Inilah Deretan Fakta Mengejutkan tentang CIA yang Bikin Kamu Serasa Diawasi

24 Agustus 2017
|Atik Kencana S.
0SHARES

Siapa sih yang gak kenal dengan CIA (Central Intelligence Agency)? Badan intelijen asal Amerika Serikat ini emang sering banget tampil di beberapa film Hollywood. Nyatanya gak cuma kemunculannya di film yang bikin kita kagum dengan aksi investigasinya. Sebenarnya, seperti itulah yang terjadi di dunia nyata. Lembaga intelijen yang dibentuk pada tanggal 18 September 1947 ini memang memiliki fungsi utama untuk mengumpulkan informasi mengenai pemerintah asing, perusahaan, maupun individu. Selain mengumpulkan, mereka juga menganalisis rangkaian informasi tersebut. Setiap informasi yang dicari dan didapat memang bersifat rahasia, makanya cara kerja CIA ini kurang lebih seperti mata-mata, persis kayak di film-film.

Keren? Memang keren. Soalnya sedari kecil kita memang sering dibuat kagum dengan kinerja para mata-mata di dunia. Mulai dari Detektif Conan hingga kiprah para anggota CIA dan lembaga intelijen lainnya. Namun, di balik deretan aksi CIA mencari dan menganalisis informasi yang keren dan penuh aksi heroik, nyatanya banyak fakta mengejutkan di balik lembaga intelijen asal Negeri Paman Sam ini. Penasaran seperti apa saja fakta mengejutkannya? Yuk, langsung aja kepoin bareng YuKepo!

1. Menghancurkan Guatemala demi perusahaan buah

United Fruit Company merupakan perusahaan dagang Amerika yang berfokus pada perdagangan dan pengelolaan buah, terutama pisang yang ada di Guatemala. Sayangnya, dalam pengelolaan operasionalnya, perusahaan ini banyak melakukan kecurangan hingga di kemudian hari pemerintah Guatemala menganggap perusahaan ini membahayakan.

CIA cepat menanggapi hal tersebut. CIA kemudian membuat skenario busuk dengan tujuan menggulingkan roda pemerintahan pada saat itu. Mereka melakukan propaganda anti-komunis. Cara ini berhasil, perusahaan buah itu pun tetap bertahan.

2. CIA memiliki buku tata cara melakukan penyiksaan

Badan intelijen sekelas CIA pasti selalu berusaha agar operasinya berjalan dengan lancar. Ternyata para agen CIA dibekali banyak sekali buku mengenai tata cara dan deskripsi pekerjaan. Dalam buku tersebut tidak hanya terdapat cara mencari informasi atau tata cara pakai senjata. Siapa sangka bahwa dalam buku tersebut juga dibahas mengenai cara menyiksa yang baik dan benar. Tidak hanya penyiksaan dengan alat, penyiksaan psikologis juga dijelaskan dalam buku tersebut.

3. Pernah memberikan kondom raksasa untuk menghina Rusia

Rivalitas antara Amerika Serikat dan Rusia memang sudah terjadi sejak sekian lama. CIA juga sering dilibatkan dalam ketegangan di antara dua negara adidaya ini. Salah satu caranya adalah memancing kemarahan masyarakat Rusia dengan cara menghina. Penghinaan tersebut dilakukan tidak hanya secara verbal. CIA pernah dimandatkan untuk mengirimkan alat kontrasepsi pria ukuran jumbo ke Rusia. Hal tersebut merupakan simbol yang mengatakan bahwa pria Amerika lebih jantan daripada pria Rusia.

4. CIA pernah salah tangkap

Tidak hanya manusia biasa, agen intelijen hebat sekelas CIA juga pernah melakukan kesalahan. Kali ini CIA melakukan kesalahan yang lumayan fatal. Pada tahun 2003, CIA menangkap seorang warga negara Jerman. Korban penangkapan ini kemudian dianiaya dan menerima perlakuan yang paling tidak menyenangkan dari CIA. Namun ternyata, warga negara Jerman ini bukanlah orang yang diincar oleh CIA. Korban kemudian dilepaskan oleh CIA tanpa minta maaf dan bahkan tanpa ganti rugi.

5. CIA pernah menukar pil biru dengan informasi

CIA memang setiap harinya berkutat dengan informasi yang berharga. Saking berharganya informasi tersebut, CIA rela membayarnya dengan nominal berapa pun. Namun ternyata, uang tidak selamanya bisa membeli informasi, seperti yang terjadi di Afghanistan. Para informan di Afghanistan lebih memilih untuk menukar informasinya dengan pil biru yang merupakan obat disfungsi ereksi. Kegunaannya paham lah, ya?

6. CIA merekrut mantan anggota Nazi

Setelah Perang Dunia II berakhir, banyak anggota Nazi yang dibantai. Namun, masih menyisakan beberapa anggota Nazi yang lebih memilih untuk bergabung dengan satuan militer negara lain seperti beberapa eks Nazi yang direkrut oleh CIA. Tentunya CIA mencari keuntungan tersendiri dengan merekrut para eks Nazi ini, di antaranya adalah membuat eksperimen pengendali pikiran.

7. CIA memantau sekitar 5 juta tweet perhari

Tentu saja sebagai badan spionase, CIA bertugas untuk menjaring informasi. Mereka memang bisa melakukan apa pun demi mendapatkan informasi, termasuk dengan cara membaca jutaan tweet tiap harinya. Mereka kerap menjaring informasi dari aktivitas para pengguna Twitter dengan cara men-stalking-nya. Makanya, hati-hati ya kalau mau tweet sesuatu.

Nah, itulah tadi serangkaian fakta gila yang dimiliki oleh CIA. Lembaga intelijen memang harus memiliki daya pikir ribuan langkah dibandingkan dengan orang biasa. Jadi, kalau kagum dengan CIA, jangan penuh-penuh, ya. Banyak dari operasi mereka yang bikin ricuh juga soalnya. Kasian kan korbannya?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Atik Kencana S.
"Semper Fi"
0SHARES