Salut! Inilah 5 Tokoh yang Menjadi Pemimpin dengan Usia di Bawah 30 Tahun

27 Oktober 2017
|Indana Putri
1SHARES

Menjadi seorang pemimpin bukanlah suatu hal yang mudah. Perlu mempertimbangkan bibit, bebet, bobot, serta mengasah kemampuan, baik dari segi intelektual, strategi, maupun mental. Seorang pemimpin haruslah bermental kuat dan berotak cerdas untuk membawa pasukannya menuju kemenangan sehingga membutuhkan waktu yang panjang untuk menempa seseorang menjadi pemimpin yang baik. Tidak heran jika seseorang biasanya baru bisa menjadi pemimpin di usia yang tergolong tua.

Tapi, bagaimana jika ada pemuda yang diangkat menjadi pemimpin? Nyatanya, memang ada, lho! Lima tokoh ini diangkat sebagai pemimpin dengan usia di bawah 30 tahun! Hebat banget kan? Penasaran siapa aja? Yuk, kepoin bareng YuKepo!

1. Jean Claude Duvalier - 19 tahun

Jean Claude Duvalier diangkat menjadi Presiden Haiti menggantikan ayahnya yang telah wafat di usia yang masih terbilang amat muda, yakni 19 tahun! Biasanya, pemuda umur 19 tahun lagi seneng-senengnya party dan ngejar cewek, tapi pria satu ini bisa membuktikan bahwa usia muda tidak lantas membuatmu menjadi kekanakan. Malah dia bisa jadi pemimpin tertinggi di Haiti. Salut!

2. Valentine Esegragbo Melvine Strasser - 25 Tahun

Valentine Esegragbo Melvine Strasser baru saja berulang tahun yang ke-25 saat ia berhasil menggulingkan Presiden Joseph Saidu Momoh dalam kudeta militer di Sierra Leone pada 29 April 1992. Ia sekaligus menjadi pasukan terdepan kelompok tentara revolusi di negara tersebut. Setelah berhasil menggulingkan presiden, ia pun diangkat menjadi Presiden Sierra Leone selanjutnya.

3. Muammar Gaddafi - 27 Tahun

Muammar Abu Minyar al-Gaddafi atau biasa kita kenal sebagai Muammar Gaddafi adalah penguasa otokratis de facto Libya sejak tahun 1969 sampai 2011 setelah merebut kekuasaan dalam kudeta militer. Pada tahun 1963, ia mulai berlatih di Akademi Militer Kerajaan, Benghazi. Pada 1964, Gaddafi mendirikan Komite Pusat Gerakan Perwira Bebas. Muammar Gaddafi memimpin revolusi Al fatah untuk menyingkirkan Raja Idris di tahun 1969. Setelah berhasil menggulingkan kekuasaan Raja Idris, Gaddafi yang telah berpangkat kolonel akhirnya berkuasa dan melancarkan revolusi budaya yang mengandung inti penyingkiran semua ideologi dan pengaruh yang berbau asing, seperti kapitalisme dan komunisme. Ia kemudian mengembangkan masyarakat baru berdasarkan prinsip-prinsip sosialisme Libya dengan semboyan, "Sosialisme, Persatuan, dan Kebebasan".

4. Kim Jong Un - 28 tahun

Siapa yang nggak kenal dengan pemimpin tertinggi Korea Utara yang satu ini? Kim Jong Un dilantik menjadi pemimpin tertinggi di Korea Utara menggantikan ayahnya, Kim Jomg Il, setelah ayahnya wafat. Pada saat dilantik, usianya baru menginjak 28 tahun! Gila ya, di saat lelaki lain galau karena masih jomblo di usia 28, Kim Jong Un malah naik tahta jadi presiden! Nah, hal yang menarik adalah keterpilihan Kim Jong Un sebagai pemimpin Korea Utara tampaknya disambut meriah oleh warga, sedangkan di satu sisi lainnya menyebutkan bahwa kepemimpinan Kim Jong Il dan anaknya ini banyak melanggar HAM karena sering kali melakukan pembunuhan pada orang yang dianggap pembangkang. Pada masa kepemimpinannya, Kim Jong Un juga memiliki strategi serangan nuklir yang akan diluncurkan ke negara tetanganya, Korea Selatan. Waduh, kalau beneran diserang nuklir, kita nggak bisa lagi menikmati wajah tampan oppa-oppa di drama Korea, dong?

5. Yahya Jammeh - 29 tahun

Yahya Abdul-Aziz Jemus Junkung Jammeh adalah mantan Kepala Negara Gambia dari tahun 1994-2017. Sebagai pimpinan, ia mengontrol penuh negaranya di tangan militer saat terjadi kudeta pada Juli 1994 di usianya yang saat itu masih 29 tahun.

Generasi 90-an, sekarang sih harusnya kamu sudah berumur 18-27 tahunan. Nah, kamu sudah jadi pemimpin apa di usiamu yang sekarang?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Indana Putri
Gak Punya Quote Nih!
1SHARES