Menyimpan Banyak Hal Penting, Inilah 9 Tempat dengan Pengamanan Paling Ketat di Dunia!

www.yukepo.com

Di dunia yang semakin banyak prahara ini, pengamanan adalah kebutuhan. Apa pun itu, sekarang butuh pengamanan. Bahkan, kita sendiri pun harus pintar “mengamankan” diri sendiri dari segala sesuatu yang tidak-tidak. Pengamanan memang sudah wajar, tapi ternyata ada lho yang saking pentingnya, pengamanan super ketat menjadi kebutuhan yang mutlak bagi beberapa lembaga dan tempat tertentu. Pengamanan bahkan tidak cukup dengan pasukan bersenjata saja, tetapi penguatan keamanan dari segi lainnya juga. Nah, kali ini YuKepo akan ulas deh sembilan tempat dengan tingkat pengamanan paling tinggi di dunia. Yuk, simak satu-satu!

1. Kompleks Gunung Cheyenne di Colorado, AS

www.csindy.com

Kompleks ini adalah bungker militer dengan pengamanan tingkat tinggi. Kompleks yang dulu digunakan sebagai markas Komando Pertahanan Ruang Angkasa Amerika Utara ini dijaga ketat dan bangunannya juga sangat kuat. Bungker dibangun di bawah 2.000 kaki lapisan granit dengan rancangan bangunan anti-nuklir yang dapat menangkis 30 megaton ledakan nuklir.

2. Sungai Tumen di jalur perbatasan Cina, Korea Utara, dan Rusia

www.cntraveler.com

Sebagai pintu gerbang perbatasan antara tiga negara, wilayah Sungai Tumen selalu dijaga ketat oleh pasukan militer Korea Utara. Salah satu alasan utamanya adalah bahwa sungai sepanjang 521 km ini dulu sering dijadikan sebagai jalur warga Korea Utara yang hendak melarikan diri ke Cina. Konon, para tentara yang berjaga tak segan-segan menembak langsung jika ada warga yang tertangkap hendak kabur dengan melewati sungai ini.

3. Bank benih tanaman di Svalbard, Norwegia

atlasofthefuture.org

Di dekat kutub utara,  tepatnya di Svalbard,  Norwegia, terdapat sebuah bangunan khusus yang menyimpan berbagai jenis benih tanaman yang ada di dunia. Selain untuk terus melestarikan berbagai spesies tanaman di muka bumi, bank benih tanaman bernama Svalbard Global Seed Vault ini juga berfungsi sebagai cadangan untuk memenuhi persediaan pangan di masa depan jikalau dunia dilanda wabah kelaparan. Agar dapat bertahan dalam jangka panjang, benih-benih tanaman disimpan dalam suhu -18°C. Selain itu, untuk menghindari risiko lainnya, dinding bangunan terbuat dari beton yang sangat kuat.

4. Bank Federal Reserve New York, AS
www.zdnet.com

Sebagai bank yang menyimpan sekitar 25% emas dunia, bank ini dilindungi dengan sistem pengamanan super. Dinding ruangan penyimpanan emasnya dibangun dari besi seberat 90 ton dan berkerangka tulang baja seberat 140 ton. Kamera dan sensor gerak ada di mana-mana. Lingkungan bank dijaga oleh pasukan bersenjata dan para penembak jitu yang mumpuni. Dijamin bikin siapa pun yang mau macam-macam mati nyali duluan.

5. Gedung Putih, AS
odishatv.in

Sebagai rumah dan kantor kepresidenan para Presiden Amerika Serikat, tentu saja Gedung Putih dilengkapi dengan sistem pengamanan yang luar biasa. Petugas bersenjata lengkap selalu ada 24 jam di lingkungan gedung. Di bagian atas gedung, penembak jitu pun selalu mengamati keadaan. Kaca gedung terbuat dari bahan antipeluru. Kamera dan sensor inframerah juga sudah pasti terpasang di sana-sini.

6. Fort Knox di Kentucky, AS

commons.wikimedia.org

Fort Knox atau US Bullion Depository adalah bangunan yang menyimpan cadangan emas di Amerika Serikat dan dokumen-dokumen bersejarah. Bangunan yang satu kompleks dengan pangkalan militer Angkatan Darat Amerika Serikat ini sudah tentu dijaga ketat. Dindingnya pun terbuat dari beton dengan pintu yang mampu menangkis peledak berkekuatan 22 ton.

7. Zona demiliterisasi Korea di perbatasan antara Korea Selatan dan Korea Utara

www.straight.com

Zona sepanjang 248 km dan lebar 4 km ini berada di jalur yang tepat membelah Semenanjung Korea menjadi dua, Korea Selatan dan Korea Utara. Saking banyaknya militer yang menjaganya, zona ini menjadi perbatasan yang paling dijaga dan berbahaya. Penduduk dilarang menyeberang antarnegara dan hanya orang tertentu dengan izin khusus saja yang boleh memasuki zona ini.

8. Penjara ADX Florence Supermax di Colorado, AS

www.dailymail.co.uk

Terletak di Florence, Colorado, penjara ini disebut-sebut sebagai penjara atau lembaga permasyarakatan dengan tingkat pengamanan terbaik di dunia. Ya memang sudah seharusnya kalau pengamanannya benar-benar ekstra karena para narapidana yang ada di sini adalah para penjahat “terbaik” Amerika dan kelas dunia. Selain para sipirnya yang profesional, penjara ini memasang berbagai sistem keamanan digital di setiap sudut tempat. Ruangan narapidana dibuat kedap suara dan semua fasilitas di dalamnya terbuat dari beton. Bener-bener berat diterjang buat kabur.  

9. Area 51 di Nevada AS
www.20minutos.es

Wilayah yang terkenal penuh rahasia ini adalah pangkalan militer Amerika Serikat yang sangat dijaga ketat. Saking ketatnya, pesawat, termasuk pesawat militer sekalipun, tidak boleh melintasi zona Area 51. Oleh karena saking tertutupnya, banyak spekulasi dan teori konspirasi yang diarahkan pada Area 51. Teori konspirasi yang paling populer adalah teori yang menduga kuat bahwa Area 51 adalah pusat penelitian UFO. Per tahun 2013, CIA akhirnya sedikit buka suara dengan mengumumkan proyeknya yang akan dilaksanakan di Area 51, tapi tetap saja rincian jelasnya tetap dirahasiakan.

Kebanyakan ada di Amerika, ya. Wajar juga sih karena negara adikuasa seperti Amerika pasti memiliki banyak tempat yang sangat penting yang membutuhkan pengamanan ekstra ketat. Bisa jadi contoh nih sistem pengamanannya kalau esok Indonesia akan membangun tempat yang sangat penting dan aman dari berbagai risiko yang mungkin bisa ditimbulkan.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Sangat Memperhatikan Seniman, Pemerintah Meksiko Bolehkan Mereka Bayar Pajak dengan Karya Seni. Keren!

Sangat Memperhatikan Seniman, Pemerintah Meksiko Bolehkan Mereka Bayar Pajak dengan Karya Seni. Keren!

Crooked Hillary hingga Little Rocket Man, Inilah Panggilan Nyeleneh Trump untuk Rival Politiknya

Crooked Hillary hingga Little Rocket Man, Inilah Panggilan Nyeleneh Trump untuk Rival Politiknya

Disebut Ganas dan Menakutkan, Ada Apa Sebenarnya di Pulau Tiburon, Meksiko? Ini Jawabannya!

Disebut Ganas dan Menakutkan, Ada Apa Sebenarnya di Pulau Tiburon, Meksiko? Ini Jawabannya!

Kisah Danau Titicaca, Danau di Atas Pegunungan Andes dengan Harta Karun di Dalamnya!

Kisah Danau Titicaca, Danau di Atas Pegunungan Andes dengan Harta Karun di Dalamnya!

Punya Gunung Berapi dengan Ketinggian 13 Meter, Inilah 5 Fakta Mengejoedkan Negara Meksiko!

Punya Gunung Berapi dengan Ketinggian 13 Meter, Inilah 5 Fakta Mengejoedkan Negara Meksiko!

Dari Gangguan Mental Hingga Sifilis, Berikut 8 Perkiraan Penyakit Donald Trump. Duh, Serem!

Dari Gangguan Mental Hingga Sifilis, Berikut 8 Perkiraan Penyakit Donald Trump. Duh, Serem!

loading