Badai Irma, Harvey, Katrina, Jose, Kenapa sih Selalu Pakai Nama Orang?

www.yukepo.com

Belakangan ini, dunia, khususnya Amerika, sedang berduka akibat fenomena badai Harvey dan Irma yang menyapu Texas dan Florida. Sebelum kemunculan dua badai berkekuatan besar ini, Amerika juga pernah harus mati-matian menghadapi badai Katrina yang memakan ribuan korban jiwa. Setelah Harvey serta Irma, diperkirakan badai Jose dan Katia akan kembali menghantui wilayah lain di Amerika. Nah, coba kamu perhatikan kalimat-kalimat di atas, apakah kamu menemukan keunikan dalam kalimat-kalimat tersebut? Jika belum, coba baca kembali dengan lebih seksama dan berikan perhatian lebih pada nama-nama badai tersebut.

Sadarkah kamu bahwa nama-nama badai yang belakangan ini menghantam dan yang diperkirakan akan hadir jika diurutkan, huruf pertamanya akan sesuai dengan urutan alphabet? Harvey, Irma, Jose, Katia, semua nama badai ini juga menggunakan nama-nama orang. Nama siapakah itu yang digunakan? Apakah nama badai tersebut sesuai dengan nama penemunya? Apa mungkin hanyalah nama yang dicomot dengan asal saja? Mengapa bisa seusai dengan urutan abjad? Bagaimana sih memang sistem penamaan badai? Nah, daripada penasaran dan bertanya-tanya, mending kita simak lima fakta unik terkait sistem penamaan badai di bawah ini, yuk!

1. Dilansir dari situs WMO atau Organisasi Metereologi Dunia, badai tropis atlantik yang terjadi di Amerika itu dinamakan berdasarkan daftar nama yang telah mereka susun sebelumnya

science.howstuffworks.com

Badai tropis Atlantik memiliki sistem penamaan yang diatur oleh Pusat Badai Nasional (NHC) di Amerika Serikat. Berdasarkan pada kesepakatan, nama badai di wilayah Atlantik akan menggunakan nama-nama orang yang sebelumnya telah dipilih melalui kesepakatan. Nama badai yang sudah terpilih dalam satu tahun akan diulangi kembali setelah enam tahun, jadi nama badai Harvey mungkin akan digunakan kembali pada tahun 2023. Nama badai dalam satu tahun pun disusun berdasarkan urutan alphabet. Namun, untuk huruf Q, U, X, Y, Z dihilangkan karena dianggap susah untuk digunakan dalam nama sehingga terdapat 21 nama badai yang dipersiapkan untuk satu tahun. Jika jumlah fenomena badai yang terjadi lebih dari 21 kali dalam satu tahun, maka penamaan akan dilakukan dengan nama dari alphabet yunani, seperti alfa, beta, gama, dan seterusnya.

2. Nama yang dipilih, meski terkesan random, namun memiliki dua karakteristik yang wajib dipenuhi, yaitu sesuai urutan abjad dan tidak memiliki kesan jahat

www.adn.com

Hanya ada dua karakteristik yang harus dipenuhi agar sebuah nama dapat masuk dalam daftar nama yang dipersiapkan untuk bencana badai, yaitu nama tersebut harus dapat diurutkan sesuai abjad dan tidak memiliki kesan jahat. Ya, pada tahun 2015 lalu, nama Isis, dewi kesuburan di Mesir kuno ditolak penggunaannya oleh WMO karena dianggap dapat mengingatkan masyarakan akan kelompok teroris ISIS sehingga memiliki kesan jahat. Usulan nama tersebut lantas diveto oleh WMO.

3. Nama badai bisa "dipensiunkan" jika badai tersebut memakan banyak korban jiwa

kumparan.com

Nama badai dapat berhenti digunakan jika badai dengan nama tersebut sebelumnya telah memakan banyak korban jiwa. Hal ini dilakukan karena nama badai telah menjadi nama yang sensitif bagi korban badai tersebut jika diucapkan. Hingga kini telah ada setidaknya 82 nama badai yang dipesiunkan sejak tahun 1953 lalu karena telah memakan banyak korban jiwa dan dianggap sensitif, termasuk badai Katrina yang terjadi pada tahun 2005 silam dan memakan korban ribuan nyawa.

4. Awalnya, pelaut AS menamai badai dengan nama istri dan anak mereka. Kebiasaan menamai badai dengan nama perempuan ini pun dilanjutkan oleh pemerintah Amerika
www.ibiblio.org

Kebiasaan menamai badai dengan nama ini dimulai oleh para pelaut Amerika Serikat yang kerap menggunakan nama istri dan anak perempuan mereka untuk menamai badai. Mungkin hal ini dilakukan karena mereka rindu dengan istri dan anak mereka atau mungkin karena mereka menganggap amarah istri dan anak mereka seperti amukan badai yang menakutkan. Entahlah. Namun, sistem penamaan ini dilanjutkan oleh pemerintah Amerika Serikat dengan menamai badai dengan nama-nama perempuan. Pada tahun 1979, metode ini diganti karena dianggap seksis sehingga kini nama laki-laki pun turut digunakan dalam sistem penamaan badai.

5. Sementara itu, badai tropis Pasifik punya sistem penamaan yang berbeda lagi
www.theinertia.com

Jika sistem penamaan di atas berlaku untuk badai tropis di wilayah atlantik, di wilayah samudera pasifik, berbeda lagi sistem penamaannya. Di wilayah ini, 14 negara yang terletak di wilayah pasifik diminta untuk mengajukan 10 nama untuk badai. Kesepuluh nama ini bisa berasal dari mana pun. Bisa nama hewan, nama tokoh mitologi, maupun nama pribadi. Nama-nama yang terkumpul yang berjumlah 140 ini lantas akan dikaji oleh WMO dan jika akhirnya disetujui, maka akan digunakan sebagai cadangan penamaan badai di Pasifik yang disepakati oleh tiap negara untuk dipakai dalam laporan cuaca mereka.

Jadi, gimana? Udah nggak bingung lagi kan kenapa badai pakai nama-nama orang? Bukan nama penemunya, guys, tapi nama karangan negara-negara di wilayah tersebut. Apakah kamu mau namamu juga digunakan sebagai nama badai? Mungkin kamu bisa coba usulkan ke WMO, siapa tahu saja lolos!

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
5 Film Hollywood Terbaik yang Dibintangi oleh Musisi Terkenal - Keepodotme

5 Film Hollywood Terbaik yang Dibintangi oleh Musisi Terkenal - Keepodotme

Mantan Model Cantik Jadi Staff Gedung Putih dengan Gaji Tertinggi, Yuk Kepoin Faktanya!

Mantan Model Cantik Jadi Staff Gedung Putih dengan Gaji Tertinggi, Yuk Kepoin Faktanya!

Foto Cewek Berlatar Belakang Rumah Angker ini Simpan 'Penampakan' yang Bikin Hati Kesel Minta Ampun! - Keepodotme

Foto Cewek Berlatar Belakang Rumah Angker ini Simpan 'Penampakan' yang Bikin Hati Kesel Minta Ampun! - Keepodotme

Heboh Perebutan Hak Foto Monyet Selfie Antara Fotografer dan Monyet, Ini Dia Pemenangnya!

Heboh Perebutan Hak Foto Monyet Selfie Antara Fotografer dan Monyet, Ini Dia Pemenangnya!

Semuanya Dilakukan Sendiri, Foto Prewedding Unik Ini Bisa Jadi Inspirasi - Keepodotme

Semuanya Dilakukan Sendiri, Foto Prewedding Unik Ini Bisa Jadi Inspirasi - Keepodotme

Setelah Harvey Reda, Badai Irma Kini Menghantam Amerika. Begini Foto dan Fakta Kengeriannya!

Setelah Harvey Reda, Badai Irma Kini Menghantam Amerika. Begini Foto dan Fakta Kengeriannya!

loading