Tolak Islamophobia, Para Remaja di Amerika Mengirimkan Kartu Ramadan ke Masjid-Masjid

14 Juni 2017
|Romlah Sundari

Islamophobia belakangan ini semakin marak di Amerika Serikat. Aksi terorisme yang terjadi di berbagai belahan dunia membuat mayoritas masyarakat Amerika semakin menaruh ketakutan akan agama Islam dan umat muslim. Ketakutan ini termanifestasikan dalam bentuk penindasan dan perlawanan terhadap umat muslim di Amerika. Tentunya hal ini mengancam keamanan dan kesejahteraan umat muslim di Amerika.

Namun, fenomena Islamophobia ini juga mendapatkan perlawanan dari masyarakat Amerika sendiri. Beberapa pihak telah memulai kampanye untuk melawan Islamophobia di Negeri Paman Sam tersebut, termasuk sebuah organisasi sosial anak muda, DoSomething.org yang berupaya meredam kebencian terhadap agama Islam dan umat muslim di Amerika.

Dalam momen Ramadan ini, DoSomething.org melalui programnya yang bertajuk Sincerely Us mengajak anak muda Amerika untuk membuat kartu ucapan Ramadan yang nantinya akan diberikan ke tiap-tiap masjid di Amerika Serikat selama bulan Ramadan tahun ini.

Gerakan ini merupakan upaya dari DoSomething.org untuk menunjukkan cinta bagi umat muslim di Amerika yang sedang menghadapi berbagai tekanan dari pemerintahan Presiden Trump. Selain itu, gerakan ini juga dilakukan sebagai bentuk perayaan atas bulan suci umat muslim. Mereka ingin membuat umat muslim di sana merasa bahwa mereka juga mendapatkan tempat di antara masyarakat Amerika.

Dalam website-nya, DoSomething.org menyatakan bahwa kampanye ini dilakukan sebagai bentuk keprihatinan mereka akan meningkatnya ajakan kebencian terhadap umat muslim belakangan ini. Organisasi mereka percaya bahwa setiap orang di Amerika Serikat, apa pun agama dan warna kulitnya, berhak mendapatkan rasa hormat dan rasa aman yang sama. Mereka mengajak generasi muda Amerika karena generasi muda ini adalah masa depan Amerika dan merupakan suatu keharusan untuk memastikan bahwa ajakan kebencian ini tidak berlanjut dengan mengajak generasi muda untuk dapat saling bertoleransi dan mendukung satu sama lain, terlepas dari apa agama mereka. 

Kampanye DoSomething.org ini mendapat sambutan baik dari banyak remaja Amerika. Sampai dengan saat ini, telah terkumpul setidaknya  31.688 kartu Ramadan. Dalam website-nya, tercatat 40.437 orang ingin berpartisipasi dalam kampanye ini. Sambutan baik ini tentu membuat umat muslim di Amerika merasa diterima oleh masyarakat di sana.

Fenomena ini merupakan salah satu fenomena yang menyadarkan kita akan indahnya merayakan perbedaan. Toleransi antar-agama adalah sesuatu yang indah dan harus dilestarikan. Gerakan kepedulian dan dukungan antar-agama akan mempererat tali persaudaraan dalam suatu negara, sedangkan ketakutan dan ajakan kebencian akan menimbulkan tragedi kemanusiaan. Kita di Indonesia pun sudah semestinya peduli akan hal ini. Jangan biarkan perbedaan identitas memecah belah persatuan bangsa.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Romlah Sundari
Gak Punya Quote Nih!
SHARES