Begini Uniknya Bunga Kastuba, Si Bunga Natal dengan Berbagai Kisah Menarik di Baliknya!

31 Desember 2017
|Lulu Lukyani
0SHARES

Salah satu yang paling khas dari perayaan Natal adalah dekorasinya. Nuansa hijau, merah, dan putih banyak menghiasai pernak-pernik dekorasi natal. Biasanya dekorasi natal yang paling diburu adalah pohon cemara dengan segala macam hiasannya, tapi ternyata ada lho tanaman selain pohon cemara yang juga khas banget dalam perayaan Natal.

Tanaman apa ya kira-kira? Itu lho bunga cantik yang kelopaknya merah merona. Eh, bukan bunga mawar ya. Tanaman yang dimaksud adalah si cantik bunga kastuba. Beberapa tahun terakhir ini, bunga kastuba emang ikut memeriahkan Natal di Indonesia. Mau tau info lebih lengkapnya?  Langsung dong kepoin!

Kastuba atau poinsettia (Euphorbia phulcerrima) adalah sejenis tanaman perdu. Kastuba bisa tumbuh mulai dari 60cm sampe 4 meter lho. Daunnya berbentuk oval dan ukurannya 7-16 cm.  Kastuba ini punya bunga yang disebut dengan cyathia. Bunga tersebut bergerombol di ujung batang, tersusun menjadi rangkaian, tapi tidak mempunyai mahkota bunga. Di bawahnya ada daun bagian atas yang disebut braktea yang berwarna merah jambu, merah tua, dan putih. Warna-warnanya cantik banget lho!

Kastuba ini termasuk tanaman subtropis. Meksiko bagian selatan dan Amerika Tengah adalah tempat-tempat asal bunga kastuba. Nama lain kastuba, poinsettia, diberikan oleh duta besar pertama Amerika Tengah untuk Meksiko, Joel Roberts Poinsett. Beliau adalah orang pertama yang memperkenalkan bunga kastuba sebagai tanaman hias di AS pada tahun 1825.

Kastuba ini bukan sembarang bunga lho. Cerita rakyat dari Amerika Selatan, mempercayai kastuba adalah tokoh utama dalam mitos penciptaan kepercayaan Suku Maya sebagai makhluk perkasa dari dunia lain. Selain Suku Maya, Suku Aztec juga menganggap kastuba sebagai simbol kesucian. Berabad-abad kemudian, pendatang di Meksiko yang beragama Kristen menggunakan kastuba sebagai bunga hiasan natal.

 

Ada legendanya nih, kenapa bunga kastuba bisa jadikan sebagai bunga natal. Konon, seorang anak miskin tidak mampu memberi hadiah Natal untuk Kristus. Di malam Natal, anak tersebut mencabut tanaman dari pinggir jalan karena teringat sebuah nasehat, bahwa apapun hadiahnya asal diberikan dengan tulus, Tuhan pasti berkenan. Ketika tanaman yang ternyata adalah kastuba ini dibawa masuk ke gereja, daun-daunnya berubah menjadi merah dengan daun berwarna hijau. Umat yang mengikuti misa pada saat itu merasa menyaksikan langsung keajaiban Natal.

Nah, itu dia informasi dan legenda tentang kastuba si bunga Natal. Menarik banget kan? Selain cantik untuk digunakan sebagai dekorasi Natal, kastuba juga punya cerita-cerita menarik di balik kecantikannya. Memang segala sesuatu akan lebih menarik kalau nggak cuma cantik, tapi juga punya cerita unik di baliknya.

 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Lulu Lukyani
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES