Lebih Sepi dari Malam Minggumu, Kota Monowi Ini Hanya Dihuni Satu Orang Saja!

28 Februari 2018
|Pandu Rijal Pasa
251SHARES

Kota merupakan sebuah wilayah yang cukup luas dengan penduduk yang seharusnya tidak sedikit. Di Indonesia sendiri, sebuah kota setidaknya terdiri dari sekitar 30 ribu jiwa. Selain dari jumlah penduduknya, sebuah kota tentu identik dengan sistem pemerintahan yang matang serta fasilitas publik yang memadai. Namun, hal berbeda terjadi di Amerika Serikat, dimana ada sebuah kota di sana yang hanya memiliki satu orang penduduk saja. Ya, satu orang penduduk perempuan.

Tempat yang sepi itu bernama Monowi, sebuah kota yang berada di wilayah Nebraska, Amerika Serikat. Kondisi ini sudah diakui negara melalui sensus penduduk resmi yang dilakukan pada 2010 lalu. Dan, satu-satunya penduduk di kota ini bernama Elsie Eiler yang berusia 84 tahun. Ia tinggal di dalam rumah berjalan yang berlokasi di sebuah kedai minum yang merupakan satu-satunya lokasi bisnis yang tersisa di Monowi.

Sebelumya, Elsie ditemani oleh suaminya, Rudy Eiler, yang meninggal di tahun 2004. Pasca kepergian suaminya itulah ia menjadi satu-satunya penduduk disana dan kemudian merangkap sebagai pustakawan, pegawai, bendahara dan juga walikota. Tidak heran jika setiap tahunnya, Elsie memasang papan pengumuman pemilihan walikota di bar miliknya, memilih dirinya sendiri dan selalu mengumumkan kemenangan dirinya di setiap pemilihan.

Supaya tetap mendapat anggaran dana dari negara bagian, Sang Walikota harus membuat anggaran dana tahunan dan mengumpulkan pajak sebesar USD 500 untuk menjaga air dan listrik tetap menyala disana. Lalu dimana ia mendapat pajak? Darimana lagi jika bukan dari kantong pribadinya. Sehingga, setiap tahun, sebagai sekretaris Elsie mengambil dokumen perizinan menjalankan kedainya, menandatanganinya dengan kapasitas sebagai pegawai pemerintah serta memberikan kepada dirinya sendiri sebagai pemilik bar. Meskipun begitu, ia mengaku bahagia masih dapat menetap di tanah kelahirannya di Monowi.

Pada 1930-an, Monowi sebenarnya merupakan kota yang tidak sesepi sekarang dengan adanya Stasiun Kereta Api Elkhorn. Saat itu tercatat ada sekitar 150 orang yang tinggal di sana. Namun perang dunia kedua ternyata mampu memperparah kondisi kota dan meruntuhkan ekonomi pedesaan. Sehingga, satu per satu penduduk Monowi pergi dan tinggal menyisakan Elsie yang sampai saat ini masih tinggal sendiri di tempat tersebut, merangkap berbagai peran dan memerintah Monowi sebatang kara.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Pandu Rijal Pasa
"Be The Best Version of You"
251SHARES