Dilengkapi dengan Fasilitas yang Canggih, Inilah Water Park Pertama untuk Para Penyandang Disabilitas

20 Juni 2017
|Olphi Disya
0SHARES

Ada sebagian dari kita yang mungkin agak sulit menikmati serunya main air di water park yang ada. Salah satunya adalah para penyandang disabilitas atau anak-anak berkebutuhan khusus. Banyak water park yang nggak didesain khusus untuk mereka atau bahkan, minim fasilitas yang bisa membantu mereka menikmati serunya bermain di water park. Entah itu karena areanya nggak aman untuk mereka yang berkursi roda, nggak ramah untuk anak dengan down syndrome, atau mungkin area bermain yang nggak dilengkapi dengan alat bantu bagi para tunanetra. Tapi, kini telah hadir water park yang khusus didesain untuk para penyandang disabilitas, terutama anak-anak, lho. Di mana ya?

Water park yang ramah bagi para penyandang disabilitas ini bernama "Morgan’s Inspiration Island" di Texas, Amerika Serikat. Nyatanya, water park ini merupakan yang pertama dan satu-satunya di dunia yang memfasilitasi orang dewasa dan anak-anak berkebutuhan khusus untuk dapat menikmati water park di musim panas. Water park ini adalah bagian dari "Morgan's Wonderland", sebuah taman hiburan yang dapat diakses di San Antonio yang dibuka pada tahun 2010. Pemiliknya, yaitu Gordon dan Maggie Hartman menamainya demikian untuk menghormati putri mereka, Morgan, yang memiliki cacat fisik dan kognitif. Jadi, nama "Morgan’s Inspiration Island" artinya adalah sebuah ‘pulau’ yang terinspirasi dari Morgan.

Supaya kursi roda para pengunjung nggak rusak, water park ini menyediakan kursi roda khusus yang didesain untuk tahan air dan didukung oleh udara bertekanan bukan baterai. Kursi ringan - yang memiliki berat sekitar setengah dari kursi listrik normal - dibagikan secara gratis pada loket pelayanan ketika masuk. Wadah air dan kursi roda manual juga tersedia. Fitur lainnya, termasuk kontrol suhu air pun disediakan di sini sehingga pengunjung yang sensitif terhadap dingin tetap dapat menggunakan wahana-wahana ini. Selain itu, di sini juga disediakan area yang sepi bagi mereka yang peka terhadap kebisingan dan gelang berteknologi tinggi yang dirancang untuk menemukan pengunjung yang mungkin asik bereksplorasi. Bahkan, airnya selalu disaring dan diedirkulasi agar ramah lingkungan sekaligus sesehat mungkin.

Oh iya, water park ini sebenarnya nggak hanya khusus untuk para penyandang disabilitas, tapi juga dibuka untuk umum. Namun, yang membuatnya berbeda adalah pelayanan dan fasilitas yang ramah bagi orang-orang berkebutuhan khusus. Harga tiket masuk regulernya adalah 17 USD (US Dollar) untuk dewasa dan 11 USD untuk anak-anak, tapi untuk mereka yang menyandang disabilitas nggak dikenakan harga tiket masuk alias gratis, lho! Saat ini, water park "Morgan’s Inspiration Island" dibuka hingga pertengahan Agustus, yaitu pada musim panas tahun ini. Setelahnya, akan dibuka saat akhir pekan sepanjang tahun.

Gimana? Keren banget ya desain water park-nya! Terlebih lagi tujuan dari pembuatan water park ini begitu mulia karena ingin membantu teman-teman penyandang disabilitas untuk bisa merasakan serunya main air di musim panas. Inspirasi banget nih!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Olphi Disya
"Upcoming psychologist. Awesome weirdo."
0SHARES