7 Rahasia Philip Morris, Perusahaan Rokok Terbesar di Dunia

06 Oktober 2017
|Pandu Rijal Pasa
Amerika
0SHARES

Philip Morris International merupakan perusahaan skala global dengan produk berupa rokok dan tembakau yang berbasis di Amerika. Produk yang dikeluarkan oleh perusahaan ini telah terjual setidaknya di 180 negara di luar Amerika Serikat. Perusahaan ini sangat dikenal melalui produknya yang bernama Marlboro karena memang produk ini merupakan salah satu yang terbaik di dunia. Namun, di balik kebesaran nama perusahaannya, ternyata perusahaan ini menyimpan banyak hal yang dirahasiakan, lho. Berikut ini adalah tujuh rahasia dari korporat rokok terbesar di dunia.

1. Pajak tahunan yang selangit

Kebanyakan orang mungkin mengira bahwa harga rokok sangat mahal karena perusahaan mengambil untung yang cukup banyak. Namun, tidak banyak yang benar-benar memahami bahwa sebenarnya beban pajak yang ditanggung oleh perusahaan rokok sangatlah besar. Perusahaan rokok Philip Morris ini harus memberikan separuh dari pendapatan tahunannya kepada negara melalui pajak. Misalnya, pada tahun 2013, Philip Morris harus membayarkan pajak senilai USD 48.8 miliar dari pendapatan mereka yang sebesar USD 80 miliar pada tahun tersebut atau sekitar 60% dari pendapatan tahunannya. Angka yang besar, bukan?

2. Rencana beli hak paten rokok elektronik

Pada tahun 2000, Philip Morris yang merupakan salah satu perusahaan rokok raksasa ini memperitimbangkan untuk membeli hak paten terkait teknologi yang ada di balik rokok elektronik. Namun, pada akhirnya, para eksekutif perusahaan tersebut memutuskan untuk tidak jadi melakukannya karena harganya yang terlalu tinggi. Meskipun begitu, perusahaan Philip Morris ini tetap memasuki pasar rokok elektronik dengan brand MarkTen dan iQOS yang dimilikinya.

3. Menyasar segmen utama remaja

Philip Morris International dengan beberapa brand yang berbeda-beda di tiap negara ternyata memiliki segmentasi yang hampir serupa di mana perusahaan ini menargetkan anak-anak muda serta remaja sebagai pasar utamanya. Pesan yang ingin disampaikan oleh Philip Morris kepada para remaja ini berupa, "merokok itu keren". Di beberapa negara, banyak NGO yang meminta anak perusahaan Philip Morris yang beroperasi di negara tersebut untuk menghentikan iklan yang dinilai "jahat" itu guna menyelamatkan generasi muda dari kecanduan rokok.

4. Awalnya, Marlboro diciptakan untuk wanita

Tadinya, Marlboro diciptakan untuk wanita. Di kemudian hari, mereka mengganti arah Marlboro untuk menjadi rokok yang digunakan pria karena ada studi yang menghubungkan rokok dengan kanker paru-paru. Setelah itu, Philip Morris melakukan reposisi Marlboro menjadi rokok untuk pria karena pada saat itu rokok dengan menggunakan filter dinilai lebih aman dan rokok ini ditujukan untuk pria yang khawatir terkena kanker paru-paru.

 

5. Suksesnya kampanye Marlboro Man

Dalam melakukan reposisi rokok Marlboro yang semula ditujukan untuk wanita menjadi rokok yang ditujukan untuk pria, Philip Morris menggunakan tokoh Marlboro Man untuk melakukan kampanye. Ternyata, kampanye ini membuahkan hasil yang di luar perkiraan. Pada tahun 1955 atau tahun pertama kampanye Marlboro Man ini dimulai, penjualannya hanya senilai USD 5 Miliar. Pada tahun 1957, penjualan dari Marlboro mencapai angka USD 20 Miliar.

6. Berawal dari toko kecil

Perusahaan ini berawal dari seorang penjual tembakau yang berasal di London bernama Philip Morris yang pada tahun 1847 membuka toko kecil dengan menjual tembakau dan rokok di Bond Street, London. Kemudian, dari sanalah perusahaan ini terus berkembang semakin besar dan saat ini operasi utama dari Philip Morris dilakukan di Lausanne, Switzerland dan memiliki 7 dari 15 brand rokok terbaik di dunia.

7. Jadi sponsor kegiatan olahraga

Selain mengklaim menyumbangkan USD 25 miliar setiap tahunnya untuk keperluan pendidikan dan sebagainya, Philip Morris juga memberikan sponsor ke event-event olahraga, seperti olahraga racing, football, badminton, golf, ice hockey, dan cricket. Seperti misalnya, perusahaan ini menjadi sponsor jangka panjang untuk team Ferrari di Formula One dan juga beberapa sponsor utama lain untuk kegiatan-kegiatan olahraga.

Itu dia tujuh hal yang selama ini mungkin tidak banyak diketahui oleh publik mengenai korporat rokok terbesar di dunia, Philip Morris International. Ada beberapa hal yang bisa kamu ambil pelajaran baiknya, ada juga beberapa hal yang bisa kamu hindari. Harapannya, setelah ini kamu bisa lebih bijak mengambil pelajaran yang ada dari fakta-fakta terkait salah satu perusaaan yang dinilai paling sukses di dunia ini.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Pandu Rijal Pasa
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES