Selain Mengakui Yerusalem Milik Israel, Inilah 5 Pernyataan Paling Kontroversial Presiden Trump. Gemes!

twitter.com

Donald Trump, memang telah menjadi sosok yang kontroversial bahkan sejak ia masih mencalonkan diri sebagai Presiden Amerika Serikat. Kini, setelah berada di tampuk kekuasaan, Trump tetap tidak kehilangan sentuhan kontroversinya yang berhasil membuat masyarakat dunia gemas dan terheran-heran. Baru-baru ini, Ia mengeluarkan sebuah pernyataan dan kebijakan yang berhasil menghebohkan seluruh dunia. Presiden Amerika Serikat ke-45 ini menyatakan bahwa ia mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel dan memerintahkan Kedubes Amerika Serikat di Israel untuk pindah dari Tel Aviv ke Yerusalem. Sebagaimana yang telah kita ketahui sebelumnya bahwa Yerusalem selama ini menjadi kota suci yang disengketakan oleh Israel dan Palestina yang sama-sama mengklaim Yerusalem sebagai ibu kota masing-masing negara. Pernyataan sepihak Amerika Serikat ini sontak membuat dunia kaget dan mengecam tindakan yang kontroversial tersebut, termasuk Indonesia.

Namun ini bukanlah kali pertama Trump membuat pernyataan dan mengambil langkah yang mengundang kecaman mayoritas masyarakat dunia. Pemerintahan Trump di Amerika Serikat selama ini memang telah dipenuhi dengan berbagai kebijakan kontroversial, terutama dalam ranah hubungan internasionalnya. Ingin tahu apa saja kebijakan paling kontroversial dari Presiden Trump sejauh ini? Simak daftar di bawah ya!

1. Membangun tembok di perbatasan Meksiko dan Amerika

archinect.com

Sejak pertama kali menduduki jabatan sebagai orang nomer satu di Amerika Serikat, Presiden Trump telah menyatakan akan mendirikan tembok tinggi di perbatasannya dengan Meksiko demi mengatasi persoalan imigran gelap Meksiko yang banyak membanjiri Amerika. Kebijakan ini berpotensi merusak hubungan baik yang telah terjalin selama ini antara Amerika Serikat dengan Meksiko. Meski banyak menuai protes, namun kebijakan ini tetap dijalankan. Bulan Oktober lalu, 8 prototipe tembok telah didirikan di perbatasan. Namun kelanjutan proyek pembangunan tersebut masih dipertanyakan oleh banyak politisi mengingat biayanya akan sangat mahal dan Amerika Serikat dianggap tidak memiliki cukup dana untuk mewujudkannya.

2. Melarang kelompok LGBT di angkatan bersenjata Amerika

www.newsweek.com

Pernyataan ini sempat memicu berbagai demonstrasi di Amerika Serikat. Sebagai negara yang telah mengakui pernikahan sesama jenis, pernyataan Trump yang melarang kelompok LGBT untuk menjadi anggota militer ini memancing banyak protes. Meski pernyataan tersebut telah berhasil menimbulkan banyak respon, namun pihak militer Amerika Serikat menyatakan tidak akan menutup pintunya bagi komunitas LGBT di Amerika Serikat dan bahwa pernyataan Trump tersebut sama sekali tidak berdasar.

3. Melarang penduduk dari negara muslim untuk datang ke Amerika dan mendeportasi muslim yang ada di Amerika

abcnews.go.com

Sedari awal, Presiden Trump memang sudah menunjukkan sikap tidak bersahabat terhadap agama islam dan komunitas muslim di seluruh dunia. Ia tidak hanya mengecam aksi terorisme yang dilakukan oleh berbagai organisasi radikal islam, namun juga memusuhi seluruh umat islam dengan memberlakukan larangan bagi 6 negara muslim yaitu Chad, Iran, Libya, Suriah, dan Yaman, untuk masuk ke wilayah Amerika Serikat.

Tidak hanya itu, ia bahkan berwacana untuk mendeportasi seluruh imigran muslim yang ada dan tinggal di Amerika Serikat. Meski wacana deportasi ini tidak terwujud, namun larangan bagi keenam negara muslim tersebut berhasil diberlakukan. Kebijakan Trump ini tidak hanya merugikan bagi keenam negara muslim yang terdampak, namun juga mempromosikan islamofobia di Amerika Serikat.

4. Keluar dari perjanjian Internasional terkait perubahan iklim
lobelog.com

Pada Juni 2017 lalu, Presiden Trump mengumumkan bahwa Amerika Serikat telah memutuskan untuk hengkang dari perjanjian internasional Paris Accord yang menangani persoalan perubahan iklim dunia. Hal ini merupakan kemunduran besar bagi Amerika Serikat dalam bidang lingkungan. Trump melalui tweetnya menyatakan bahwa menurutnya isu perubahan iklim dan pemanasan global hanyalah hoax belaka. Kebijakan Presiden Trump ini jelas mengecewakan bagi banyak pihak dan menuai kontroversi. Akan tetapi tidak ada tanda-tanda bahwa sikap Trump terhadap isu lingkungan ini akan berubah dalam waktu dekat.

5. Mengancam akan memulai perang nuklir dengan Korea Utara
www.dailymail.co.uk

Berita mengenai perseteruan antara Amerika Serikat dan Korea Utara sempat cukup lama mewarnai berbagai media massa internasional. Kedua negara ini telah berseteru dan saling mengeluarkan pernyataan yang mengejek satu sama lain sejak pertengahan tahun lalu. Korea Utara yang berada di bawah pimpinan Kim Jong Un, memang telah kerap mengeluarkan berbagai penyataan yang bernada mengancam sejak dulu. Akan tetapi dengan naiknya Trump ke tampuk kekuasaan, ancaman Kim Jong Un ini tidak lagi dianggap sebagai angin lalu dan dibalas dengan ancaman lainnya pula oleh Presiden Trump.

Hubungan antara kedua negara pun semakin panas, Korea Utara mengancam hendak mengirimkan bom nuklir ke Pulau Guam di Amerika Serikat. Trump membalas ancaman tersebut dengan mengancam untuk ‘menghancurkan’ Korea Utara dan memberlakukan sangsi ekonomi dan diplomatik ketat terhadap Korea Utara.

Gimana menurut kamu dengan langkah-langkah kontroversial Presiden Trump di atas? Apakah kamu setuju? Atau menolak kebijakan-kebijakan tersebut? Bagaimanapun, kini Trump menjabat sebagai presiden dari negara adikuasa, negara yang paling kuat di dunia. Sehingga segala pernyataan dan tindakannya tidak dapat dianggap sepele karena dapat berdampak tidak hanya bagi Amerika Serikat, namun juga bagi negara-negara lain termasuk Indonesia. Duh, ngeri juga ya!

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Wow, Muncul Pulau Baru yang Misterius di Segitiga Bermuda, Tapi Sayang, Dilarang Dikunjungi!

Wow, Muncul Pulau Baru yang Misterius di Segitiga Bermuda, Tapi Sayang, Dilarang Dikunjungi!

Gedung Mau Runtuh Sampai Penuh Kekerasan, Ini 5 Sekolah Paling Bahaya di Dunia!

Gedung Mau Runtuh Sampai Penuh Kekerasan, Ini 5 Sekolah Paling Bahaya di Dunia!

Mengejutkan! 8 Negara Ini Nggak Punya Kekuatan Militer. Gimana Kalau Ada Perang Ya?

Mengejutkan! 8 Negara Ini Nggak Punya Kekuatan Militer. Gimana Kalau Ada Perang Ya?

Kocak Parah! 12 Nama Tempat di Amerika Serikat Ini Bikin Mikir Dua Kali!

Kocak Parah! 12 Nama Tempat di Amerika Serikat Ini Bikin Mikir Dua Kali!

Inilah 5 Dosa Terbesar Amerika Serikat, Mulai dari Tragedi 11 September hingga Penembakan John F. Kennedy

Inilah 5 Dosa Terbesar Amerika Serikat, Mulai dari Tragedi 11 September hingga Penembakan John F. Kennedy

Miris, Laut Karibia Kini Berubah Menjadi Lautan Sampah Plastik!

Miris, Laut Karibia Kini Berubah Menjadi Lautan Sampah Plastik!

loading