Bukti Kasih Sayang, Seorang Ayah Bangun Taman Bermain Bernilai Miliaran untuk Anaknya

19 Agustus 2017
|Faizah Pratama

"Kasih bapak sepanjang jalan, kasih anak sepanjang penggalah". Bentuk lain dari peribahasa ini menggambarkan selain kasih ibu, cinta seorang ayah juga tanpa batas. Segala hal akan dilakukan orang tua demi kebahagiaan anaknya. Begitu pun bagi seorang Ayah di Texas, Amerika Serikat. Dilansir dari bbc.com, Gordon Hartman adalah seorang ayah yang memutuskan untuk membuatkan putrinya sebuah taman bermain khusus. Putrinya bernama Morgan yang terlahir sebagai penyandang disabilitas. Meski telah dewasa, namun putri cantiknya itu memiliki pemahaman kognitif seperti anak usia lima tahun. Mirisnya, morgan juga menyandang autisme.

Ada sebuah peristiwa yang melatarbelakangi Gordon membuatkan Morgan sebuah taman bermainnya sendiri. Saat Morgan berusia 12 tahun, sang ayah mengajaknya liburan. Morgan pun mencerburkan diri ke kolam renang dan menghampiri anak-anak lain di kolam. Sayangnya, anak-anak itu justru pergi meninggalkan dia. Gordon melihat peristiwa itu dan ia menduga bahwa anak-anak itu menghindari putrinya karena tidak tahu cara berinteraksi dengan anak seperti Morgan.

Keadaan itu terus membayangi pikirannya. Ia dan sang istri lalu mencari informasi adakah tempat khusus agar putrinya bisa berinteraksi dengan orang lain? Sayangnya, tempat semacam itu belum ada. Akhirnya pada 2007, Gordon memutuskan membangun sebuah taman bermain. Sebelumnya, ia telah menjual bisnis propertinya untuk mendirikan The Gordon Hartman Family Foundation. Sebuah organisasi yang membantu para penyandang disabilitas. Dari situlah ia mulai merintis pembangunan taman bermain pertama yang dapat dinikmati setiap orang, termasuk orang yang berkebutuhan khusus.

Morgan’s Wonderland, Gordon mengabadikan nama putrinya untuk menamai taman bermain itu. Tak tanggung-tanggung, taman yang dibuka pada tahun 2010 ini menghabiskan dana sejumlah 452 miliar rupiah untuk pembangunannya. Taman bermain itu dibangun di tanah seluas 25 hektar di San Antonio, Texas. Dalam menententukan fasilitas di sana, Gordon pun tak main-main. Ia berkonsultasi dengan dokter, terapis, dan orang-orang yang berkebutuhan khusus. Di sana baik orang-orang normal maupun orang berkebutuhan khusus bisa menikmati berbagai fasilitas. Ada juga komedi putar dengan kereta khusus berbentuk replica hewan yang dirancang bagi kaum difabel. 

Banyak orang yang akhirnya mengunjungi tempat itu, bukan hanya kaum difabel saja. Gordon bahkan menerima banyak permintaan untuk membangun taman bermain semacam itu di tempat lain. Kini, kasih sayang Gordon bukan hanya dirasakan putrinya, tapi semua penyandang disabilitas yang bermain di taman bermainnya. Salut deh untuk Bapak Gordon!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Faizah Pratama
"Di mana-mana hatiku senang!"
SHARES