Merayakan Orang Mati dengan Meriah, Festival Dia de Los Muertos di Meksiko ini Unik!

26 Desember 2017
|Lulu Lukyani
0SHARES

Setelah perayaan Halloween berlalu, ada lagi nih perayaan lain yang juga masih bertemakan horor-horor gitu. Yup! Festival Dia de Los Muertos atau yang dikenal juga dengan Dia Muertos! Kalau yang udah pernah nonton film animasi Books of Life atau Coco, pasti tau dong Dia Muertos ini perayaan apa. Dia Muertos ini adalah perayaan hari kematian yang berasal dari Meksiko.

Kedengerannya emang agak serem ya. Tapi jangan salah, Dia Muertos ini dirayakan dengan sangat meriah lho. Setiap perayaannya, warga Meksiko akan memakai kostum warna-warni dengan berbagai atribut dan juga wajah yang dirias menyerupai tengkorak. Duh, daripada makin penasaran kaya gimana sih perayaan Dia Muertos di Meksiko, mending langsung aja kepoin ulasan dan foto-fotonya yuk!

Dia de Los Muertos atau day of the dead adalah tradisi khas Meksiko yang dirayakan setiap bulan November. Tanggal 1 November adalah Dia de Los Angelitos, yakni perayaan untuk arwah anak-anak, dan tanggal 2 November adalah Dia de Los Difuntos, perayaan untuk arwah orang dewasa.

 

Kegiatan dalam perayaan Dia Muertos ini antara lain membersihkan makam dan menghiasnya, seperti meletakkan mainan di makam anak-anak, dan meletakkan perhiasan atau botol-botol minuman di makam orang dewasa.

 

Sementara itu, di rumah-rumah, keluarga akan membuat altar dan menghormati orang yang telah meninggal dengan roti manis, makanan kesukaan, foto, bunga marigold (bunga kematian), air tawar, pernak-pernik, dan gula yang berbentuk tengkorak (sugar skull).

 

Ada juga makanan yang khusus dibuat untuk menyambut orang yang sudah meninggal. Jenis makanannya biasanya adalah gula-gula berbentuk tengkorak, permen labu, dan roti telur manis atau pan de muerto (roti kematian).

 

Nah, perayaan Dia Muertos gak berhenti di situ, guys. Ada banyak kegiatan untuk memeriahkan Dia Muertos yang biasanya diadakan di jalan-jalan atau di lapangan terbuka. Masyarakat Meksiko akan berdandan semeriah mungkin dengan merias wajah menyerupai tengkorak dan mengenakan baju tradisional yang warna-warni.

Liat aja nih fotonya! Jauh dari kesan seram kan? Karnaval yang ramai, berbagai pertunjukkan budaya Meksiko, sampai booth face painting juga ada lho buat wisatawan yang pengen ikutan merias wajah ala tengkorak. Seru banget ya?

 

Gak cuma meriah, Dia Muertos ini juga dipenuhi dengan kehangatan keluarga. Festival Dia Muertos ini dijadikan sebagai momen untuk menghormati arwah para leluhur yang sudah meninggal, penyambung tradisi keeratan hubungan antar anggota keluarga, dan juga menjadikan keluarga sebagai prioritas utama.

Seru dan unik banget kan festival Dia Muertos ini? Siapa bilang yang berhubungan dengan kematian itu selalu menyeramkan. Buktinya, masyarakat Meksiko bisa menjadikan momen mengenang kepergian orang-orang yang sudah meninggal dengan cara yang sangat meriah tapi tetap sakral dan penuh makna.

 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Lulu Lukyani
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES