Pendeta Mormon Beristri 25 Dihukum di Kanada, Inilah 7 Negara yang Melarang Poligami!

www.todayschristianwoman.com

Poligami merupakan hal yang masih mengundang kontroversi, namun dapat dilakukan dengan legal dan diakui oleh pemerintah Indonesia. Tapi ternyata beda halnya dengan yang terjadi di Kanada. Senin lalu, negara yang terletak di benua Amerika ini memutus bersalah Blackmore, seorang pemuka agama Mormon yang terbukti telah menikahi 25 orang perempuan.

Selain Blackmore, seorang pemuka agama Mormon lainnya yang bernama Oler juga diberi hukuman karena menikahi lima orang perempuan secara bersamaan. Kedua pria yang tinggal di wilayah terisolasi bernama Bountiful di British Columbia, Kanada, ini mendapat hukuman yaitu lima tahun penjara.

Meski Blackmore menyatakan bahwa pernikahannya dengan 25 orang perempuan merupakan bagian dari kepercayaan agamanya dan ia tidak melakukan tindakan kriminal karena hanya menjalankan perintah Tuhannya, namun hukum di Kanada telah dengan tegas melarang praktik ini. Berdasarkan peraturan yang diterbitkan pada tahun 2011 lalu, Kanada melarang praktik poligami meskipun sebagai praktik keagamaan. Karena menurut Kanada, pelarangan ini tidak melanggar hak kebebasan beragama yang telah ditetapkan oleh hukum internasional.

Kanada bukan satu-satunya negara yang melarang praktik ini. Banyak negara di dunia tidak mau mengakui pernikahan dimana seorang pria memiliki lebih dari satu istri.

1. Amerika Serikat

www.intellectualtakeout.org

Poligami di Amerika Serikat merupakan praktik yang ilegal di semua negara bagian, namun hukum federal tidak melarangnya. Meski begitu, praktik ini masih dapat ditemukan di Amerika Serikat, tepatnya di kalangan sekte relijius Mormon yang memang menerapkan pernikahan poligami sebagai bagian dari agamanya.

Namun sekte-sekte Mormon ini merupakan sekte yang tertutup dan terisolasi. Selain itu, beberapa muslim di Amerika pun dapat ditemukan melakukan praktik pernikahan dengan istri lebih dari satu ini pula. Bagaimanapun, praktik poligami merupakan sesuatu yang ilegal dan dapat dikenai hukuman berupa denda hingga kurungan penjara, sesuai dengan hukum negara bagian yang berlaku dan situasi dari pelaku poligami tersebut.

2. Belanda

bigthink.com

Di Belanda, praktik pernikahan poligami merupakan praktik yang ilegal untuk dilakukan dan tidak diakui oleh hukum sebagai institusi pernikahan yang sah. Akan tetapi hubungan poligami dapat diakui dalam aturan terkait civil union atau domestic partnership di Belanda. Yang berarti praktik memiliki keluarga dengan lebih dari satu istri dapat dilakukan di Belanda.

3. Romania

www.telegraph.co.uk

Romania termasuk dalam daftar negara yang melarang pernikahan poligami. Pernikahan dan hubungan poligami dapat dikenakan sanksi berupa hukuman penjara hingga dua tahun atau denda. Selain itu, seseorang yang menikahi seseorang yang sudah menikah secara legal di Romania dapat dikenai hukuman hingga satu tahun penjara.

4. Jerman

www.stayathomemum.com.au

Pernikahan poligami di Jerman merupakan hal yang ilegal dan dapat dikenai sanksi berupa hukuman denda atau kurungan penjara hingga tiga tahun. Jerman bahkan meminta para imigran dan pengungsi untuk mengikuti hukum terkait pernikahan dengan istri lebih dari satu tersebut meskipun mereka berasal dari negara yang memperbolehkan praktik poligami seperti Maroko, Suriah, dan Indonesia.

5. Turki
www.mormonism101.com

Berdasarkan Kode Sipil Turki tahun 1926, pernikahan poligami di Turki merupakan tindakan kriminal. Meskipun merupakan negara dengan mayoritas penduduk muslim, namun Turki yang memang merupakan negara sekuler justru menerapkan hukum yang ketat terhadap praktik pernikahan ini. Jika melanggar, dapat dikenai sanksi berupa hukuman penjara hingga maksimal dua tahun. Dan imigran yang memiliki lebih dari satu pasangan dilarang untuk tinggal dan menetap di Turki. 

6. Rusia
onmilwaukee.com

Rusia tidak mengakui pernikahan poligami secara legal. Pernikahan di Rusia hanya dapat dilakukan di antara laki-laki dan perempuan yang keduanya tidak memiliki pernikahan lain secara legal. Akan tetapi karena jumlah pria yang sedikit di Rusia, maka praktik poligami secara de facto banyak ditemukan dan tidak dikenai hukuman meskipun hubungan tersebut tidak sah di mata hukum Rusia.

7. Cina

www.intellectualtakeout.org

Praktik poligami di Cina merupakan praktik yang ilegal berdasarkan hukum pernikahan di Cina yang diterbitkan pada tahun 1980. Sebelumnya, pada tahun 1950, poligami sudah dilarang di Cina oleh pemerintah. Akan tetapi diperbaharui lagi di hukum pernikahan tahun 1980. Meskipun begitu, poligami dalam budaya tradisional Cina banyak ditemukan. Terutama dalam bentuk concubine atau harem dimana seorang pria memiliki banyak istri atau selir. Pelarangan praktik poligami merupakan respon pemerintah modern Cina atas berkembangnya harem di berbagai wilayah di Cina.

Meski poligami merupakan sesuatu yang diperbolehkan menurut agama Islam, namun poligami sendiri dianggap sebagai tindakan ilegal, bahkan kriminal di beberapa negara. Hal ini dikarenakan poligami dianggap merugikan dan tidak dapat diterima secara normatif di negara-negara tersebut. Hmm, jadi kalau ingin berpoligami, hati-hati ya. Bukan hanya izin istri pertama yang harus diperoleh namun juga izin negara.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
4 Tips Menghindari Gangguan yang Biasa Terjadi ketika Naik Bus - Keepodotme

4 Tips Menghindari Gangguan yang Biasa Terjadi ketika Naik Bus - Keepodotme

Punya Hubungan Dengan Anak 14 Tahun, Mahasiswi Ini Didakwa Atas Pemerkosaan

Punya Hubungan Dengan Anak 14 Tahun, Mahasiswi Ini Didakwa Atas Pemerkosaan

Menggunakan Modus Salah Sambung, Om-Om Ini Hanya Bisa Cengengesan Karena Rayuan Gombalnya Ke Penjual Olshop Gagal Total - Keepodotme

Menggunakan Modus Salah Sambung, Om-Om Ini Hanya Bisa Cengengesan Karena Rayuan Gombalnya Ke Penjual Olshop Gagal Total - Keepodotme

Selain Rupawan, Inilah 7 Fakta Tentang Perdana Menteri Kanada yang Bikin Baper

Selain Rupawan, Inilah 7 Fakta Tentang Perdana Menteri Kanada yang Bikin Baper

Memasuki Periode Sagittarius, Begini Karakter Unik Mereka! - Keepodotme

Memasuki Periode Sagittarius, Begini Karakter Unik Mereka! - Keepodotme

Kamu Pasti Nggak Nyangka, Arti Lirik Lagu Despacito Ternyata Sevulgar Ini!

Kamu Pasti Nggak Nyangka, Arti Lirik Lagu Despacito Ternyata Sevulgar Ini!

loading