Sangat Sempit dan Nggak Manusiawi, Inilah Penjara El Salvador yang Kondisinya Dinyatakan Darurat!

09 Maret 2018
|Galih Wisnu Brata
0SHARES

Mendengar kata penjara, di benak kita pasti yang terpikir adalah ruangan yang sempit dan kebebasan yang terkungkung. Penjara menjadi tempat untuk mengurung orang-orang yang terkena kasus kriminal. Begitu banyak kasus yang mewarnai kehidupan di bui. Ada kasus kekerasan antartahanan maupun kekerasan oleh penjaga terhadap tahanan. Ada juga kasus tahanan yang kabur. Berbeda dengan biasanya, penjara di El Salvador sampai dikategorikan ke dalam kondisi darurat. Kenapa ya?

Sebanyak 7 penjara di El Salvador diumumkan berada dalam kondisi darurat. Kondisi tersebut disebabkan ruang penjara yang terlalu sempit. Jeruji besi yang hanya berukuran belasan meter persegi harus menampung narapidana lebih dari 30 orang. Ukuran ruang tahanan tersebut adalah 4,5 meter tingginya dan 3,5 meter lebarnya. Tak hanya sempit, jarak antarsel pun terlalu dekat sehingga tahanan yang beda sel bisa saling berkelahi. Selain itu, para narapidana banyak yang menderita karena jatah makanan yang tidak memadai.

Penjara di El Salvador ini katanya hanya dirancang untuk ditempati selama 72 jam. Penjara ini khusus untuk menjerat para anggota geng yang merajalela. Di negara ini, geng memang menjamur. Diperkirakan sebanyak 50.000 orang tergabung dalam geng. Geng-geng itu telah membuat warga ketakutan bahkan sampai ada warga yang keluar dari negara bagian Amerika ini. Menurut catatan, sebanyak 6 juta jiwa terbunuh akibat ulah geng-geng tersebut. Karena alasan itulah, El Salvador menjadi salah satu negara dengan tingkat pembunuhan tertinggi di dunia setelah Honduras.

Alasan-alasan tersebutlah yang membuat Kementerian Keamanan dan Keadilan El Salvador tidak bisa membiarkan para geng membabi buta. Penjara super sempit ini dikhususkan bagi para anggota geng tersebut. Para anggota geng dihukum minimal selama 72 jam. Para tahanan di tempat ini adalah mantan anggota geng Mara Salvatrucha (MS-13) dan Barrio 18. Sebanyak 10 ribu anggota kedua geng menghuni lokasi sempit dan kumuh ini.

Dua geng ini telah melakukan gencatan senjata di tahun 2012 hingga 2013. Namun, Juli 2013 terjadi ledakan kekerasan yang diduga disebabkan karena kedua geng bentrok. Untuk itu, pemerintah El Salvador berupaya untuk memindahkan pemimpin kedua geng ke penjara yang jaraknya 25 kilometer dari penjara yang sebelumnya.

Meski para tahanan telah melakukan banyak kejahatan, paling tidak kesehatan dan jatah makan mereka di penjara tetap harus diperhatikan. Apalagi mereka kan hanya tinggal di ruang sempit. Bagaimanapun, mereka kan juga manusia yang harus diperlakukan secara manusiawi terlepas dari kesalahan apa yang telah mereka perbuat. Semoga kondisi di penjara ini dapat segera diperbaiki, ya.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Galih Wisnu Brata
"memahami karena menjalani"
0SHARES