Sangat Memperhatikan Seniman, Pemerintah Meksiko Bolehkan Mereka Bayar Pajak dengan Karya Seni. Keren!

04 Februari 2018
|Pandu Rijal Pasa

Bicara soal pajak, tentu kamu akan langsung terhubung dengan berkurangnya pendapatan bulanan atau tahunan yang harus disetorkan kepada pemerintah. Besarannya memang berbeda-beda bagi setiap negara dan juga dengan berbagai macam pekerjaan yang berbeda-beda. Meskipun sebenarnya pajak yang uangnya dikelola oleh negara ini digunakan untuk kepentingan umum, seperti pembangunan infrastruktur, peningkatan layanan publik, dan sebagainya, ternyata tidak sedikit orang yang masih merasa keberatan dengan kewajiban membayar pajak. Namun ada yang unik dari tanah Amerika, tepatnya di Meksiko. Di negara ini, kamu dibolehkan membayar pajak menggunakan karya seni.

Pemerintah Meksiko memiliki sebuah peraturan yang membolehkan seorang seniman untuk membayarkan pajaknya ke negara melalui karya seni. Kebijakan ini diawali pada 1957 oleh seorang muralis berpengaruh, David Siqueiros, yang membuat permintaan supaya teman-temannya sesama seniman yang terlibat penggelapan pajak dapat melunasi tanggungan mereka dengan karya seni. Sejak itu, pemerintah Meksiko mengumpulkan lebih dari 7000 karya seni yang digunakan sebagai pengganti pajak para seniman lewat program Pago en Especie (pembayaran yang serupa).

Tentu ada standar khusus yang diterapkan oleh pemerintah terkait implementasi program ini, serta ada teknis pelaksanaan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah supaya hasil yang nilai yang didapat oleh pemerintah bisa sebanding dengan biaya yang seharusnya dibayarkan. Meskipun hal ini sebenarnya merupakan sebuah keputusan yang baik hati dari pemerintah, namun pemerintah sendiri sebenarnya menganggap hal ini bukan sebagai jalan keluar, melainkan jalan untuk membantu para seniman sekaligus membangun warisan budaya.

Karya-karya terbaik hasil dari pengumpulan ini akan dipajang di koleksi warisan nasional, yang merupakan sebuah pameran tetap di Meksiko. Sehingga, prestise yang diraih oleh seniman dengan karya terbaik tersebut akan lebih tinggi daripada yang tidak dipajang di dalam pameran tetap tersebut. Sedangkan karya yang lain dipajang di museum serta tempat-tempat umum lainnya. Menariknya, ternyata penerapan dari pajak yang seperti ini mampu memberikan kontribusi yang signifikan pada film serta bentuk seni lainnya di Meksiko lho.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Pandu Rijal Pasa
"Be The Best Version of You"
SHARES