Dari Mempelajari Hamburger Sampai Santa Claus, Inilah 7 Universitas Paling Aneh di Dunia!

14 Desember 2017
|Romlah Sundari
0SHARES

Selepas lulus dari bangku SMA, kita biasanya akan dihadapkan pada berbagai pilihan universitas yang membingungkan. Di masa-masa ini kita harus menentukan bidang apa yang menjadi minat kita dan akan kita pelajari lebih mendalam. Sayangnya, di Indonesia, universitas yang ada sebenarnya tidak begitu bervariasi. Jurusan yang ditawarkan pun sebenarnya itu-itu saja, seperti jurusan manajemen, teknik sipil, arsitektur, komunikasi, biologi, dan lain-lain. Dari tahun ke tahun, tidak ada banyak perubahan pada pilihan bidang studi di berbagai universitas di Indonesia.

Padahal, ada banyak sekali hal yang bisa kita pelajari, lho. Bukan hanya bidang studi umum seperti yang ada di Indonesia saat ini. Bahkan, beberapa negara juga memiliki universitas-universitas aneh yang mempelajari hal-hal yang anti-mainstream. Ingin tahu seperti apa universitas-universitas aneh di dunia? Yuk, kepo!

1. Álfaskólinn (Elfschool), Islandia

Sesuai dengan namanya, Álfaskólinn yang jika diartikan dalam bahasa Inggris ini berarti Elfschool, mengajarkan mengenai makhluk gaib, Elf. Makhluk mitologi yang satu ini memang banyak dipercaya keberadaannya oleh masyarakat Islandia. Sehingga nggak heran jika di Reykjavik, ibu kota Islandia, terdapat universitas aneh yang khusus mempelajari mengenai makhluk yang satu ini.

2. The Conjuring Arts Research Center, Amerika Serikat

Saat mendengar namanya, kita pasti akan teringat dengan film horror The Conjuring yang sangat populer. Dan memang nggak jauh-jauh dari film tersebut, universitas aneh yang satu ini mengajarkan mengenai hal-hal magis seperti hipnotis, fenomena supranatural, hingga berbagai teknik sulap. Hmm, menarik juga ya!

3. Rome’s Gladiator School, Italia

Kalau yang satu ini pasti udah ketebak dong ilmu apa yang dipelajari di sini? Ya, Rome’s Gladiator School adalah sekolah yang khusus didirikan untuk mereka yang ingin mempelajari cara-cara menjadi gladiator. Murid-murid di sekolah ini akan diajari berbagai teknik bertarung dengan pedang dan perisai ala gladiator.

4. Charles W. Howard Santa Claus School, Amerika Serikat

Nggak jauh beda dengan Elfschool di Islandia, universitas aneh ini juga mempelajari salah satu tokoh gaib yang banyak dipercaya oleh masyarakat Amerika Serikat, yakni Santa Claus. Namun bukan berarti Santa Claus dipelajari karena mereka percaya bahwa sosok tersebut nyata adanya. Tujuan mereka adalah untuk melanggengkan tradisi Santa Claus di Amerika sehingga mereka mempelajari seluk beluk mengenai tokoh magis yang satu ini. Mulai dari cara berpakaiannya, hingga kebiasaan rusa yang kerap digunakan oleh Santa Claus.

5. Hamburger University, Amerika Serikat

Universitas aneh yang satu ini merupakan institusi pendidikan milik salah satu restoran cepat saji paling terkenal di dunia, Mc Donald’s. Sekolah ini didirikan untuk mengajarkan kemampuan-kemampuan khusus bagi jajaran manajer di perusahaan raksasa ini. Setelah menyelesaikan pendidikan di universitas aneh ini, para mahasiswanya akan diberi gelar Bachelor of Hamburgerology.

6. Oaksterdam University, Amerika Serikat

Universitas aneh yang terletak di Oakland, Amerika Serikat ini mempelajari hal yang ilegal untuk dipelajari di Indonesia, yaitu ganja. Tanaman yang kerap diperdebatkan ini memang kini sudah dilegalkan penggunaannya di Amerika Serikat dalam lingkup medis. Sehingga tidak aneh jika lantas muncul Universitas yang khusus mempelajari seluk beluk tanaman ganja seperti Oaksterdam University ini. Mulai dari kegunaan, cara kultivasi, hingga bisnis ganja akan dipelajari di universitas aneh ini.

7. Ohio College of Clown Arts

Nggak melulu ditertawakan, badut sebenarnya merupakan salah satu bentuk seni paling tua di dunia. Universitas aneh yang lagi-lagi berada di Amerika Serikat ini mengajarkan seni badut bagi para mahasiswanya. Mulai dari berbagai trik dan teknik atraksi badut, hingga penampilan badut dipelajari di universitas ini. Para lulusannya pun dapat langsung bekerja sebagai badut di berbagai acara.

Gimana guys? Ingin mencoba belajar di ketujuh universitas di atas? Meski mungkin terdengar aneh dan memiliki bidang studi yang ‘nggak penting’, tetapi sebenarnya bidang-bidang tersebut cukup menarik lho untuk dipelajari. Dan percayalah, nggak ada ilmu yang sia-sia di dunia ini. Mungkin berbagai universitas dan gelarnya di atas nggak akan memberimu pekerjaan kantoran yang konvensional, namun keahlian unik tersebut pasti suatu saat akan berguna dan dibutuhkan oleh pihak lain juga. Seperti keahlian dalam studi terkait hal-hal magis, suatu saat pasti akan dibutuhkan oleh orang-orang yang memercayai magis. Jadi, mau mencoba belajar di tujuh universitas aneh di atas? 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Romlah Sundari
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES