Menikahi Orang Batak Itu Nggak Mudah Lho! Ini Dia 9 Prosesinya Cuy!

batakgaul.com

Menikah pastinya adalah mimpi semua pasangan yang berpacaran atau bertunangan. Tapi, bagaimana jadinya jika dalam melaksanakannya justru perlu prosesi adat khusus yang dibagi beberapa tahap, dan pastinya memakan waktu dan merogoh kocek yang lumayan? Ini dia resiko yang harus kamu tanggung jika kamu akan menikahi orang batak. Siap-siap melotot!

1. Mangaririt

blog.univ-angers.fr

Ini nih derita kamu-kamu yang merantau dan nggak sempat cari jodoh, padahal mama sudah minta cucu. Nah, keluargamu akan mencari gadis yang sesuai kriteriamu dan kriteria keluargamu. Dan proses ini dilakukan ketika kamu sempat untuk pulang kampung. Mangaririt disebut juga merajuk hati si gadis.

2. Mangalehon Tanda

seputarpernikahan.com

Disebut juga memberikan tanda. Jadi, jika kedua pasangan sudah setuju akan diikat dalam pernikahan, keduanya akan memberikan tanda berupa uang dari pihak laki-laki, dan sarung dari pihak perempuan. Lalu laki-laki akan menyuruh orang sebagai perantara untuk mengikat keduanya yang disebut domu-domu.

3. Marhusip

kibuck.com

Nah, Marhusip atau berbisik-bisik ini adalah pertemuan rahasia antara perwakilan pria atau domu-domu kepada perwakilan pihak perempuan. Biasanya dilakukan dirumah perempuan. Disini akan dibahas mengenai mas kawin yang akan diberikan pihak laki-laki.

4. Martumpol

bridestory.com

Martumpol dilakukan digereja didepan pengurus jemaat di gereja. Biasanya memang dilakukan bagi masyarakat batak beragama Kristen. Dihadiri oleh kedua orangtua calon mempelai dan saudara serta kerabat.

5. Marhata Sinamot

mitraphoto.com

Bentuknya akan seperti penawaran bolak balik sesuai kualitas si calon perempuan lho! Sekaligus juga tanda terima kasih karena telah membesarkan sang gadis. Hehehe. Pemberian ini disebut Sinamot atau uang mahar. Selain sinamot dibahas pula hewan apa yang disembelih, berapa banyak ulos, berapa banyak undangan dan dimana dilakukan upacara perkawinan tersebut. Acara marhata sinamot dapat juga dianggap sebagai perkenalan resmi antara orangtua laki-laki dengan orangtua perempuan.  

6. Martonggo Raja

thebridedept.com

Karena pernikahan bukan hanya tentang kedua mempelai namun juga keluarga dari keduanya, maka diundanglah keluarga calon pengantin masing-masing yang terbagi dalam Hula-hula atau kelompok Marga dari Istri masing-masing ibu calon, Boru atau kelompok marga yang mengambil anak perempuannya, dan Sabutuha atau sesama Marga. Serta kerabat dekat dari satu kampung asal calon pengantin.

7. Marunjuk

bridestory.com

Inilah yang disebut upacara perkawinan. Terutama bagi masyarakat Batak Toba. Ada dua macam bentuk upacara perkawinan adat batak. Pengantin perempuan akan dijemput pihak laki-laki lalu pada upacara adat akan ada proses Makan Sibuhai-buhai atau kedua belah pihak wajib menyediakan makanan adat berupa seekor babi dan dengke atau menu ikan mas yang dimasak ala suku batak. Ada juga proses Mangulosi, yaitu pemberian kain tenun khas batak atau ulos. Biasanya dilakukan di rumah pihak wanita atau di gedung dengan kapasitas besar.

8. Paulak Une

theoandnoviy.blogspot.co.id

Prosesi ini dilakukan pasca upacara perkawinan. Pengantin wanita sementara tinggal di pihak pria, lalu kedua mempelai mengunjungi rumah pengantin wanita beserta keluarganya sebagai makna bahwa sanga pengantin wanita betah di rumah mertuanya. Biasanya ini diadakan seminggu setelah acara perkawinan.

9. Maningkir Tangga

pinterest.com

Sebaliknya dengan Paulak Une, pada prosesi ini pihak keluarga perempuan mengunjungi keluarga laki-laki. Hal ini dimaksudkan agar pihak perempuan secara langsung melihat keadaan putrinya dan suaminya yang baru terikat pernikahan. Acara ini biasanya diselingi dengan acara makan bersama dan pemberian nasihat-nasihat pernikahan.

Tampaknya memang sangat kompleks ya, mengingat banyaknya proses yang harus dilewati, tidak jarang banyak yang melewatkan beberapa prosesnya. Karena tergantung biaya dan kemampuan para pihak kan? Jadi jangan stress dulu ya buat kamu yang serius ingin menikahi pacar atau tunanganmu yang berasal dari suku batak.

0%
Marah
0%
Gemes
0%
Ngakak
0%
Kaget
0%
Love
0%
Aneh
7
SHARES
loading