Inilah Kehidupan Presiden-presiden di Amerika Setelah Berhenti Menjabat

17 Juni 2017
|Romlah Sundari
757SHARES

Menjadi presiden adalah pekerjaan yang menuntut banyak sekali waktu dan tenaga. Mereka harus mengkhawatirkan segala sesuatu yang terjadi baik di dalam maupun di luar negaranya. Setiap detik mereka dituntut untuk selalu siap sedia karena jutaan nyawa rakyatnya berada di bawah pimpinan mereka. Pekerjaan ini akan menyita seluruh kehidupan seseorang.

Karena itu, ketika seorang presiden telah berhenti dari masa jabatannya, terjadi perubahan yang sangat signifikan dan mungkin traumatis dalam kehidupannya. Karena sebagian besar porsi hidupnya dalam beberapa tahun terakhir telah ia dedikasikan untuk mengurus suatu negara dan tiba-tiba wewenang itu tidak lagi ia miliki. Terlebih bagi para presiden Amerika Serikat. Sebagai negara adikuasa, Presiden di Amerika Serikat tentu memiliki pekerjaan yang lebih kompleks dan lebih padat. Lalu bagaimana kehidupan Presiden Amerika Serikat setelah masa jabatannya? Ini dia jawabannya.

Dwight D Eisenhower

 

Setelah masa jabatannya berakhir, Presiden Amerika Serikat ke-34 ini memutuskan untuk pensiun dan pindah ke sebuah peternakan di Gettysburg, Pennsylvania. Ia menjalani masa pascajabatannya dalam damai bersama istrinya. Tidak hanya beternak, Eisenhower juga senang menghabiskan waktunya dengan melukis dan melancong. Namun ia juga tidak benar-benar keluar dari ranah perpolitikan, karena mantan presiden yang satu ini masih kerap memberikan nasihat kepada presiden-presiden penerusnya seperti John F. Kennedy dan Lyndon B. Johnson. Eisenhower akhirnya tutup usia pada tahun 1969 karena kesehatannya yang sudah memburuk. Di ranjang kematiannya, ia ditemani oleh istri dan anak-anaknya hingga ajal menjemput.

Richard M Nixon

 

Presiden Amerika Serikat ke-37 ini tidak turun dari jabatannya secara baik-baik. Ia mengundurkan diri dari posisinya sebagai presiden setelah tersandung skandal Watergate, dimana Nixon dan beberapa rekannya dituduh terlibat dalam aksi pembobolan kantor partai politik Demokrat di kompleks Watergate. Ia turun dari jabatannya dengan membawa banyak hutang untuk pembelaan dirinya dalam persidangan skandal Watergate. Kepulangannya ke California tidak membawa kebahagiaan bagi Nixon. Ia justru terjatuh dalam depresi karena ia tidak tahu apa yang kini harus dilakukannya. Fisik Nixon juga mengalami kemunduran hingga ia harus melewati beberapa kali operasi dan menghabiskan banyak waktunya di rumah sakit. Namun Nixon bukan laki-laki yang mudah menyerah, ia berusaha untuk mengembalikan posisinya. Ia berhasil membayar seluruh hutang-hutangnya dengan menjual buku memoir nya yang berhasil menjadi best seller dan dengan menjadi tamu pembicara di berbagai negara. Nixon juga kembali menunjukkan dirinya di ranah politik dengan memberikan berbagai nasihat terkait politik luar negeri kepada berbagai tokoh politik. Ia juga banyak menulis buku mengenai hubungan luar negeri. Nixon Presidential Library akhirnya didirikan pada tahun 2007 di Yorba Linda, California yang memuat seluruh dokumen selama masa pemerintahannya. Mantan Presiden Amerika Serikat ini akhirnya tutup usia pada tahun 1994 karena penyakit stroke dan berbagai komplikasi lainnya.

Jimmy Carter

 

Kehidupan Jimmy Carter masa pascajabatannya ini menjadi panutan masa pensiun yang ideal. Ia aktif dalam berbagai aktivitas dan gerakan kemanusiaan baik di dalam maupun di luar negeri. Mantan Presiden Amerika Serikat ke-39 ini mendirikan Carter Presidential Center yang berfokus pada isu-isu mengenai demokrasi dan hak asasi manusia pada tahun 1982. Ia juga bergabung dalam organisasi Habitat for Humanity International, sebuah organisasi sosial yang bertujuan untuk menyediakan rumah bagi orang-orang yang membutuhkan di seluruh dunia. Selain aktif dalam berbagai kegiatan sosial dan amal, Carter juga menulis beberapa buku dan memoir.

George W. Bush

 

Mantan Presiden Amerika Serikat ke-43 ini meski turun dari posisi kekuasaan dengan baik-baik, namun ia tidak meninggalkan reputasi yang baik. Ia dikenal sebagai Presiden yang bertanggung jawab atas kengerian yang terjadi di perang Afghanistan dan perang Irak. Dua peperangan yang lantas ia wariskan kepada Presiden penerusnya, Obama. Meski begitu, Bush tidak menyesali satupun keputusannya dan menjalani masa pensiunnya dengan tenang. Bersama istrinya, Bush pindah ke Dallas, Texas, dan menjalankan hidup bermasyarakat layaknya warga negara biasa. Ia menjauhi kehidupan politik meski masih menjadi pembicara berbayar di berbagai kesempatan. Seperti presiden Amerika Serikat lainnya, Ia juga mendirikan The George W. Bush Presidential Center yang berisikan perpustakaan dan museum untuk mengingat masa pemerintahannya dan meneruskan diskusi mengenai berbagai kebijakan terkait politik dalam negeri. Selain menikmati hidup tenang, Bush juga aktif dalam berbagai kegiatan sosial dan amal. Beberapa buku dan memoir juga ditulis oleh Bush selama masa pensiunnya.

Obama

 

Mantan presiden Amerika Serikat terakhir ini kini terlihat menjalani masa pascajabatannya dengan tenang di Washington bersama istri dan anak-anaknya. Ia menjaga kehidupannya agar tak mencolok meski cukup susah mengingat ia masih hidup dekat dengan white house dan Presiden Amerika Serikat sekarang, Donald J. Trump masih sering menyeret nama Obama ke publik dengan menyalahkan berbagai kebijakan lampau Obama. Untuk melepaskan diri dari wartawan dan para politisi, Obama kerap pergi berlibur dengan istrinya. Ia telah mendatangi Hawaii, kepulauan Karibia, dan Palm Spring. Namun desas-desus beredar bahwa Obama masih akan meneruskan karir politiknya bersama Partai Demokrat. Ia juga kini sedang menulis sebuah memoir mengenai kehidupannya sebagai presiden.

Kehidupan Presiden Amerika Serikat pascakepemimpinannya ternyata tidak melulu menyenangkan. Mereka mengalami berbagai tantangan dan harus beradaptasi dengan hidup yang baru lagi. Namun sebagai tokoh hebat, mantan Presiden Amerika Serikat berhasil menjawab tantangan yang ada dan membuktikan bahwa kehidupan pascakepresidenan masih bisa membawa manfaat bagi khalayak luas. 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Romlah Sundari
Gak Punya Quote Nih!
757SHARES