Bikin Menggigil Takjub, Garis-Garis Nazca di Peru Ini Penuh Misteri! Buatan Alien?

www.yukepo.com

Banyak tempat dan banyak hal di muka bumi yang hingga kini masih diliputi misteri. Salah satunya adalah misteri garis-garis Nazca di Peru yang sampai sekarang masih menjadi tanda tanya, siapa sih pembuat sebenarnya dan apa tujuannya? Sejak ditemukan pada tahun 1920-an oleh seorang penumpang yang pesawatnya melintas di atas Gurun Nazca, garis-garis Nazca mulai ramai diperbincangkan. Diikuti dengan berbagai teori dan spekulasi yang terus bermunculan untuk mengungkap pembuat dan tujuan dibuatnya karya menakjubkan ini. Memang apa sih garis-garis Nazca? Semenakjubkan dan semisterius apa hingga membuat para ilmuwan dan dunia sangat mengaguminya?

blogmymaze.wordpress.com

Garis-garis Nazca kadang disebut juga rangkaian geoglif, yaitu gambar di tanah yang dibuat dengan cara mengerik atau mencukil permukaan tanah. Garis-garis Nazca terletak di Gurun Nazca yang berada antara Kota Palpa dan Kota Nazca. Karya luar biasa yang membentang di area seluas 75.358,47 hektare ini terdiri dari 800 gambar garis lurus, 300 garis geometris aneka bentuk, dan 70 geoglif berbentuk hewan dan tumbuhan.

Beberapa yang mudah dikenali adalah geoglif bentuk manusia, monyet, burung, laba-laba, dan pohon. Ketika terjadi badai pasir pada tahun 2014, ditemukan lagi dua geoglif bentuk ular dan llama. Garis-garis Nazca ini disebut-sebut sebagai karya seni unik dan megah peradaban kuno yang dimensi dan keragamannya tidak tertandingi dalam dunia prasejarah. Wah!

www.nevworldwonders.com

Banyak teori dan spekulasi yang dikemukakan mengenai pembuat garis-garis Nazca, mulai dari peradaban Paracas, peradaban Nazca, hingga alien. Pendapat mengenai kurun waktu dibuatnya pun beragam. Tapi kalau digeneralisasikan, garis-garis Nazca ini dibuat sekitar tahun 100 SM—800 M.

Periode itu jelas merupakan zaman yang masih jauh dari era teknologi penerbangan, tetapi garis-garis Nazca benar-benar terlihat sangat presisi dari atas seolah-olah dibuat dengan pantauan dari penerbangan. Siapa pun pembuatnya, sungguh terampil dan cerdas deh pokoknya. Misteri selanjutnya adalah tujuan dibuatnya garis-garis Nazca. Banyak teori dan pendapat yang diajukan, mulai dari untuk kepentingan ritual, sarana irigasi, navigasi, hingga bentuk ucapan terima kasih.

keywordsuggest.org

Teori bahwa garis-garis Nazca dibuat untuk kepentingan ritual salah satunya dikemukakan oleh Johan Reinhard. Penulis buku The Nazca Lines: A New Perspective on Their Origin and Meaning tersebut mengatakan bahwa garis lurus dan trapesium berkaitan dengan air. Akan tetapi, garis-garis bukan digunakan untuk mencari air, melainkan untuk kepentingan ritual, yaitu untuk menyembah dan memohon kepada para dewa agar diberi air. Sementara itu, geoglif bentuk laba-laba diyakini sebagai simbol hujan, burung kolibri sebagai simbol kesuburan, dan monyet sebagai simbol air yang melimpah. Teori tersebut dibenarkan oleh Anthony Aveni dengan alasan bahwa Gurun Nazca diyakini sebagai tempat yang sangat kering dengan curah hujan yang sedikit sekali.

www.freerepublic.com

Teori lain terbaru dikemukakan pada tahun 2017 oleh Rosa Lasaponara, seorang peneliti senior di Dewan Riset Nasional di Roma. Menurutnya, garis-garis Nazca adalah sebagai tanda keberadaan air sekaligus tanda terima kasih kepada para dewa. Teori tersebut dikemukakannya berdasarkan petunjuk dari citra satelit yang menunjukkan bahwa garis-garis Nazca berhubungan dengan sumur berbentuk spiral (puquios) terdekat.

Sumur tersebut dipercaya telah sangat berguna untuk irigasi hingga dapat mengubah gurun gersang menjadi kebun-kebun yang subur. Lasaponara mengatakan bahwa mungkin saja peradaban di Gurun Nazca ini jauh lebih maju daripada yang telah banyak orang yakini sebelumnya. Lalu kalau memang untuk irigasi, kok salurannya dibentuk seperti monyet, ular, dan llama, ya? Nah, menurut Lasaponara, saluran-saluran air dibangun seperti itu mungkin sebagai bentuk terima kasih dan pujian kepada para dewa yang telah memberi air.

Misteri garis-garis Nazca nggak kalah menakjubkan dari visualisasinya. Bener-bener bikin penasaran para ilmuwan di dunia. Terlepas dari misteri yang menyelubunginya, garis-garis Nazca ini memang masterpiece peradaban prasejarah yang bisa bikin siapa pun takjub, merinding, dan nggak percaya. Wah, jadi pingin terbang berkeliling dan liat langsung betapa luar biasanya garis-garis ini dari udara, ya.

 

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Viral Video Kuda Nil Dilempar Botol Plastik, Netizen: Manusia Bejat! | Keepo.me

Viral Video Kuda Nil Dilempar Botol Plastik, Netizen: Manusia Bejat! | Keepo.me

5 Kesalahan Sepele Ini Hampir Saja Ledakkan Amerika Serikat. Duh, Bikin Jantung Copot!

5 Kesalahan Sepele Ini Hampir Saja Ledakkan Amerika Serikat. Duh, Bikin Jantung Copot!

Pendeta Ini Minta Perempuan Tak Berpakaian Seksi yang Mengundang Nafsu Pria, Warganet: Stop Salahkan Korban! | Keepo.me

Pendeta Ini Minta Perempuan Tak Berpakaian Seksi yang Mengundang Nafsu Pria, Warganet: Stop Salahkan Korban! | Keepo.me

Lebih Sepi dari Malam Minggumu, Kota Monowi Ini Hanya Dihuni Satu Orang Saja!

Lebih Sepi dari Malam Minggumu, Kota Monowi Ini Hanya Dihuni Satu Orang Saja!

Namanya Diseret dalam Kasus Suap Bansos 150 Juta, Cita-Citata: Nggak Nyampek Segitu | Keepo.me

Namanya Diseret dalam Kasus Suap Bansos 150 Juta, Cita-Citata: Nggak Nyampek Segitu | Keepo.me

Dari Mempelajari Beyonce Hingga Harry Potter, 11 Mata Kuliah di Dunia Ini Bikin Bengong!

Dari Mempelajari Beyonce Hingga Harry Potter, 11 Mata Kuliah di Dunia Ini Bikin Bengong!

loading