Mengejutkan, 7 Makanan Khas Amerika Ini Ternyata Tidak Berasal dari Amerika

15 Juni 2017
|Romlah Sundari
0SHARES

Sebagai benua yang kebanyakan penduduknya berasal dari Eropa dan benua-benua lainnya, Amerika menjadi negara yang kaya akan berbagai budaya dan tradisi. Namun hal ini juga berarti bahwa budaya yang ada di Amerika adalah budaya yang diadaptasi dari budaya lain. Amerika hanya memiliki sedikit sekali artikel budaya yang otentik berasal dari Amerika. Begitu juga dengan makanan yang ada di Amerika. Meski kita dapat menyebut berbagai makanan khas dari negara ini, namun ternyata tidak semua makanan khas Amerika berasal dari Amerika. Penasaran? Simak daftar di bawah ya.

1. Hotdog

Hah? Hotdog tidak berasal dari Amerika? Tapi, apa jadinya Amerika tanpa makanan satu ini? Ya, Hotdog bukanlah makanan yang berasal dari Amerika meski ia menjadi bagian dari identitas Amerika dan sangat populer di sana. Hotdog sebenarnya berasal dari Frankfurt, Jerman. Meski memang Amerika menambahkan roti agar lebih mudah dalam memakan daging hotdog, namun tetap saja Amerika tidak dapat dikatakan sebagai negeri kelahiran Hotdog. Jadi tidak mengherankan ketika daging hotdog kerap disebut sebagai Frankfurter atau Wiener, bukan?

2. Pie Apel

Kesalahpahaman lainnya adalah Pie Apel. Meski kerap kali disebut sebagai American Apple Pie, namun pie apel tidak diciptakan di Amerika. Pie apel merupakan makanan yang sudah dibuat di Inggris sejak abad ke-14. Namun wajar saja jika pie apel masuk ke Amerika, mengingat memang Inggris adalah negara pertama yang memasuki benua Amerika dan mengusir pribumi indian di Amerika. Rupanya, pie apel adalah salah satu budaya yang hingga kini masih dilestarikan di Amerika dari generasi ke generasi. Tapi dengan kelezatan yang seperti itu, siapa pula yang tidak mau melestarikan keajaiban pie apel?

3. Bacon

Bacon adalah salah satu makanan favorit orang Amerika. Mereka menganggap bacon sebagai makanan dewa dan mengonsumsinya tanpa lelah. Bahkan mereka menciptakan berbagai kreasi bacon dari yang masuk akal hingga tidak masuk akal seperti brownies bacon. Terlepas dari popularitas dan kecintaan orang Amerika akan bacon, makanan yang satu ini adalah produk yang sudah ada sejak zaman kejayaan kekaisaran Roma dan jelas tidak diciptakan di Amerika.

4. Mustard

Salah satu saus kecintaan masyarakat Amerika ini ternyata tidak berasal dari Amerika. Biji Mustard sebenarnya telah digunakan untuk membumbui daging sejak zaman batu dan diolah ke dalam bentuk saus oleh rakyat Mesir dan Roma. Jauh sebelum benua Amerika sendiri ditemukan. 

5. Ayam Goreng Tepung

Apakah selama ini kita telah didustai oleh Kolonel Sanders? Ia bukan penemu ayam goreng yang dicintai di seluruh dunia ini? Sayangnya ya, Kolonel Sanders bukanlah yang pertama kali menciptakan makanan super lezat ini. Kenyataannya, ayam goreng tepung pertama kali dibuat dan disajikan di Skotlandia. Bahkan sebelum memasuki Amerika, berbagai negara telah lama menikmati kelezatan hidangan yang satu ini.

6. Hamburger

Berapa dari kita yang berpikir bahwa Hamburger berarti Burger yang terbuat dari Ham? Ternyata ini adalah sebuah miskonsepsi semata, karena Hamburger berasal dari kata Hamburg yang merupakan nama kota di Jerman. Orang Amerika begitu mencintai hamburger dan berhasil mempopulerkan hamburger hingga ke seluruh dunia melalui franchise restoran-restoran cepat sajinya. Maka tidak heran jika semua orang mengira hamburger berasal dari Amerika. 

7. Doughnut

Lagi-lagi, salah satu makanan yang dipopulerkan melalui berbagai restoran cepat saji Amerika ternyata bukan makanan asli Amerika. Donat berasal dari Belanda dan awalnya disebut dengan OlyKoeks yang berarti ‘kue minyak’. Amerika mengadopsi camilan manis yang satu ini dan mengubah namanya menjadi Doughnut.

Ya, There’s nothing new under the sun, tidak ada hal yang baru di bawah matahari. Budaya kita merupakan hasil turunan dan percampuran antara satu budaya dengan lainnya. Karena itu, budaya yang seringkali ada di satu negara ternyata juga ada di negara lain. Mungkin itu alasannya kenapa kita lihat Tari Bali dan Reog Ponorogo dalam iklan pariwisata Malaysia. Karena budaya Indonesia dan Malaysia memang berasal dari satu sumber yang sama yaitu budaya melayu. Jadi, jangan cepat tersulut ketika negara lain memiliki budaya yang mirip-mirip dengan budaya Indonesia. Telaah lebih lanjut, apakah negara itu memang berasal dari satu akar budaya yang sama dengan kita atau tidak.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Romlah Sundari
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES