan di berbagai negara di Asia Tenggara akan cocok dengan lidah kita. Masakan di negara-negara ini cenderung serupa secara rasa. Bahkan jika memang kamu sangat sensitif dan pemilih soal makanan, jangan khawatir karena kamu akan selalu dapat menemukan menu ‘nasi goreng kampong’ di berbagai tempat. Namun memang harus diakui, makanan-makanan pinggir jalan atau streetfood di negara-negara Asia Tenggara sungguh lezat. Bahkan turis-turis asing dari negara empat musim pun mengakui kelezatannya.

3. Kekayaan kultural dan sejarah

Seperti juga Indonesia, negara-negara di Asia Tenggara memiliki kekayaan budaya dan sejarah yang begitu beragam. Tengok saja bangunan purba Angkor Wat yang terletak di Kamboja, atau pagoda-pagoda yang terletak di Myanmar. Bangunan-bangunan majestik ini menyimpan banyak kisah sejarah dan menjadi bagian dari situs-situs yang dilindungi oleh UNESCO. Tidak hanya itu, Asia Tenggara juga memiliki banyak festival kebudayaan yang diselenggarakan setiap tahun.

4. Akses super mudah

Meski bukan negara maju, namun akses ke berbagai tempat di Asia Tenggara cukup mudah. Terdapat banyak pilihan mode transportasi yang dapat kita gunakan. Biaya transportasi juga tidak terlalu mahal sehingga kita dapat mengunjungi banyak tempat sekaligus. Selain itu, akses internet juga tersedia di berbagai tempat. Hampir semua penginapan, café, dan restoran menyediakan akses wifi. Jadi jangan takut kamu bakal susah update selama liburan.

5. Alamnya yang indah

Yang satu ini tidak perlu dipertanyakan lagi. Negara-negara di Asia Tenggara, termasuk Indonesia, diberkahi dengan keindahan alam yang tiada duanya. Pantai, gunung, hingga perbukitan yang indah terdapat di semua negara di Asia Tenggara. Keindahan alam inilah yang membuat turis-turis asing dari negara empat musim terus menerus kembali ke Asia Tenggara.

6. Kota-kota besar yang eksotis

Tidak hanya alam yang indah, kamu pun bisa menikmati kota-kota besar yang eksotis di Asia Tenggara. Salah satunya adalah Bangkok dan Ho Chi Minh City. Kota-kota besar ini akan memanjakan kamu dengan berbagai fasilitasnya dan hiruk pikuknya. Jika kamu adalah pecinta pesta, kamu harus mendatangi kota-kota besar di Asia Tenggara yang memiliki berbagai macam tempat untuk berpesta. Selain itu, bukankah selalu ada perasaan bahagia tersendiri ketika berada di dalam kota besar yang sama sekali asing dan mempelajari karakter unik masyarakatnya? Asia Tenggara memiliki semua itu.

7. Suasana spiritual

Selain kota-kota besar yang penuh dengan hiruk pikuk, Asia Tenggara juga memiliki sudut-sudut sunyi yang penuh dengan suasana spiritual. Jika tujuanmu melakukan perjalanan adalah untuk mengenal dirimu sendiri, maka Asia Tenggara adalah tempat yang sempurna bagimu karena kamu dapat menyendiri dan berkenalan dengan dirimu sendiri di berbagai sudut sunyi tersebut.

Pada intinya, Asia Tenggara dipenuhi dengan negara-negara menarik yang dapat memberikanmu banyak pengalaman dan pelajaran baru. Keriuhan negara-negara ini yang tidak jauh berbeda dengan Indonesia akan tetap memberikanmu rasa nyaman meski kamu berada di tempat yang sama sekali asing. Dan sungguh, kamu tidak boleh melewatkan berbagai keistimewaan negara-negara tetangga kita ini! 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Romlah Sundari
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES