10 Foto Mirisnya Perdagangan Hewan Ini Bikin Patah Hati. Kok Tega Banget Sih?

20 November 2017
|Olphi Disya
606SHARES

Di luar sana, ada banyak hal terjadi yang mungkin nggak pernah kita tahu. Salah satunya datang dari dunia hewan yang memiliki beragam kisah pilu. Memang, mereka bukanlah manusia yang dapat berpikir jauh untuk hidup selayak mungkin. Namun ironisnya, justru manusia yang dibekali akal sehat lah yang melakukan tindak kejahatan terhadap hewan. Mereka diburu dan dieksploitasi. Bahkan tak jarang mati sia-sia karena ulah manusia tak bertanggung jawab. Resapi betapa sedihnya berjuang sebagai hewan liar yang menjadi dambaan manusia untuk dimusnahkan, berikut ini.

1. Seorang relawan Care for Wild Africa memeluk bayi badak yang baru saja selesai diobati akibat diserang oleh hyena. Bayi badak ini sebatang kara setelah ibunya mati diburu di hadapannya

2. Seekor gorilla tampak senang mendekap seorang penyelamat di Kamerun yang membawanya ke tempat perlindungan hewan. Sedihnya, gorilla ini udah nggak punya orang tua. Perburuan liar emang bikin banyak satwa liar harus kehilangan orang tuanya

3. Bayi gorilla ini dijual bebas di sebuah pasar di Kamerun lalu dibeli oleh seorang fotografer seharga cincin yang tidak begitu mahal, lalu dilarikan ke tempat perlindungan. Namun ia meninggal beberapa bulan kemudian karena kondisinya yang sudah begitu buru

4. Rubah kecil ini tertangkap untuk dijual bebas sebagai hewan peliharaan. Umurnya baru 3 bulan dan telah diperdagangkan di selatan Tunisia. Lucu sih, tapi kasihan banget ya hidupnya!
5. Sekitar 400 gurita yang menyusut dan disembunyikan dalam container di pelabuhan pulau Sumatra. Biasanya gurita jenis ini digunakan dalam obat tradisional Cina. Bayangkan harus berdesakan dan disembunyikan seperti itu, kasihan!

6. Sebuah foto ilustrasi ini menceritakan bahwa banyaknya hewan yang dijadikan komoditi dan dijual bebas. Salah satunya adalah bulu hewan untuk dijadikan karpet dan mantel bulu. Duh, tega banget sih!

7. Meskipun kelihatannya lucu, namun sirkus di Tiongkok yang menghadirkan orangutan dalam kostum dan bekerja untuk industri hiburan, sebenarnya kejam. Nggak seharusnya kan mereka begitu?

8. Inilah penampakan seekor hiu yang tertangkap jaring nelayan illegal yang nantinya hiu ini akan dibunuh dan dihidangkan dalam bentuk sup sirip hiu. Inilah mengapa hiu semakin langka!

9. Bukan hanya habitatnya aja yang terancam, tapi kawanan beruang kutub pun semakin menipis karena diimpor ke Tiongkok untuk dieksploitasi. Mungkinkah mereka akan bertahan hidup?
10. Tak bisa hidup bebas, gajah di Nepal’s Chitwan National Park ini harus menghadapi pilunya kaki yang dirantai karena telah lima kali membunuh pawangnya selama hidup. Salah siapa nih kalau begini?

Sedih banget ya melihatnya? Hewan yang seharusnya hidup bebas di alam liar, menjaga keseimbangan ekosistem bumi, justru diburu dan diperdagangkan oleh manusia hanya demi kepuasan semata. Padahal coba kalau kita membalik posisi kita dengan hewan-hewan tersebut, apakah kita mau diperlakukan sedemikian rupa? Memang perbincangan mengenai hak hewan sudah makin gencar dilakukan, tapi sudahkah kita sendiri ikut menyadari mirisnya kondisi ini? Atau kita malah menertawakan mereka yang memperjuangkan hak hidup hewan?

Sudah saatnya kita lebih peduli dan sadar bahwa tanpa mereka di muka bumi ini, kita pun tak bisa hidup dengan semestinya. The nature will show you, how cruel the world is!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Olphi Disya
"Upcoming psychologist. Awesome weirdo."
606SHARES