Terharu! Jauh dari Kemewahan yang Berlebihan, 8 Presiden Ini Justru Hidup dalam Kemiskinan!

www.yukepo.com

Menjadi seorang presiden bukanlah suatu pekerjaan yang mudah. Ia harus mampu mengatur negara dan membuat rakyatnya berada kondisi yang aman dan makmur. Dengan tugas yang begitu berat tersebut, tentunya presiden berhak menerima balasan yang sesuai. Gaji yang besar, tinggal di istana kenegaraan, dan beberapa kemewahan lainnya. Namun, ternyata ada beberapa presiden di dunia ini yang hidupnya jauh dari kata mewah. Mereka hidup sederhana bahkan berada dalam lingkaran kemiskinan. Inilah 8 presiden yang menjalani hidup sederhana dan bisa juga dikatakan miskin.

1. Evo Morales, Bolivia

www.wsj.com

Evo Morales merupakan Presiden Bolivia yang berasal dari keluarga yang sederhana. Evo Morales menjadi pribumi pertama yang menduduki kursi nomor satu di negeri yang mayoritas dihuni oleh orang Indian ini. Morales lahir dari keluarga miskin yang orang tuanya bekerja sebagai petani. Sebelum menjabat sebagai presiden, ia memimpin serikat petani Coca. Setelah menjadi presiden, ia banyak membawa perubahan untuk Bolivia. Morales menasionalisasi perusahaan-perusahaan asing yang sudah menghisap kekayaan bangsa. Tak hanya itu, pada saat pertama kali menjabat, ia juga mengumumkan bahwa gajinya dipotong setengah bagian untuk meningkatkan jumlah guru dan dokter.

2. Fernando Lugo, Paraguay

lab.org.uk

Fernando Lugo sebelum menjadi Presiden Paraguay dijuluki sebagai Pastor Kaum Papa. Julukan itu didapatnya karena Fernando Lugo adalah seorang pastor yang gemar membela kaum yang tertindas. Di tahun 2008, saat ia dilantik menjadi presiden, ia tidak mau menerima gajinya. Padahal, gajinya hanya 4.000 USD per bulan. Ia mengatakan bahwa ia tidak butuh gaji. Ia menambahkan bahwa gajinya adalah hak kaum miskin. Fernando Lugo juga hidup dalam kesederhanaan. Ia tinggal di rumah sederhana, berpakaian sederhana, dan mengonsumsi makanan sederhana.

3. Fidel Castro, Kuba

metro.co.uk

Fidel Castro adalah seorang tokoh revolusioner dari Kuba. Fidel Castro menjabat sebagai presiden selama hampir 50 tahun. Lama banget ya. Namun, dalam waktu yang lama tersebut, ia tidak bermaksud untuk menimbun kekayaan. Namun, sebaliknya. Selama menjadi presiden, Castro digaji hanya 350.000 per bulan. Wah, dikit banget. Dia memang diketahui memiliki banyak aset, salah satunya pulau. Tapi, semua aset yang dimilikinya tersebut didapatnya bukan dari jabatannya sebagai presiden.

4. Hugo Chavez, Venezuela
www.pri.org

Chavez dikenal sebagai pemimpin negara yang merakyat. Saking merakyatnya, apabila terjadi banjir, ia membuka lebar pintu istana negara sebagai tempat mengungsi. Tak hanya itu, ia juga membuat toko-toko yang menjual sembako murah. Hugo Chavez menjadi presiden dengan tujuan untuk membantu rakyat. Untuk itu, Presiden Venezuela ini sering menyumbangkan sebagian besar gajinya untuk anggaran sosial.

5. Jose Mujica, Uruguay
www.occupy.com

Jose Mujica dianggap sebagai presiden termiskin oleh dunia. Pria 78 tahun ini memilih memberikan 90% gajinya untuk menambah anggaran sosial. Ia juga lebih memilih tinggal di rumah sederhananya di Montevideo daripada di istana kenegaraan. Menurut Pepe, panggilan kesayangan dari rakyatnya, ia merasa tidak miskin. "Orang miskin adalah mereka yang hanya bekerja untuk mendapatkan kemewahan dan selalu ingin lebih" tambahnya. Ia juga pernah tertembak sebanyak 6 kali dan dipenjara selama 14 tahun karena menentang pemerintahan sebelumnya yang penuh kediktatoran.

6. Mahmoud Ahmadinejad, Iran

www.biography.com

Presiden Iran ini dikenal sangat pemberani dan teguh dalam memperjuangkan kedaulatan dan kemajuan negaranya. Ia juga tercatat sebagai salah satu presiden yang sederhana. Ia menolak untuk duduk di kursi VIP di pesawat kepresidenan. Ia bahkan pernah diketahui tertidur pulas dengan hanya beralaskan karpet. Pesta pernikahan putranya pun diselenggarakan dengan sangat sederhana bahkan dikatakan hanya sekelas pernikahan buruh. Kekayaannya diketahui hanya sebuah rumah seluas 175 m2 dan sebuah mobil Peugest putih keluaran tahun 1977.

7. Nelson Mandela, Afrika Selatan

www.thestar.com

Nelson Mandela dikenal oleh seluruh dunia karena membebaskan rasisme di negaranya, Afrika Selatan. Ia juga pernah menjabat sebagai presiden di Afrika Selatan. Saat pertama kali menjabat, ia mendapat warisan buruk dari rezim sebelumnya. Pemerintahan sebelumnya meninggalkan hutang yang harus dilunasi. Mandela memutuskan untuk memotong gaji presiden dan wakilnya untuk membayar hutang negara. Selain itu, Mandela juga rutin memotong gajinya untuk anggaran sosial serta sepertiga gajinya untuk membantu anak-anak. Mandela dapat apa ya?

8. Soekarno

lppmkreativa.com

Presiden Soekarno dianggap sebagai salah satu presiden termiskin di Indonesia. Soekarno rela memberikan jiwa, raga, dan semua hartanya demi negara Indonesia. Bahkan menurut cerita, Soekarno pernah meminjam duit kepada teman-temannya. Yang paling sering dipinjam duitnya oleh Soekarno adalah TD Pardede. Selain itu, Presiden Pertama Indonesia ini juga pernah ingin rambutan, tetapi tidak punya uang. Akhirnya, seorang polisi yang membelikannya. Tak hanya itu, Soekarno diketahui juga tinggal di rumah istrinya. Saat Soekarno didepak dari Istana Merdeka oleh Soeharto, ia tidak membawa apapun, kecuali kaus oblong yang dipakainya dan bungkusan yang berisi bendera Merah Putih.

Patut dicontoh nih kesederhanaan para pemimpin negara tersebut. Mereka rela memberikan sebagian hartanya bahkan semua hartanya demi kemakmuran rakyat. Nggak kayak pejabat kebanyakan yang menjadikan jabatannya untuk mengeruk kekayaan negara. Mereka bersenang-senang dengan harta melimpah, sementara rakyat harus tercekik dalam kemiskinan.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Dari Kuku hingga Kumis Terpanjang, Inilah 7 Rekor Dunia Untuk Bagian Tubuh Terunik!

Dari Kuku hingga Kumis Terpanjang, Inilah 7 Rekor Dunia Untuk Bagian Tubuh Terunik!

Dari Mempelajari Hamburger Sampai Santa Claus, Inilah 7 Universitas Paling Aneh di Dunia!

Dari Mempelajari Hamburger Sampai Santa Claus, Inilah 7 Universitas Paling Aneh di Dunia!

Nggak Cuma Cowok, 5 Cewek Pemain Game Ini Juga Berhasil Pecahkan Rekor Dunia!

Nggak Cuma Cowok, 5 Cewek Pemain Game Ini Juga Berhasil Pecahkan Rekor Dunia!

Selain Mengakui Yerusalem Milik Israel, Inilah 5 Pernyataan Paling Kontroversial Presiden Trump. Gemes!

Selain Mengakui Yerusalem Milik Israel, Inilah 5 Pernyataan Paling Kontroversial Presiden Trump. Gemes!

Wow, Muncul Pulau Baru yang Misterius di Segitiga Bermuda, Tapi Sayang, Dilarang Dikunjungi!

Wow, Muncul Pulau Baru yang Misterius di Segitiga Bermuda, Tapi Sayang, Dilarang Dikunjungi!

Gedung Mau Runtuh Sampai Penuh Kekerasan, Ini 5 Sekolah Paling Bahaya di Dunia!

Gedung Mau Runtuh Sampai Penuh Kekerasan, Ini 5 Sekolah Paling Bahaya di Dunia!

loading