Bisa Mengirim Surat dari 'Neraka', Inilah 8 Kantor Pos Paling Istimewa di Dunia!

08 Januari 2018
|Median
0SHARES

Sebelum zaman berubah menjadi zaman serba digital seperti sekarang ini, komunikasi jarak jauh adalah dengan mengandalkan surat. Oleh karena itu, kedatangan petugas pos adalah hal yang paling dinanti-nanti oleh orang-orang zaman dulu. Jadi, kantor pos atau kotak pos pun otomatis menjadi tujuan favorit. Kalau di zaman sekarang, kantor pos sudah tidak begitu dianggap penting karena sudah adanya ponsel dan internet. Meskipun demikian, kantor pos masih saja setia melayani masyarakat sampai sekarang karena faktanya masih banyak dokumen dan paket yang hanya bisa dan harus dikirim melalui jasa pos. Di antara kantor pos yang ada di dunia, ada juga lho yang unik dan beda dari yang ada pada umumnya. Kantor pos di mana saja dan seenggak biasa apa sih emang?

1. Kantor Pos Bay di Pulau Floreana, Kepulauan Galapagos, Ekuador

Bangunan kantor pos ini hanya berupa tumpukan kayu yang dibentuk mirip sangkar burung yang berantakan dan di sekitarnya bertumpukan papan-papan kayu tua yang bertulis nama dan tanggal surat untuk mengenang pengiriman-pengiriman surat sebelumnya. Kantor pos ini sudah ada sejak abad ke-18, yang waktu itu dibuat oleh para penangkap ikan paus yang singgah di pulau ini untuk beristirahat. Melalui kantor tidak resmi inilah mereka mengirim surat kepada keluarga. Surat-surat tersebut nantinya akan diambil oleh para pelaut lain yang singgah sebelum pulang, untuk nantinya diantar ke alamat surat yang dituju. Brilian juga ya idenya. Sampai sekarang, Kantor Pos Bay ini masih ada, lho, dan digunakan para wisatawan untuk mengirim surat.

2. Kantor Pos Ochopee di Collier, Florida

Kantor yang terletak di wilayah yang penduduknya tidak lebih dari 15 orang ini menjadi kantor pos terkecil di Amerika Serikat. Ukuran bangunannya hanya tujuh kali delapan kaki. Petugas posnya juga hanya satu orang. Dialah yang mengelola surat masuk sekaligus yang mengantarkan surat ke alamat tujuan.

3. Kantor Pos Molossia di Republik Molossia

Ukuran bangunan kantor pos ini juga kecil. Mungkin untuk merepresentasikan negaranya yang kecil. Memangnya sekecil apa sih Republik Molossia? Wah, kecil bener dan penduduknya pun 12 orang doang. Coba ya kalau di negara lain, 12 orang mah penduduk satu RT, nggak ada se-RT malah.

4. Kantor Pos Pangkalan Inggris di Pelabuhan Lockroy, Semenanjung Antartika

Di antara kantor-kantor pos lainnya, ini adalah kantor paling terpencil di dunia. Iyalah, letaknya saja di kutub, bagian paling utara pula. Walaupun sangat terpencil, kantor yang bangunannya jadi satu dengan kamp pangkalan Inggris A ini setiap tahunnya menerima kartu pos yang cukup banyak, yaitu sekitar 70 ribu kartu pos yang berasal dari 100 negara di dunia. Untuk sampai sini, surat-surat dan kartu pos memerlukan waktu perjalanan sekitar 2—6 minggu.

 

5. Kantor Pos “Neraka” di Hell, Grand Cayman, Kepulauan Cayman

Kalau kantor pos satu ini, bukan bangunannya yang nggak biasa, melainkan namanya, yaitu Kantor Pos “Neraka”. Kantor yang terletak di Hell ini juga memiliki cap pos yang unik. Kartu pos yang dikirim dari tempat ini akan dicap dengan tulisan “kartu pos dari neraka”. Serem kocak gimana gitu pokoknya. Kalau kamu ingin mengunjungi “neraka” dan mengirim surat dari “neraka”, datang aja ke sini.

6. Kantor Pos Cina di kamp pangkalan Gunung Everest, Nepal

Kantor pos ini berada di sekitar base camp pendakian Gunung Everest di Qomolangma, Daerah Otonomi Tibet. Per harinya, kantor yang letaknya tertinggi di dunia ini melayani sekitar 30 orang dan hanya buka selama tujuh bulan di setiap tahunnya, yaitu dari bulan April sampai Oktober.

7. Kantor Pos Bawah Laut Vanuatu di Republik Vanuatu

Kantor pos bawah laut pertama di dunia ini diresmikan pada tanggal 30 Juni 2003. Pendirian kantor tak biasa ini adalah untuk merayakan status Republik Vanuatu sebagai negara kepulauan yang ke-83 pulaunya dinobatkan sebagai surga wisata laut. Untuk dapat menggunakan jasa pos bawah laut ini, kamu harus membeli kartu pos anti-air di darat terlebih dahulu, kemudian menyelam  sekitar 3 m untuk mendapatkan cap anti-air dan mengirimkannya. Sembari mengirim surat, kamu bisa melihat betapa indahnya pemandangan bawah laut di sini. Nah, tertarik untuk mengirim surat di sini? Atau malah pingin jadi petugas posnya?

8. Kotak pos bawah laut di Susami, Jepang

Kotak pos yang dipasang pada tahun 1999 sebagai bagian dari acara festival olahraga laut ini mirip dengan kantor pos bawah laut di Republik Vanuatu, hanya saja letaknya lebih dalam, yaitu 10 m di bawah permukaan laut. Bahkan, kota nelayan ini, Susami, memegang rekor dari Guinness World Records karena memiliki kotak pos terdalam di dunia. Setiap harinya, petugas pos setempat akan menyelam untuk mengambil kartu-kartu pos yang diletakkan oleh para penyelam.  

Walaupun nggak biasa, kantor pos tadi sejatinya juga tetap seperti kantor pos umumnya yang melayani jasa pengiriman. Dengan dibuat seunik mungkin, masyarakat diharap akan menjadi lebih tertarik untuk kembali menggunakan jasa pos dan membudayakan surat-menyurat. Kamu sendiri tertarik untuk mengirim surat nggak?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Median
"Nata polah."
0SHARES