Jika Usiamu 30an dan Belum Menikah, Kamu Tidak Perlu Khawatir Karena Pernikahan Bukanlah Tujuan Tertinggi dari Hidup Seseorang

unsplash.com

Guys, ngomongin soal cinta dan pernikahan selalu gak pernah ada habisnya. Habis seru dibahasnya. Hihi. Kalo boleh jujur nih, di Indonesia sendiri mindset tentang pernikahan memang masih belum seperti di negara-negara maju. Katakanlah Amerika, Korea atau Jepang. Mereka cenderung lebih bebas dan fleksibel dalam hal ini. Banyak lho wanita-wanita karir di Jepang yang terang-terangan ngaku gak mau nikah dan punya anak. Kita pun tau Jepang populasinya kian menurun dan pemerintah Jepang sampe mengupayakan berbagai cara supaya rakyatnya mau menikah. Hmm... Di Amerika dan Korea banyak wanita dan pria dewasa yang sudah berusia lebih dari 35 tahun tapi mereka tetap santai aja hidup single. Beda halnya dengan di Indonesia. Ya kan... Mulai cengar-cengir semua. Hehe. Pasti nih... Yang cewek-cewek usia 25 aja, tetangga udah nanyain,"Calonnya mana?" Belum nanti kalo lebaran semua tanya,"Kapan kawin?" Nooooo. Dan ini menjadi gak mudah bagi yang udah 30an. Hehe. Duh, rasanya pengin pindah negara aja yak! Hahaha... Tapi yuk, kita buka mata sejenak. Bahwa pernikahan itu bukanlah segalanya, lho. Bukan penentu kebahagiaanmu. Ini ada beberapa alasan berharga yang harus kamu tau, mengapa kamu nggak perlu sedih meski belum menikah di usia 30an...

1. Menikahlah karena kamu benar-benar JATUH CINTA!

unsplash.com

Menikahlah karena kamu benar-benar mencintai orang itu. Jangan karena paksaan atau sekedar dijodohkan. Dan cinta tidak tumbuh dalam waktu semalam. Ingat itu. Jadi, perlu waktu. Pastikan benar-benar bahwa kamu mencintai orang itu. Beri waktu untuk berteman. Kenali dia, jangan sampai pernikahan berubah menjadi petaka. Hidup ini singkat. Hidup ini berharga. Menikahlah dengan orang yang tepat. Cari orang yang bisa menerima kelebihan dan kekurangan kamu. Dan biasanya orang yang paling ideal untuk menjadi suami atau istri adalah sahabatmu. Nggak semua orang sih... Jadi, kesimpulannya menikahlah dengan sahabatmu. Hihi.... 

2. Jangan menikah karena usia

unsplash.com

Jangan menikah hanya karena sudah merasa tua. Hehe.. Efeknya nggak akan baik. Memang sih... Terutama buat cewek-cewek, nih... bertambah usia serasa tambah keriputlah, apalah... Tapi menikah hanya karena tuntutan usia, tetangga mulai ribut (kok tetangga yang ribut, ya.. masih jadi misteri nih), mami pengin nimang cucu.. Sabar aja, ya. Banyak orang yang nggak mau nikah terlalu tua karena takut dianggap gak laku, macem-macemlah. Mindset masyarakat kita masih sangat buruk. Kita yang harus mengubahnya. Tunjukkan kalo pernikahan bukanlah soal keturunan saja. Tetapi kita harus happy. Kamu sudah dewasa kamu harus bisa bersikap. Kamu yang menentukan jalan hidupmu. 

3. Jangan menikah karena seks

unsplash.com

Banyak orang yang menikah sekedar menikah karena gak kuat nahan napsu. Gak salah sih daripada zinah. Tetapi kalo kamu belum punya pasangan? Nah, mblo? Mau nikah sama siapa? Terus grusa-grusu cari pasangan, mau nikah hanya karena sudah 'kepingin'? Ingat ya, pernikahan tidak hanya soal seks. Tidak sedangkal itu arti sebuah pernikahan. Pikirkan baik-baik. Kalo kamu hanya mau sekedar 'jajan', maaf kata, di jalan banyak.. Jajan bakso, jajan siomay, es cendol... Hehe. Ups. Akankah kamu menganggap pernikahan semurah itu harganya?

4. Jangan menikah karena harta

unsplash.com

Menikah karena dia kaya, mapan.. Hmmm. Hanya gitu? Maaf ya, nomer 4 ini untuk cewek dan cowok matre. Nggak ada yang salah sih dengan punya suami atau istri kaya-raya. Tetapi jangan jadikan itu SATU-SATUNYA alasan. Janganlah harta menjadi alasan tunggal dalam memilih pasangan. Bagaimana dengan karakternya? Jangan sampe menyesal di kemudian hari, deh.

5. Banyak hal mulia yang bisa dilakukan

unsplash.com

Ini lebih pada tujuan hidupmu. Tanyakan pada dirimu sendiri, apa tujuan hidupmu? Apakah pernikahan adalah hal yang sangat kamu inginkan? Jika iya, ya tetap usaha sembari mengerjakan hal-hal lain. Ada juga orang-orang yang memberikan prioritas hidup tertinggi bukan pada berkeluarga atau menikah. Bisa jadi, tujuan hidupnya adalah ketenaran, atau menolong orang-orang miskin atau apa pun itu. Semua baik. Hanya saja, sebenarnya apa sih yang menjadi panggilan dalam hidupmu? Do you know?

6. Pernikahan bukan perlombaan

unsplash.com

Pernikahan bukan perlombaan lari. Jadi, bukan siapa yang duluan dia yang menang. Yang duluan juga belum tentu lebih bahagia atau lebih baik. Jangan buru-buru men-judge orang yang menikah muda lebih baik dari orang yang belum menikah. Nooooo. Kedewasaan atau kebaikan hati, kebaikan karakter tidak diukur dari siapa yang duluan menikah. 

7. Ada masanya

unsplash.com

Ini yang paling klise. Segala sesuatu ada masanya. Kadang yang udah nikah pengin ngerasain single lagi. Yang single pengin buruan nikah. Nikmati aja. Sembari mempersiapkan diri, isi masa single-mu dengan hal-hal berharga. Okay!

8. Hanya ingin momongan

unsplash.com

Ada juga yang ingin buruan nikah supaya bisa nimang momongan. Hihi. Yaelah.. zaman sekarang, untuk jadi orang tua nggak harus kok kamu menikah dulu. Kamu bisa jadi orang tua asuh ato mengadopsi anak orang. Nggak mungkin deh nggak ada pria yang nggak jatuh hati sama kamu.

9. Mungkin jodohmu belum lahir, mblo..

unsplash.com

Agak pahit sih.. Tapi ada juga yang seperti ini lho, mblo.. Mungkin aja dia masih kecil ato belum lahir hehe.... lagi nge-trend juga soalnya pasangan yang beda usia lebih dari 20 tahun! Sabar, ya.

10. Karunia hidup lajang

unsplash.com

Noooooo. Nomer 9 aja udah susah nerimanya.. Apalagi ini? Tapi memang ada beberapa orang (nggak banyak kok) yang dia memang punya karunia untuk tidak menikah. Tentu saja hal ini perlu kepekaan. Dan Tuhan memperlengkapi orang-orang yang seperti itu. Ada rencana yang lain. Asal saja nggak nikahnya bukan karena sakit hati terus nggak mau nikah lho, mblo...

Okey, guys. Jangan galo lagi ya. Sekarang kamu tau, kalo kamu tuh sudah sempurna. Kamu nggak butuh orang lain untuk menyempurnakan hidupmu. Jika kamu bisa menikah itu anugerah tapi jika tidak kamu tetaplah sempurna. Okay! Don't worry. Be happy!

0%
Marah
100%
Gemes
0%
Ngakak
0%
Kaget
0%
Love
0%
Aneh
99
SHARES
loading